Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Hiperaktif ? Ini Caranya !

Memiliki kucing yang sehat dan aktif di rumah adalah apa yang kebanyakan pemilik kucing inginkan. Demi hal ini para pemilik kucing akan memberikan yang terbaik bagi kucing dan akan terus mengawasi kesehatan kucing kesayangannya.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Hiperaktif


Kucing yang sehat dan aktif memang di dambakan oleh semua pemilik kucing namun ini berbeda dengan kucing yang hiperaktif. Kucing hiperaktif akan menjadi suatu masalah tersendiri bagi pemiliknya. Ini membuat pemilik harus lebih ekstra memperhatikan si kucing.

Memang benar kucing yang hiper aktif sering menimbulkan masalah yang tak di inginkan dan tak jarang membuat pemilik kucing merasa terganggu tetapi hal ini masih bisa kita atasi. Dengan pemahaman yang baik dan beberapa cara yang tepat maka kucing hiperaktif tak lagi menjadi masalah bagi kita.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat bagi kita untuk mengatasi kucing yang hiperaktif ? Bagi kamu yang penasaran ingin tahu bagaimana caranya, yuk baca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahuinya caranya.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Hiperaktif ?

Seperti apa yang barusan Anggora katakan di atas bahwa kucing yang hiperaktif bisa membuat kerepotan pemiliknya. Ini karena perilaku kucing ini bisa membuat pemiliknya terganggu karena sulit tenang, berisik dan sangat mengganggu terutama saat tengah malam.

Saat kucing kita menjadi sangat hiperaktif sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini. Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Berikan Kucing Makan Sampai Kenyang

Untuk membuat kucing yang hiperaktif tenang di saat-saat tertentu seperti saat malam hari maka kamu bisa melakukannya dengan memberi kucing makan sampai si kucing benar-benar merasa kenyang atau sampai si kucing kekenyangan.

Ketika si kucing merasa kekenyangan umumnya kucing akan berhenti melakukan aktivitas yang membuatnya banyak bergerak. Pada saat ini mereka akan cenderung diam untuk istirahat, bersiap untuk tidur ataupun hanya akan menjilati tubuhnya saja.

Cara ini cukup efektif untuk menenangkan kucing untuk sementara. Ketika kucing sudah terbangun dari tidurnya atau tak lagi merasa kekenyangan, kucing mungkin akan kembali aktif lagi seperti sebelumnya.

 

2. Menyediakan Bagi Kucing Mainan

Kurangnya aktivitas kucing mungkin adalah salah satu penyebab kucing menjadi sangat hiper aktif terutama apabila kita sedang berada dekat dengan si kucing. Untuk mengatasi kucing yang hiper aktif karena kurangnya aktivitas bisa di lakukan dengan memberi kucing mainan.

Mainan tersebut dapat berupa bulu mainan, bola mainan, mainan yang bisa bergerak dengan otomatis, area bermain, tempat khusus untuk menjelajah bagi kucing dan beberapa benda-benda lainnya yang mungkin bisa membuat kucing lebih aktif bergerak.

 

3. Memberikan Kucing Teman

Kurangnya gerak kucing bukan hanya karena tak tersedianya sesuatu hal yang bisa membuat kucing rajin bergerak seperti adanya mainan namun ini juga karena kucing bosan melakukan semua hal sendirian. Beberapa hal bagi mereka mungkin tak menarik lagi setelah di lakukan sendirian.

Itulah mengapa selain memberikan kucing mainan, kamu juga dapat memberikan suatu hal lain agar kucing aktif bergerak sehingga kucing tak menjadi terlalu hiperaktif. Kamu dapat mempertimbangkan memberikan kucing teman baru.

Dengan adanya seorang teman di sisinya, kehidupan kucing akan semakin berwarna, kucing tak lagi kesepian dan perilaku hiper aktifnya dapat sekaligus kita atasi. Oh iya saat mengadopsi kucing baru, sebaiknya pilih kucing dengan jenis kelamin yang berbeda dengan yang ada di rumah.

Ini supaya kucing tak saling berkelahi. Meskipun kucing pada akhirnya tetap berkelahi namun proses beradaptasi satu sama lain jauh lebih mudah di bandingkan dengan kucing berjenis kelamin sama.

 

4. Atasi Stress Kucing

Hiper aktif juga bisa di karenakan kucing sedang stress. Ini sering terjadi di saat kucing tak mendapatkan apa yang ia inginkan ataupun saat kucing sedang sakit di bagian tertentu di tubuhnya. Contohnya kucing stress karena tak di perbolehkan keluar rumah.

Akibatnya si kucing akan sering mengeong-ngeong ataupun bergerak ke sana kemari membuat keributan. Terkadang ini sering kali terjadi di malam hari. Nah untuk mengatasi hal ini dan membuat kucing tenang cukup atasi stressnya.

Seperti contoh kasus di atas, untuk mengatasinya hanya bisa di lakukan dengan cara memperbolehkan kucing keluar rumah. Ini akan membuat kucing menjadi tenang dan tak akan lagi membuat kebisingan di dalam rumah.

 

5. Atur Jadwal Harian Kucing

Serupa dengan manusia, kucing pun butuh rutinitas harian yang teratur. Rutinitas harian yang teratur akan membuat kucing bisa mengatasi kecemasannya sekaligus dapat mengurangi perilaku hiper aktifnya.

 

6. Cobalah Berkonsultasi Dengan Dokter Hewan

Jika kamu telah mencoba beberapa cara di atas namun tetap saja gagal untuk mengatasi kucing kamu yang hiperaktif maka kamu dapat mencoba cara yang terakhir ini. Caranya cukup dengan berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai masalah ini.

Tentunya cara ini tak gratis karena membutuhkan beberapa uang untuk di keluarkan namun ini setimpal dengan hasil yang kita dapatkan dan mudah untuk di lakukan.

 

Itulah dia beberapa cara mudah mengatasi kucing yang hiperaktif. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url