Kenapa Kucing Jantan Berguling Guling ? Ini Alasannya !

Bagi mereka yang memelihara kucing maka sudah terbiasa dengan beberapa perilaku kucing. Seperti perilaku kucing yang umum di lakukan kucing seperti tidur, bermain dengan kucing lainnya, berburu hewan kecil dan sebagainya hingga ke perilaku yang tak umum kucing lakukan.

 

Kenapa Kucing Jantan Berguling Guling


Contohnya adalah kucing terkadang akan berguling guling di lantai rumah, di pasir, di kerikil ataupun di jalanan dekat rumah. Kucing yang suka berguling guling di tanah ini tak cuma di lakukan oleh kucing betina saja namun kucing jantan pun sering melakukannya.

Sebenarnya kenapa sih kucing suka melakukan hal ini khususnya kucing jantan? Apakah ada maksud tertentu di balik perilaku kucing ini? Penasaran? Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora yang satu ini hingga akhir.

 

Kenapa Kucing Jantan Berguling Guling ?

Pastinya kita pernah melihat kucing jantan berguling guling di tanah. Perilaku ini memang sebuah perilaku yang jarang kucing lakukan namun pada saat-saat tertentu kucing jantan akan sering melakukannya. Sebenarnya ada alasan tersendiri mengapa kucing melakukannya.

Lalu apa alasannya? Setahu Anggora kucing jantan suka guling guling adalah di karenakan beberapa hal berikut ini :

1. Membersihkan Tubuhnya

Alasan pertama yang membuat kucing jantan berguling guling di lantai ataupun tanah adalah karena kucing jantan ingin membersihkan tubuhnya. Loh bukannya kucing bisa membersihkan tubuhnya dengan menjilatnya? Mengapa harus berguling guling di tanah ?

Kucing bisa menjilati tubuhnya untuk membersihkan diri namun ada bagian-bagian tertentu yang tak bisa kucing bersihkan dengan memakai cara ini karena itulah kucing kadang kala suka guling-guling di permukaan yang  berpasir.

Selain itu kucing juga melakukan ini untuk membersihkan dirinya dari bau tertentu yang menempel pada tubuhnya yang dia rasa cukup mengganggu dan membersihkan tubuhnya dari hal lainnya.

 

2. Kucing Sedang Menggaruk Tubuhnya

Selain untuk membersihkan diri, kucing juga melakukan hal ini untuk menggaruk tubuhnya demi menghilangkan rasa gatal yang membuatnya merasa tak nyaman. Biasanya kucing melakukan ini untuk menggaruk bagian tubuh yang tak bisa ia capai.

Oh iya kucing juga melakukan hal ini ketika ia merasa bahwa gigitan dan cakaran tak cukup Efektif dalam menghilangkan rasa gatalnya. Umumnya kucing yang sedang menggaruk tubuhnya dengan berguling akan berguling bolak-balik lebih dari dua atau tiga kali.

 

3. Kucing Ingin Bermain Bersama Dengan Kamu

Kucing jantan berguling-guling di lantai juga bisa merupakan pertanda bahwa kucing sedang ingin mengajak kamu bermain dengannya. Biasanya untuk mengajak seseorang bermain kucing akan lari menuju kaki orang tersebut.

Selanjutnya kucing akan secara mendadak menjatuhkan badannya di atas punggung kaki kemudian berguling guling di lantai atau permukaan tanah sambil menangkap kaki kita dengan tangannya. Terkadang juga kucing akan menendang-nendang kaki kita dengan kakinya.

Gerakan ini umumnya lebih sering di lakukan kucing muda atau remaja. Sementara untuk kucing berusia tua, mereka jarang melakukannya sebab kucing berusia tua sangat jarang berminat bermain dengan orang di sekitarnya.

 

4. Kucing Sedang Dalam Masa Birahi

Masa birahi juga bisa mempengaruhi kucing jantan untuk sering melakukan gerakan guling-gulingan secara bolak balik di lantai. Mereka bisa melakukan ini saat sendirian namun lebih cenderung melakukan ini di depan calon pasangannya.

Tujuannya sama dengan saat kucing betina melakukan hal ini yaitu kucing jantan ingin menarik perhatian kucing betina agar si kucing mau menjadi pasangannya sekaligus mau berhubungan dengannya.

 

5. Kucing Sedang Senang

Apakah kucing kamu tidak sedang birahi saat melakukan hal ini dan tubuhnya sedang dalam keadaan bersih? Jika iya maka kucing jantan berguling bolak balik hanyalah bentuk gerakan yang menunjukkan bahwa kucing sedang senang.

 

6. Kucing Menandai Wilayahnya

Seperti yang kita tahu bahwa kucing adalah hewan yang teritorial, mereka senang menguasai sebuah tempat atau wilayah tertentu. Penguasaan wilayah sering di lakukan oleh kucing jantan dewasa yang kuat dan pemberani.

Untuk menandai bahwa tempat atau wilayah tertentu adalah miliknya biasanya kucing akan menandai wilayah ini dengan cara tertentu. Penandaan wilayah biasa kucing lakukan dengan cara mengencingi dinding atau tanah di sekitar wilayah, meninggalkan bau tubuhnya di tanah dengan cara buang air di sana atau berguling di tanah.

 

Itulah dia beberapa alasan kucing jantan senang guling-gulingan di tanah atau lantai. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url