Kenapa Bulu Kucing Persia Rontok ? Ini Penyebabnya !

Siapa sih yang tak kenal kucing persia. Ya benar, kucing yang satu ini terkenal dengan keanggunannya dan juga keindahannya. Kucing yang kita ketahui berasal dari Iran dan Afganistan ini punya bulu yang lebat, panjang dan indah.


Kenapa Bulu Kucing Persia Rontok

 

Ini membuat kucing yang satu ini mesti di rawat dengan baik karena jikalau tidak maka kucing akan memiliki masalah yang bukan cuma terkait dengan kesehatan kucing itu sendiri juga masalah yang berkaitan dengan bulu kucing.

Bulu kucing akan menjadi tipis, pendek jelek dan yang terparah kucing akan mengalami kerontokan. Untuk menghindari terjadi rontoknya bulu kucing persia peliharaan kesayangan tentunya sebagai pemilik kita mesti tahu apa sumber penyebabnya.

Mengetahui hal ini akan membuat kita tahu apa yang mesti dilakukan agar bulu kucing terhindar dari kerontokan sekaligus menjaga bulunya tetap lebat juga menawan. Lalu apa sebenarnya penyebab kerontokan pada bulu kucing persia ?

Ketahui jawabannya dengan membaca tulisan Anggora ini sampai akhir.

 

Kenapa Bulu Kucing Persia Rontok ?

Tak seperti kucing biasa atau kucing kampung, kucing persia butuh perhatian yang lebih dari pemiliknya dalam mencegah bulu kucing mengalami kerontokan. Untuk mencegah kerontokan ini sendiri, wajib bagi kita untuk tahu apa sebab utama yang membuat bulu kucing rontok.

Ada beberapa penyebeba umum yang membuat rontoknya bulu kucing Persia. Beberapa penyebab itu setahu Anggora antara lain :

1. Rontoknya Bulu-Bulu Kucing Persia Karena Asal Memberikan Makanan

Jangan asal memberikan kucing Persia kamu makanan karena ini bisa saja mempengaruhi kesehatan bulu kucing kamu. Perlu kamu tahu bahwa beberapa kucing ada yang tak memiliki kecocokan dengan makanan tertentu yang membuat bulunya bermasalah.

Makanan tersebut adalah produk makanan kering ataupun basah untuk kucing. Ini bukanlah omong kosong karena beberapa pemilik kucing yang pernah menggonta-ganti makanannya pernah mengalami masalah ini.

Oh iya ini bukan cuma berlaku pada makanan kering dan basah yang di jual di pasaran. Beberapa makanan tertentu juga tak boleh di berikan pada kucing dalam porsi berlebihan. Seperti pemberian ikan asin atau udang pada kucing.

Bila makanan ini di berikan pada kucing dapat menjadi sebab kucing mengalami masalah kulit yang menyebabkan bulu kucing mengalami kerontokan.

 

2. Rontoknya Bulu-Bulu Kucing Persia Karena Perawatan Yang Kurang Baik

Kurang baiknya perawatan bulu yang kita berikan ke kucing pun bisa menjadi penyebab rontoknya bulu kucing. Contohnya adalah kita tak pernah memandikan kucing atau memandikan kucing tidak menggunakan shampoo khusus kucing.

Ini membuat kulit kucing cenderung mudah di serang jamur dan kutu semakin banyak berkembang di bulu kucing. Efek dari hal ini dapat membuat kucing menjadi sering menggaruk kulitnya sehingga kulit bisa mengalami luka serta kerontokan bulu.

 

3. Rontoknya Bulu-Bulu Kucing Persia Karena Siklus Pergantian Bulu

Kalau ular punya siklus ganti kulit, kucing punya siklus pergantian bulu. Siklus pergantian bulu pada kucing adalah proses yang alami di mana bulu lama atau bulu yang tua secara perlahan akan di gantikan oleh bulu-bulu baru kucing.

Rontoknya bulu karena siklus pergantian bulu adalah hal yang normal terjadi pada kucing terutama pada saat musim semi atau musim. Selain hal yang normal, hal ini juga tak akan mempengaruhi kesehatan tubuh kucing sama sekali.

 

4. Rontoknya Bulu-Bulu Kucing Persia Karena Faktor Genetik

Apakah kucing Persia kamu merupakan anak dari kucing yang memiliki kelainan genetik tertentu. Contohnya anak dari kucing yang bulunya pendek dan mudah rontok. Jika iya maka inilah yang mungkin jadi penyebab utama mengapa kucing kamu bulunya mudah rontok.

Karena orang tuanya memiliki tubuh yang berbeda maka sewaktu anaknya di lahirkan sangat besar kemungkinan anak akan mewarisi tubuh yang serupa dengan tubuh ataupun  buku yang ia miliki.

 

5. Rontoknya Bulu-Bulu Kucing Persia Karena Faktor Lingkungan

Kerontokan pada bulu kucing Persia juga bisa dikarenakan faktor lingkungan di mana kucing saat ini berada. Faktor yang umumnya mampu mempengaruhi hal ini seperti :

  • Kelembaban rendah

  • Suhu udara yang tak stabil

  • Suhu yang terlalu panas

  • Ruangan yang kotor

  • Dan faktor lainnya

 

6. Rontoknya Bulu-Bulu Kucing Persia Akibat Kucing Lainnya

Kerontokan pada kucing juga bisa di sebabkan perkelahian yang dilakukan oleh kucing dengan kucing lainnya. Bisa juga di karenakan kucing jantan menggigit kucing lainnya untuk melakukan pernikahan pada saat kucing memasuki masa kawin.

Kerontokan pada kucing karena hal ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus menggunakan obat sama sekali. Meskipun begitu tak ada salahnya mempercepat proses penyembuh dengan memberikan kucing vitamin ataupun makanan tertentu yang ini

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kerontokan Pada Bulu Kucing Persia ?

Untuk mengatasi kerontokan pada kucing Persia kamu, kamu dapat menggunakan cara yang ada di bawah ini :

  • Melakukan perawatan kucing dengan baik

  • Tidak asal memberikan kucing makanan

  • Selalu menjaga kebersihan tubuh kucing dan menjaga kebersihan lingkungan atau kandang tempa di mana ia tinggal

  • Selalu mengawasi kucing

  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kucing di dokter hewan terdekat

 

Itulah dia beberapa penyebab bulu kucing persia rontok dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url