Bagaimana Cara Mengobati Kucing Heat Stroke ? Ini Caranya!

Sewaktu cuaca sangat panas, kita pastinya akan merasa sangat kepanasan dan membuat keringat bercucuran keluar dari tubuh kita. Kepanasan yang di rasakan manusia juga bisa di rasakan oleh kucing meskipun kucing adalah hewan yang mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri.

 

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Heat Stroke


Kepanasan pada kucing dapat terjadi pada situasi di mana suhu udara benar-benar sangat panas yang membuat kemampuan pengaturan suhu tubuh kucing menjadi tak berguna. Dalam tahap ringan kucing mungkin hanya akan merasakan kepanasan.

Namun pada tahapan yang lebih parah, kucing dapat mengalami yang namanya dehidrasi dan juga heat stroke. Bicara soal heat sroke pada kesempatan kali ini Anggora akan membahas sedikit mengenai heat stroke kucing dan cara mengatasinya.

 

Apa Itu Heat Stroke ?

Apa sih heat Stoke itu? Bagi kamu yang asing dengan istilah ini dan ingin tahu Heat Stroke, Heat Stroke adalah kondisi di mana kucing merasa tubuhnya sangat kepanasan akibat suhu tubuh naik di atas batas normal yang bisa tubuh kucing tangani.

Biasa ini terjadi di saat suhu udara di sekitar kita tinggal cukup panas.  stroke tak boleh di remehkan sebab kondisi ini cukup berbahaya bila tak segera di tangani. Dalam kondisi terparah, Heat Stroke bisa menyebabkan pada kucing.

Karena itulah penting bagi kita untuk memahami Heat Stroke untuk mengetahui apakah kucing peliharaan kesayangan kita saat ini sedang dalam kondisi ini atau tidak, mengetahui cara mengatasinya dan juga untuk mengetahui cara mencegah agar tak terjadi pada kucing.

 

Gejala Heat Stroke Pada Kucing

Serupa dengan gangguan kesehatan lainnya, Heat Stroke juga memiliki gejala atau ciri-ciri tertentu yang dapat membuat kita tahu bahwa kucing kita saat ini tengah terkena gangguan ini. Beberapa gejala Heat Stroke pada kucing antara lain :

  • Lidah gerta gusi kucing berubah warna menjadi kemerahan atau tampak kebiruan

  • Kucing menjadi seperti sesak nafas yaitu nafasnya menjadi cepat dan pendek

  • Kucing tampak lemah atau lemas

  • Kucing mengalami Agitasi atau bingung

  • Keluarnya air liur dari mulut kucing secara berlebihan

  • Kucing tampak sempoyongan atau kesulitan berjalan

  • Kucing kesulitan berdiri

  • Kucing mengalami kejang-kejang

 

Bagaimana Cara Mengatasi Atau Mengobati Heat Stroke Pada Kucing ?

Untuk mengatasi atau mengobati kucing yang mengalami Heats Stroke sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa penanganan yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi masalah ini. Adapun beberapa cara tersebut antara lain :

  • Bila saat ini kamu berada pada tempat yang suhu udaranya agak panas atau sangat panas, maka di sarankan untuk memindahkan kucing ke ruangan yang lebih sejuk. Contohnya adalah ruangan yang memiliki alat pendingin udara di dalamnya seperti AC ataupun kipas angin

  • Cobalah untuk memberikan kucing kamu minum. Kamu bisa menyodorkan mangkuk minuman ke hadapannya agar ia bisa minum dengan sendirinya. Namun jika ia tak bisa minum sendiri maka bantulah ia minum dengan menggunakan sendok, botol bayi ataupun spuit khusus kucing.

  • Selanjutnya setelah memberikan kucing minum, cobalah untuk melap tubuh kucing secara keseluruhan dengan kain bersih yang telah di basahi terlebih dahulu dengan air. Ini akan membantu kucing dalam mengatasi panas tubuhnya

 

Biasanya dengan beberapa tindakan di atas dapat mengatasi kucing dari Heat Stroke dan membuat kucing kembali normal. Namun jika kondisi kucing tampak tak lebih baik dari pada sebelumnya maka di sarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan.

 

Cara Mencegah Kucing Agar Tak Terkena Heat Stroke Lagi

ada pepatah yang mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Karena itulah agar kejadian serupa tak terjadi lagi atau agar kucing tak terkena Hest Stroke maka kamu dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini :

  • Pastikan kucing tak berada di tempat yang panas terutama dalam jangka waktu yang panjang sebab penyebab utama Heat Stroke adalah tubuh kucing kepanasan

  • Selalu sediakan air minum untuk kucing dalam wadah minum kucing. Pastikan wadah minuman mudah di jangkau oleh kucing. Oh iya pastikan air yang di beri adalah air yang matang dan selalu di ganti setiap harinya untuk menjaga kesehatan kucing

  • Hidupkan alat pendingin ruangan. Saat cuaca sangat panas, untuk menjaga suhu udara tetap dingin agar tak mengganggu kenyamanan kita dan kucing sebaiknya selalu hidupkan alat pendingin ruangan seperti kipas angin ataupun Air Conditioner

  • Jangan tinggalkan kucing di dalam mobil dalam waktu lama tanpa menghidupkan penyejuk dalam mobil sebab kucing bisa kepanasan, mengalami dehidrasi ataupun Heat Stroke.

  • Saat kucing kepanasan, kalau kucing belum di mandikan sama sekali selama seminggu dan kamu melihat bahwa tubuhnya kotor maka tak ada salahnya memandikan kucing untuk membersihkan tubuhnya sekaligus menjaga suhu tubuhnya tetap dingin


Itulah beberapa pembahasan mengenai apa itu Heats Stroke, cara mengatasinya dan beberapa pembahasan lainnya yang terkait dengan hal ini. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url