Kenapa Kucing Minta Dielus Terus ? Ini Jawabnya !

Walaupun kucing adalah hewan yang cuek namun kucing adalah hewan yang ramah dan bahkan kucing terkadang kucing senang di manjakan. Saat kucing ingin di manjakan oleh mereka yang berada di sekitarnya maka kucing tak jarang akan menunjukkan tandanya ke kita.

 

Kenapa Kucing Minta Dielus Terus


Seperti kucing yang duduk di dekat kita, kucing akan tidur di dekat kita, kucing tidur di pangkuan kita dan bahkan kucing akan langsung memintanya ke kita dengan cara menggosok-gosokan kepala atau badannya ke tangan kita atau ke tubuh kita.

Kucing akan terus meminta kita untuk mengelus-elus tubuhnya saat ia ingin di manja. Bicara soal kucing yang minta di elus terus menerus, selain ingin di manja sebenarnya ada beberapa penyebab lain kenapa kucing minta di elus terus.

Apa saja penyebabnya ? Penasaran ? Cari tahu dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.


Kenapa Kucing Minta Dielus Terus ?

Kucing adalah hewan yang sangat cuek terhadap orang di sekitarnya. Setiap kali kita mendekati kucing untuk bermain bersamanya ataupun mengelusnya maka kucing akan segera menjauhi kita jika kita tak menangkapnya.

Meskipun kucing peliharan umumnya cuek namun ada masa di mana mereka menghilangkan sikap cueknya ini kemudian meminta kita untuk terus-menerus mengelusnya. Saat kita melihat kucing seperti ini tentunya kita akan merasa aneh dan berpikir bahwa ada yang salah dengan kucing kita.

Sebenarnya kenapa sih kucing terkadang minta terus di elus ? Berikut ini adalah beberapa penyebab utama mengapa kucing minta di elus terus-terusan :

1. Kucing Merayu Supaya Di Beri Makan

Penyebab pertama dari perubahan kucing yang cuek dan mendadak minta terus di elus adalah karena kucing sedang kelaparan. Karena ia sedang kelaparan dan ia ingin segera di beri makan kemudian kucing pun secara alami akan meminta makanan kepada kamu.

Agar kamu tahu bahwa ia sedang lapar dan agar kamu segera memberinya makan, si kucing pun akan merayu kamu. Biasanya saat kucing merayu pemiliknya, kucing akan menggosokkan badannya ke tubuh kita, jungkir balik di kaki kita, mengeong merengek ataupun akan minta terus di elus-elus.


2. Kucing Merasa Kegatalan

Penyebab lainnya atau alasan lainnya adalah kucing kamu merasa tubuhnya gatal namun bagian yang gatal ini cukup sulit di jangkau olehnya akibatnya kucing akan mendekati dirinya ke kamu agar kamu mengelus-ngelusnya.

Ia akan berulang kali minta kamu mengelus tubuhnya. Saat kucing merasa puas dengan elusan atau garukan dari tangan kamu dan ia tak lagi merasa gatal maka si kucing akan berhenti minta di elus dan segera menjauh dari kamu dan kembali ke mode cueknya.


3. Kucing Kamu Mungkin Sedang Birahi

Apakah perilaku ini di lakukan oleh kucing kamu yang memiliki jenis kelamin betina ? Jika iya maka kamu patut curiga bahwa ini di karenakan si kucing sudah memasuki masa kawin sehingga perilakunya sangat berubah.

Umumnya kucing betina yang birahi ( sedang dalam masa kawin ) akan sangat manja kepada pemiliknya di bandingkan dengan sebelum ia birahi. Kucing betina akan sangat manja dan senang berada bersama pemiliknya, senang mencari perhatian dan senang sekali meminta di elus oleh pemiliknya ataupun orang-orang yang ada di sekitarnya.

Lalu bagaimana dengan kucing jantan saat birahi ? Saat kucing jantan sedang birahi, mereka akan bersikap berlawanan dari kucing betina. Kucing jantan akan semakin cuek dan hanya berpikir mengejar betina dan lebih senang berada di luar rumah.


4. Sensasi Menyenangkan

Kucing juga akan minta terus di elus ketika ia merasa senang dengan elusan kita. Contohnya adalah kita mengelus terus di bagian dagu kucing atau kita secara kebetulan mengelus di bagian tubuhnya yang terasa gatal.

Kucing yang senang dengan elusan kita ini akan merasa sangat nyaman dan merasa tubuhnya terasa enak di elus. Ini membuat kucing akan ketagihan dan meminta agar kamu mengelusnya lagi sampai ia merasa puas.

 

5. Mencari Perhatian Dan Kasih Sayang

Sama halnya dengan manusia, kucing pun ingin sekali di beri perhatian dan kasih sayang. Ketika kucing minta kamu elus, ini akan membuat kamu terfokus kepadanya dan juga membuat kamu akan berbicara kepadanya.

Dengan cara ini kucing bisa mendapatkan perhatian dari kamu untuk berinteraksi dengannnya atau untuk bermain dengannya. Cara ini juga bisa membuat kucing mendapatkan kasih sayang dari mereka yang ia sayangi.


6. Membangun Ikatan Dengan Pemiliknya

Mengelus juga merupakan cara kucing untuk membangun ikatan dengan pemiliknya. Seperti yang kita tahu bahwa bahwa kucing akan menjilati tubuhnya untuk membersihkan dirinya. Namun bila kucing lain melakukan hal ini ke kucing lainnya maka ini bisa di anggap sebagai ikatan antar sesama kucing.

Namun untuk manusia, kita tak butuh jilatan. Sebagai gantinya kucing akan meminta kita untuk mengelus-elus tubuhnya untuk membangun ikatan sekaligus menandakan bahwa kita adalah sesuatu yang berharga baginya.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kenapa kucing minta terus di elus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url