Bagaimana Cara Memelihara Kucing Persia Untuk Pemula ? Ini Caranya!

Seperti yang kita tahu bahwa kucing Persia adalah salah satu jenis kucing ras yang sangat populer di dunia. Itulah mengapa hewan yang satu ini banyak di jadikan hewan peliharaan kesayangan di rumah selain anjing dan juga burung.


Cara Memelihara Kucing Persia Untuk Pemula


Meskipun memelihara kucing Persia terlihat mudah namun kenyataannya tidak demikian. Ada banyak hal yang harus kita lakukan untuk memelihara kucing jenis ini dan juga kita tak boleh asal-asalan melakukannya jika tak mau kucing jatuh sakit.

Inilah salah satu alasan bagi kita pemula yang baru saja memelihara kucing agar tahu bagaimana memelihara kucing jenis Persia dengan sangat baik. Lalu bagaimana cara memelihara kucing ini?  Yuk cari tahu jawabannya di sini.

 

Bagaimana Cara Memelihara Kucing Persia Untuk Pemula ?

Bagi kamu yang baru saja memutuskan untuk memelihara kucing Persia tentu akan merasa bingung pada awalnya. Bingung karena tidak tahu bagaimana cara yang benar dalam memelihara kucing. Jangan bingung, memelihara kucing Persia sebenarnya cukup mudah.

Kamu cukup memperhatikan beberapa hal berikut ini saat memelihara kucing Persia :

1. Persiapkan Peralatan Untuk memelihara Kucing

Sebelum memelihara kucing Persia, persiapkanlah terlebih dahulu peralatan khusus kucing. Jika kamu sudah terlanjur mengadopsi kucing namun belum membeli peralatannya maka ini tak masalah. Kamu bisa membelinya  nanti setelah menempatkan kucing di kandang atau di dalam rumah.

Beberapa peralatan khusus untuk merawat kucing yang perlu kamu beli antara lain :

  • Wadah makanan kucing

  • Wadah minum kucing

  • Litter box

  • Pasir kucing

  • Mainan kucing

  • Tempat kucing mencakar

  • Shampo kucing

  • Handuk kucing

  • Hair dryer kucing

  • Dan lainnya


Beberapa peralatan di atas perlu kamu beli jika kamu berniat untuk memelihara kucing Persia di rumah.

 

2. Memenuhi Kebutuhan Gizi Si Kucing

Hal yang kedua yang perlu kamu perhatikan saat memelihara kucing Persia adalah memenuhi kebutuhan gizi si kucing. Kebutuhan gizi si kucing bisa kamu penuhi dengan memberikan kucing makanan yang bergizi yang di rekomendasikan ke kucing.

Makanan tersebut antara lain adalah makanan khusus kucing yang banyak di jual di pet shop seperti makanan kering khusus kucing ataupun makanan basah untuk kucing. Penting di ingat bahwa kita tak boleh memberikan sembarangan makanan ke kucing Persia kita.

Kenapa ? Ini untuk menghindari kurang nutrisi bagi kucing dan demi mencegah agar kucing Persia tak mudah jatuh sakit. Bila kamu ingin memberikan makanan selain makanan yang di rekomendasikan di atas, hubungi dokter hewan kenalan kamu untuk berkonsultasi atas hal ini.

 

3. Selalu Menjaga Kebersihan Serta Merawat Bulu Kucing

Bukan cuma memerhatikan gizi yang di butuhkan oleh kucing namun menjaga kebersihan serta merawat bulu kucing juga adalah sesuatu hal lain yang perlu kita lakukan dalam memelihara kucing Persia peliharaan kesayangan kita.

Menjaga kebersihan bulu kucing bisa dilakukan dengan cara membersihkan bulu jika kotor. Kamu dapat membersihkan bulu kucing dengan tisu basah khusus kucing kalau bulu kucing hanya sedikit saja yang terkena kotoran. Sekedar info, tissu kucing ini bisa dengan mudah kamu beli di pasaran.

Kalau bulu kucing banyak yang kotor bagaimana? Kamu hanya perlu memandikan kucing saja. Mandikan kucing hingga bersih dengan menggunakan shampoo khusus kucing. Setelah tubuh kucing bersih, keringkan tubuhnya hingga kering memakai hair dryer.

Oh iya perlu di ingat bahwa memandikan kucing tak perlu di lakukan setiap hari. Lakukan  3 kali dalam sebulan saja. Jangan memandikan kucing setiap hari sebab ini bukannya baik buat si kucing malah dapat memperburuk kesehatan kulit dan bulu-bulunya.

 

4. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal Kucing

Bila kamu menempatkan kucing kamu dalam kandang ataupun ruangan khusus untuk kucing maka kamu perlu selalu menjaga kebersihan tempat tinggal kucing. Lakukan ini untuk menjaga kesehatan tubuh kucing kamu sekaligus menjaga agar tubuhnya tetap bersih.

Pembersihan tempat tinggal tinggal kucing bisa di lakukan setiap hari. Pembersihan bisa meliputi pembersihan wadah makanan kucing, wadah minuman kucing, liter box kucing, penggantian pasir kucing, pembersihan kandang kucing atau ruangan khusus kucing.

 

5. Memberikan Kucing Mainan Atau Tempat Bermain

Jangan lupa memberikan kucing kamu mainan ataupun tempat bermain khusus kucing. Dengan adanya permainan bagi kucing bisa membuat kucing menjadi lebih aktif, menghilangkan rasa bosannya serta mengurangi stres bagi kucing.

Dengan adanya mainan ini, kita bukan cuma bisa membuat kucing aktif beraktivitas tapi juga membuat ia selalu melatih otot tubuhnya yang mana ini tentu saja baik untuk kesehatan kucing itu sendiri.

 

6. Selalu Memperhatikan Kesehatan Kucing

Setiap harinya selalu awasi kucing Persia peliharaan kamu. Perhatikan apakah ada yang salah dengan si kucing tersayang kita. Bila ada yang aneh pada kucing atau kucing tak tampak sehat sebaiknya segera bawa kucing berobat ke dokter hewan terdekat.

 

7. Lakukan Pemeriksaan Rutin Ke Dokter Hewan

Meskipun kucing Persia kamu tampak tak bermasalah atau kucing dalam keadaan sehat-sehat saja tetapi di sarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Jadwalkan pemeriksaan rutin ke dokter hewan setiap bulannya.

Melakukan pemeriksaan rutin dapat membuat kamu bisa mendeteksi masalah kesehatan kucing lebih awal sehingga ini bisa mencegah penyakit semakin parah dan mempercepat proses kesembuhan kucing

 

Itulah cara memelihara kucing persia bagi pemula. Semoga tips memelihara kucing persia bagi pemula ini dapat bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url