Bolehkah Kucing Persia Makan Ikan Tongkol ? Ini Jawabnya !

Kucing Persia? Siapa yang tak kenal dengan jenis kucing yang satu ini. Dengan melihat sepintas saja banyak dari kita yang tahu bahwa kucing tersebut adalah kucing Persia. Bukan cuma kita para pecinta kucing saja namun orang biasa pun bisa dengan mudah tahu bagaimana jenis kucing Persia itu.

 

Bolehkah Kucing Persia Makan Ikan Tongkol


Bicara soal kucing Persia maka apa yang ada dalam pikiran kita adalah bahwa hewan imut ini adalah merupakan golongan hewan kucing. Ini membuat kita berasumsi bahwa kucing Persia serupa dengan jenis kucing lainnya, kucing Persia akan suka jika kita sajikan padanya segala jenis ikan.

Termasuk salah satunya adalah jenis ikan tongkol. Melihat ikan Tongkol di hadapannya maka si kucing Persia peliharaan mungkin akan melahap makanan ini sampai habis tak tersisa. Namun apakah ikan Tongkol boleh di berikan ke kucing, mengingat jenis ikan lainnya aman untuk di konsumsi oleh kucing.

Yuk ketahui apakah kucing persia boleh makan ikan tongkol dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Bolehkah Kucing Persia Makan Ikan Tongkol ?

Serupa dengan kucing lainnya, kucing Persia juga tak akan menolak jika di berikan ikan sebagai makanan untuknya termasuk jika kita memberi ikan tongkol padanya sebagai cemilan ataupun sebagai makanan utama baginya.

Namun apakah ikan ini benar-benar aman untuk kucing? Jawabannya adalah makanan yang satu ini aman di berikan ke kucing kesayangan kita. Namun ada beberapa hal yang kamu mesti perhatikan saat memberi kucing ikan Tongkol.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Jangan Memberikan Ikan Tongkol Dalam Keadaan Mentah

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah tak memberikan ikan tongkol dalam keadaan mentah pada kucing. Serupa dengan ikan lainnya, ikan Tongkol mestilah di masak matang terlebih dahulu sebelum di berikan ke Kucing Persia peliharaan.

Memasak matang ikan Tongkol bertujuan untuk untuk membunuh bakteri maupun parasit yang ada di luar daging ikan maupun di dalam daging ikan tongkol. Dengan memasak ikan Tongkol secara matang, maka kamu dapat memberikan kucing makanan yang ia sukai.

Tanpa takut nantinya kucing akan mengalami masalah kesehatan seperti cacingan, mencret diare dan penyakit sejenisnya.

 

2. Bersihkan Ikan Tongkol Dari Bagian Yang Berbahaya

Sebelum memmberikan ikan ke kucing di sarankan untuk membersihkan ikan Tongkol dari bagian-bagian yang berbahaya. Bagian tersebut seperti tulang ikan ataupun duri-durinya. Lakukan ini untuk menghindari kucing tersedak akibat tulang ikan, gusi kucing berdarah, radang tenggorokan akibat tulang, kerusakan organ pencernaan dan sejenisnya.

Bila kamu merasa bahwa cukup sulit untuk membersihkan bagian-bagian ini maka kamu bisa mengakali nya dengan cara memblender ikan, duri dan tulangnya sekaligus sampai halus. Pastikan bahwa duri dan tulang telah benar-benar halus tak tersisa sebelum memberikannya ke kucing Persia kamu.

 

3. Masak Ikan Dengan Cara Di Rebus

Sebaiknya ikan yang kamu beri ke kucing di masak dengan cara di rebus saja. Ini jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan memasak ikan Tongkol dengan cara di goreng. Merebus ikan akan membuat ikan bebas minyak dan juga lemak.

Ini akan membuat kucing yang memakannya jauh lebih sehat di bandingkan dengan kucing yang memakan ikan Tongkol yang di goreng dan kucing yang memakan ikan rebus tak akan berpotensi terkena penyakit seperti jantung dan sejenisnya.

 

4. Masak Ikan Tongkol Tanpa Bumbu

Masaklah ikan Tongkol tanpa bumbu jika kamu hendak memberinya pada kucing Persia kesayangan kamu. Jangan memberikan kucing ikan yang di bumbu meskipun ikan yang akan kamu beri adalah ikan Tongkol yang di masak dengan cara di rebus.

Kenapa tak boleh memberikan ikan yang di beri bumbu pada kucing ? Ini untuk mencegah kucing Persia kamu keracunan sebab beberapa bumbu makanan yang di pakai oleh manusia untuk bisa beracun bagi kucing. Contohnya adalah bawang merah dan bawang putih.

Kedua benda yang biasa di pakai manusia ini beracun bagi kucing sebab karena kandungan sulfoksids dan kandungan disulfida yang bisa menghancurkan darah merah kucing dan membuat kucing

 

5. Jangan Jadikan Ikan Tongkol Sebagai Makanan Utama Kucing

Di sarankan untuk tidak memberi kepada kucing ikan Tongkol setiap harinya atau tidak menjadikan ikan tongkol sebagai makanan utama bagi kucing Persia. Kenapa? Ini karena ikan tongkol bisa mengandung merkuri di dalam tubuhnya.

Memang kandungan merkuri ini mungkin rendah namun apa jadinya jika kucing terus di berikan ikan Tongkol setiap harinya. Tentu merkuri yang ada di dalam tubuh ikan akan menumpuk di dalam tubuh kucing yang mana ini akan membuat kucing menjadi keracunan.

Karena itulah jika kamu ingin memberikan kucing Persia ikan tongkol sebagai makanan maka berikan ikan ini sesekali saja sebagai makanan atau berikan sesekali saja sebagai cemilan untuk si kucing Persia kesayangan kamu.

 

Itulah dia pembahasan mengenai bolehkah kucing Persia makan ikan tongkol. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url