Kenapa Kucing Garuk Garuk Terus ? Ini Sebabnya !

Seperti halnya manusia, kucing peliharaan juga berhak untuk mendapatkan kehidupan yang baik. Itulah mengapa kita sebagai pemilik kucing wajib untuk memperlakukan kucing dengan baik serta merawatnya dengan penuh kasih sayang.

 

Kenapa Kucing Garuk Garuk Terus

 

Pemberian makanan, minuman serta melakukan perawatan yang tepat pada kucing mesti di lakukan dengan penuh perhatian dan tak boleh asal di lakukan sembarangan. Ini dikarenakan beberapa faktor tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan juga kesehatan kucing.

Oh iya, meskipun beberapa dari kita telah merawat kucing dengan sepenuh hati, terkadang akan ada saat di mana kita menghadapi masalah tertentu yang berkaitan dengan kucing yang membuat kita merasa heran.

Salah satu masalah tersebut adalah kucing yang suka menggaruki terus menerus tubuhnya padahal kita sudah menjaga kondisi tubuh kucing dengan baik agar ia sehat.  Sebenarnya kenapa sih kucing terus menggaruk-garuk tubuhnya? Yuk cari tahu di sini.

 

Kenapa Sih Kucing Garuk Garuk Terus ?

Meskipun kucing peliharaan milik kita adalah kucing yang sangat terawat namun tetap saja kucing bisa mendapatkan masalah tertentu yang membuat ia tak merasa nyaman dengan tubuhnya. Contohnya kucing terus menerus menggaruk tubuhnya.

Kucing yang terus menerus menggaruki tubuhnya sebenarnya di sebabkan oleh beberapa penyebab tertentu. Yang mana penyebab ini sendiri erat kaitannya dengan masalah kulit pada kucing. Berdasarkan setahu Anggora penyebab anta lain adalah :

1. Kucing Garuk Garuk Terus Merupakan Bagian Dari Perawatan Diri

Salah satu alasan utama kenapa kucing terus menerus menggaruk adalah kucing sedang melakukan perawatan terhadap tubuh mereka sendiri. Menggaruk merupakan cara yang umum kucing lakukan dalam merawat diri mereka.

Mereka biasanya akan melakukan hal ini secara alami di saat membersihkan tubuh mereka dari benda asing yang menempel, kotoran berupa pasir, tanah ataupun debu dan benda asil sejenisnya yang melekat pada tubuh mereka.

 

2. Kucing Terus Menggaruk Karena Merasa Gatal

Penyebab kedua yang membuat kucing terus menerus melakukan garukan pada tubuhnya adalah karena kucing merasa gatal. Jadi, kucing akan menggaruk tubuhnya demi meredakan ataupun menghilangkan rasa gatal ini.

Biasanya setelah rasa gatal yang menggangu hilang, kucing akan berhenti menggaruk kemudian melanjutkan aktivitas selanjutnya yang biasa ia lakukan.

 

3. Kucing Menggaruk Demi Merawat Kuku-Kukunya

Apakah kucing kamu menggarumenggaruk terus menerus pada perabotan kayu, karpet, bangku sepeda motor, tiang kayu, lemari kayu dan lainnya? Jika iya maka ini mungkin di karenakan kucing sedang merawat kuku-kuku miliknya.

Tindakan ini kucing lakukan untuk menjaga agar kukunya bersih dari kotoran dan kulit kuku yang telah lepas sekaligus menjaga supaya kuku-kuku imutnya tetap tajam dan kuat. Dengan tajamnya kuku kepunyaannya maka si kucing akan percaya diri dalam melindungi dirinya dari serangan musuh.

Meskipun menurut Anggora sendiri apa yang kucing lakukan ini sesuatu yang tak berguna sih soalnya si kucing adalah hewan peliharaan dalam rumah. Otomatis si kucing peliharaan bakal selalu aman dan terlindungi di dalam rumah.

Mungkin ini karena naluri alamiah yang membuat kucing tetap akan merawat kukunya meskipun dia berada di tempat teraman di bumi.

 

4. Kucing Meninggalkan Garukan Sebagai Penandaan Wilayah

Selain kencing pada tembok dan tempat lainnya secara sembarangan, buang kotoran di tempat tertentu, berguling-guling di pasir dan tanah, garukan kucing juga merupakan hal yang biasa kucing lakukan untuk melakukan penandaan wilayah.

Penandaan wilayah umumnya di lakukan oleh kucing dewasa dan tak terbatas pada lingkungan luar rumah saja. Lingkungan dalam rumah pun bisa menjadi sasaran kucing dalam melakukan kebiasaan liarnya jika kucing merupakan hewan rumahan.

 

5. Garukan Kucing Terus Menerus Merupakan Pertanda Bahwa Kucing Sehat

Tahukah kamu bahwa garukan kucing yang terus menerus pada objek lain selain dirinya bisa di jadikan sebagai salah satu pertanda bahwa kucing kesayangan yang kita pelihara dalam kondisi baik dan berada dalam kondisi yang sehat.

Kenapa ini bisa di jadikan salah satu tanda bahwa kucing sehat? Ini karena sewaktu kucing sedang sakit, kucing peliharaan sangat jarang sekali akan melakukan gerakan menggaruk-garuk objek tertentu yang berada di lingkungan sekitarnya.

Kucing yang sedang sakit akan cenderung malas beraktivitas, pendiam, murung dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur.

 

6. Garukan Kucing Terus Menerus Bisa Jadi Merupakan Pertanda Bahwa Kulit Kucing Bermasalah

Selain menjadi pertanda bahwa kucing sedang dalam kondisi baik dan juga sehat. Ini juga bisa di jadikan pertanda bahwa kucing sedang mengalami masalah kulit. Dengan catatan bahwa kucing tak menggaru benda lain namun kucing menggaruk-garuk dirinya sendiri terus menerus.

Saat kucing bermasalah dengan kulitnya sebaiknya segera atasi masalah kulitnya ini. Lakukan ini demi menghindari kulit kucing melukai dirinya sendiri akibat kucing terus menerus menggaruk kulitnya serta menghentikan tindakannya yang tak enak di pandang mata.

 

7. Gerakan Menggaruk Untuk Meredakan Stress

Aktivitas menggaruk-garuk terus menerus yang di lakukan oleh kucing, entah itu menggaruk tubuhnya ataupun menggaruk objek di sekitarnya adalah suatu tindakan yang terkadang kucing lakukan untuk meredakan rasa stress.

Ketika kucing menggaruk objek di sekitarnya mungkin ini merupakan suatu hal yang positif meskipun ini seringkali berakhir dengan kucing merusak objek tersebut. Ini lebih baik bila mana di bandingkan dengan kucing yang terus menggaruk tubuhnya yang mana ini bisa melukai tubuh kucing dan menyebabkan masalah untuk kulit atau menyebabkan penyakit kulit.

 

Itulah dia pembahasan mengenai kenapa kucing garuk garuk terus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url