Kucing Sebaiknya Di Kandang Atau Dilepas ? Ini Jawabnya !

Di zaman ini kucing telah menjadi hewan yang sangat populer untuk di jadikan hewan peliharaan. Kepopuleran kucing sebagai hewan peliharaan ini telah lama terjadi di Indonesia bahkan ini juga telah lama terjadi di seluruh dunia.

 

Kucing Sebaiknya Di Kandang Atau Dilepas


Daya tarik kucing yang tinggi di tambah perilaku yang unik serta kepribadian yang kuat membuat kucing banyak di terima oleh masyarakat. Ini membuat kucing banyak di pelihara dalam rumah. Mereka memelihara kucing dalam kandang maupun di lepas bebas di dalam atau luar rumah.

Bicara soal metode pemeliharaan kucing, banyak dari mereka dan termasuk kamu yang mungkin mempertanyakan metode pemeliharaan yang mana yang baik antara memelihara kucing dalam kandang ataupun memelihara kucing secara bebas.

Lalu sebenarnya yang manakah metode yang terbaik di antara kedua metode pemeliharaan ini ? Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kucing Sebaiknya Di Kandang Atau Dilepas ?

Sebenarnya tidak ada jawaban yang bisa cocok dengan semua orang dan juga dengan kucing itu sendiri. Banyak faktor yang membuat kita mesti mempertimbangkan mengenai metode pemeliharaan itu sendiri. Beberapa faktor tersebut seperti :

  • Faktor Keselamatan

  • Faktor Keamanan

  • Faktor Kesehatan

  • Dan kesejahteraan kucing

 

Sebagai pertimbangan untuk menentukan yang mana yang baik bagi kucing maka kamu dapat menyimak penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing metode antara metode pemeliharaan dalam kandang atau metode pemeliharaan bebas di bawah ini :

Metode Pemeliharaan Kucing Dalam Kandang

Memelihara kucing dalam kandang memiliki beberapa kelebihannya sendiri. Salah satunya adalah memelihara kucing dalam kandang jauh lebih aman dari pada melepasnya. Ini dapat menjamin kucing dari bahaya seperti serangan predator dan sejenisnya.

Bukan cuma itu saja, bagi kamu yang tinggal di dekat dengan  jalan raya maka ini juga bisa mencegah kucing mengalami kecelakaan lalu lintas akibat tak sengaja di tabrak oleh kendaraan yang lewat. Kamu tentunya tak ingin kucing mati tiba-tiba karena kecelakaan.

Mengandangkan kucing juga dapat menjaga kucing dari penyakit tertentu seperti beberapa penyakit yang dapat menyebar karena interaksi kucing dengan lingkungan sekitarnya ataupun dengan hewan lain yang ia temui saat berkeliaran bebas di luar rumah.

Penyakit tersebut seperti:

  • Panleukopenia

  • Penyakit akibat virus tertentu

  • Scabies

  • Cacingan akibat memakan hewan mati atau sembarangan makanan

  • Keracunan

  • Dan sejenisnya

 

Dengan mengandangkan kucing maka kamu bisa menjamin keselamatan beserta kesehatan kucing peliharaan kesayangan kamu. Hanya saja ada beberapa kekurangan dari metode pemeliharaan kucing dalam kandang ini sendiri.

Kekurangannya yaitu kamu mesti wajib menjaga kebersihan kandang kucing setiap harinya, kandang kucing mesti berukuran besar agar kucing nyaman berada di dalamnya dan tak mengalami stress, wajib menyediakan segala kebutuhan kucing di dalam kandang.

Kamu juga perlu mengeluarkan kucing dari dalam kandang sesekali setiap harinya agar kucing tak mengalami stress dan bisa menggerakkan otot-otot di seluruh tubuhnya dengan bebas serta menjaga kesehatan dirinya.

Oh ya saat mengandangkan kucing jika kamu memelihara lebih dari satu kucing dalam kandang pastikan bahwa kucing tak saling berkelahi satu sama lain dalam kandang. Ini untuk mencegah kucing saling terluka akibat salinng menyerang satu sama lain.

 

Memelihara Kucing Dengan Cara Di Lepaskan

Kelebihan dari memelihara kucing dengan cara di lepas adalah kucing memiliki kebebasannya sendiri. Ia bebas bergerak ke sana kemari. Kucing bebas mengeksplorasi lingkungan di dalam rumah maupun halaman rumah milik kita.

Ini bisa sangat meminimalkan kucing mengalami stress serta membuat kucing aktif bergerak yang mana ini tentu saja baik untuk kesehatan kucing. Di samping itu, membiarkan kucing bebas juga membuat kita menjadi bisa lebih banyak berinteraksi dengan kucing kesayangan kita.

Mau itu kita berinteraksi dengan kucing atas keinginan kita sendiri seperti mengelusnya, bermain dengannya ataupun hal lainnya. Juga interaksi akibat kucing yang menginginkan interaksi dengan pemiliknya ataupun orang sekitarnya atas kemauannya sendiri.

Memelihara kucing dengan cara melepasnya mungkin memiliki kelebihannya sendiri namun ini juga memiliki kekurangannya tersendiri. Kekurangannya seperti keamanan kucing menjadi tingkat sedang ataupun menengah. Ini terjadi jika kita tak mengawasi kucing dengan baik.

Kucing yang tak di awasi dengan baik bisa mengalami kecelakaan lalu lintas akibat sembarangan bermain di jalan raya. Kucing dapat mengalami keracunan akibat asal mengkonsumsi makanan yang ia temukan di luar rumah.

Tak hanya itu saja, jika kucing kamu adalah kucing ras ataupun kucing mix ras tertentu maka si kucing rentan mengalami pencurian jika di biarkan bebas. Mereka bisa saja di curi meskipun mereka hanya berkeliaran di halaman sekitar rumah kamu.

Kucing yang di biarkan bebas juga bisa hilang akibat tersesat. Di sisi kesehatan, kucing yang bebas sangat rentan terinfeksi penyakit karena hewan lainnya ataupun sesama kucing yang terinfeksi yang pernah ia jumpai.

 

Jadi Apa Solusi Terbaik Untuk Pemeliharaan Kucing ?

Kalau di tanya antara yang mana yang baik di antara kedua metode pemeliharaan ini maka Anggora akan menjawab bahwa keduanya adalah metode yang baik. Ini tergantung pemilik kucing itu sendiri untuk memilih yang menurut ia yang mana yang paling cocok untuk dirinya ataupun untuk kucingnya.

Beberapa pemilik mungkin akan memilih untuk memelihara kucing dalam kandang sementara beberapa lainnya akan membiarkan kucing bebas di dalam ataupun di dalam rumah. Oh iya jika kamu termasuk pemilik kucing yang tak merasa bahwa kedua cara ini baik maka kamu punya alternatif lainnya.

Alternatif lainnya yaitu dengan cara mengkombinasikan 2 metode pemeliharaan ini sekaligus. Kamu dapat mengandangkan kucing di saat kamu tak punya waktu luang dan sedang tak berada di rumah lalu saat kamu punya waktu bebas dan sedang di rumah maka kamu dapat melepaskan kucing.

Di banding dengan memilih salah satu dari dua metode pemeliharaan, menurut Anggora mengkombinasikan keduanya akan jauh lebih baik dan bisa saling menutupi kekurangan masing masing.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai yang mana yang terbaik antara melepas kucing atau mengandangkannya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url