Apa Yang Membuat Kucing Kabur Dari Rumah Baru ? Ini Penyebabnya !

Perpindahan rumah dari rumah lama ke rumah baru terkadang bukanlah sesuatu yang bisa kita hindari. Banyak hal yang membuat kita mau tidak mau terpaksa pindah dari rumah lama kita ke rumah baru yang akan kita huni saat ini.

 

Kucing Kabur Dari Rumah Baru


Beberapa alasan pindah rumah bisa karena kita tak merasa nyaman dengan rumah tersebut, kita pindah rumah karena ingin menempati rumah kita sendiri, pindah rumah karena perusahaan memaksa kita pindah kerja ke wilayah lain dan sebagainya.

Saat pindah rumah, tentunya bukan hanya mempengaruhi kita saja tetapi keluarga kita kalau kita memiliki keluarga dan juga peliharaan seperti anjing dan kucing. Untuk peliharaan seperti anjing maka hal ini bukan masalah namun untuk kucing ini sering kali menjadi masalah.

Kucing yang pindah ke rumah baru selalu kabur kemudian menghilang. Banyak dari pemilik kucing yang mengalami pengalaman serupa tentang bagaimana kucingnya kabur dan hilang di saat mereka berada di rumah baru yang akan mereka tempati.

Sebenarnya kenapa sih ini bisa terjadi? Kenapa kucing kabur dari rumah baru? Yuk cari tahu apa alasannya di sini.

 

Apa Yang Membuat Kucing Kabur Dari Rumah Baru ?

Kebanyakan kucing akan melarikan diri dari rumah baru sesaat setelah mereka sampai di sana. Kaburnya kucing dari rumah baru ini bukanlah sesuatu tindakan yang kucing lakukan secara iseng dan tanpa alasan yang jelas.

Ada beberapa alasan mengapa kucing kabur dari rumah. Beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Efek Dari Baru Saja Naik Kendaraan

Kucing yang tak terbiasa menaiki kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor dan kendaraan lainnya akan merasakan yang namanya ketakutan, panik, mabuk, stress dan sejenisnya. Ini membuat kucing cenderung berusaha melarikan diri setiap kali ada kesempatan.

Contohnya sewaktu kita masih di tengah perjalanan dan membawa kucing keluar dari kendaraan agar ia tenang namun kita tak sengaja membuka pintu mini kandangnya maka secara mengejutkan kucing akan kabur dan menjauh dari kita.

Kucing yang kabur akan sangat sulit untuk di temukan mengingat kucing akan terus lari sampai ia merasa situasinya aman. Nah hal serupa juga berlaku sewaktu kita membiarkan kucing bebas sewaktu tiba di dalam rumah baru kita.

Bila sebentar saja si kucing lepas dari pengawasan maka kucing akan kabur tanpa sepengetahuan kita dan tak akan kembali ke rumah lagi. Kucing akan menghilang dan butuh usaha untuk menemukannya atau bahkan kucing tak akan bisa di temukan sama sekali.

 

2. Sifat Ingin Tahu Kucing Yang Besar

Kucing adalah salah satu hewan yang punya rasa keingintahuan yang cukup besar. Rasa ingin tahu kucing ini meliputi benda asing maupun lingkungan sekitar saat ini ia berada yang belum pernah kucing jelajahi sama sekali.

Itulah mengapa sewaktu kucing berada di lingkungan baru seperti rumah baru maka kucing akan dengan senang hati menjelajahinya. Kucing akan menjelajahi lingkungan dalam rumah sebelum pada akhirnya ke halaman rumah.

Namun bagi kucing halaman rumah bukanlah akhir dari wilayah penjelajahan, kucing akan terus menjelajahi sampai luar halaman rumah. Penjelajahan luar rumah inilah yang sering kali membuat kucing tersesat dan tak tahu jalan pulang karena masih asing dengan lingkungan barunya.

Pada akhirnya kita yang merasa kehilangan kucing akan merasa bahwa si kucing kabur atas keinginannya sendiri padahal kucing sama sekali tak bisa pulang sebab asik menjelajah sehingga ia tersesat.

 

3. Merasa Bahwa Rumah Baru Bukanlah Rumahnya

Meskipun kucing tak secerdas hewan seperti simpanse dan sejenisnya namun untuk masalah rumah, kucing bisa tahu bahwa rumah saat ini bukanlah rumah yang biasa kucing tempati. Ini akan membuat kucing merasa asing di dalamnya.

Pada akhirnya karena kucing merasakan bahwa tempat baru ini bukanlah rumahnya, kucing akan memutuskan untuk pergi kabur dari rumah dan berusaha untuk kembali ke rumah yang menurut ia adalah rumahnya yang sebenarnya.

Oh iya biasanya kondisi ini terjadi pada awal kucing memasuki rumah baru hingga beberapa hari ke depan. Ini terjadi karena kucing masih belum beradaptasi saja dan mengenali rumah barunya.

 

4. Kurangnya Pengawasan Pemilik

Kaburnya kucing dari rumah baru bukan semata-mata hanya murni kesalahan dari si kucing saja namun ini juga bisa terjadi akibat kurangnya pengawasan yang di lakukan pemilik terhadap kucing peliharaan kesayangannya.

Lalainya pemilik kucing akibat sibuk dalam proses pindahan, sibuk bekerja ataupun sibuk karena mengurus hal lainnya bisa menjadi alasan utama yang membuat kucing bisa dengan mudah kabur dari dalam rumah. Penting bagi kita untuk mengawasi kucing dengan baik.

Jika kita tak mampu untuk mengawasi kucing karena kesibukan kita maka di sarankan untuk tak membiarkan kucing bebas berkeliaran dan lebih baik mengurungnya di dalam kandang demi menjaga si kucing agar tak hilang.

 

Cara Mencegah Kucing Kabur Dari Rumah Baru

Agar kucing tak kabur dari rumah, perlu bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan. Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk membuat kucing tak kabur dari rumah baru kamu. Beberapa tindakan tersebut seperti :

  • Kurung kucing dalam ruangan tertentu sampai ia tenang

  • Jangan biarkan kucing menjelajahi luar rumah tanpa pengawasan kita

  • Biarkan kucing beradaptasi dengan rumah baru kita agar ia mengenali rumah ini sebagai rumah barunya. Biasanya butuh waktu seminggu untuk kucing beradaptasi.

  • Selalu awasi kucing kamu agar tak kabur tanpa sepengetahuan kamu

  • Jika kamu merasa bahwa kamu tak bisa mengawasi kucing dengan baik karena sibuk mengurus hal yang terkait dengan perpindahan, sibuk bekerja dan sejenisnya, di sarankan untuk mengurung kucing dulu dalam kandang atau ruangan tertentu

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai penyebab kucing kabur dari rumah baru dan bagaimana mencegah kucing agar tak kabur dari rumah baru. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url