Kenapa Kucing Tiba-Tiba Agresif ? Ini Jawabnya !

Kucing adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Selain itu hewan yang satu ini juga ramah terhadap manusia. Karena itulah kucing sangat senang berada dekat dengan manusia dan berinteraksi dengan mereka.

 

Kenapa Kucing Tiba-Tiba Agresif

 

Terutama ketika mereka berada dekat dengan mereka yang ia sangat kenal dan sayangi maka bukanlah mengejutkan jikalau kucing akan menempel dan manja terhadap mereka. Meskipun kucing adalah hewan yang ramah terkadang kucing dapat berubah menjadi sangat agresif.

Sewaktu kucing agresif maka kucing tak akan segan mencakar ataupun menggigit tangan kita. Kucing juga tak akan senang di dekati apalagi di sentuh oleh kita. Mereka akan lebih memilih menjauh dan menyendiri.

Saat kucing berubah menjadi Agresif tentunya kita sebagai pemilik akan heran sekaligus penasaran mengapa kucing menjadi agresif secara mendadak. Sebenarnya apa sih yang membuat kucing mengalami perubahan perilaku menjadi agresif ?

Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.


Kenapa Kucing Tiba-Tiba Agresif ?

Perubahan perilaku kucing yang secara tiba-tiba menjadi agresif bukanlah sesuatu yang tak beralasan. Umumnya ini sebabkan oleh beberapa penyebab tertentu. Nah berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa penyebab kucing mendadak menjadi agresif.

Apa saja penyebabnya ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Kucing Agresif Karena Birahi

Loh kok bisa ? Bukannya ini tak ada pengaruhnya sama sekali dengan kucing birahi. Tentu saja bisa, kucing  yang tadi jinak dapat menjadi agresif saat birahi. Ini terjadi di saat kucing yang birahi ini tak menemukan pasangan untuk menyalurkan keinginannya.

Akibatnya kucing menjadi stress. Bukan cuma stress saja kucing juga akan sangat mudah marah, mudah mencakar atau senang menggigit seseorang. Kucing agresif karena birahi sering dialami oleh kucing dewasa yang di kurung di dalam rumah ataupun di dalam kandang.

Kondisi ini cuma terjadi pada kucing yang belum di sterilkan sementara untuk kucing yang telah steril, mereka cenderung tak mengalami hal ini dan tetap bersikap seperti biasanya.


2. Kucing Agresif Karena Sedang Hamil

Apakah kucing peliharaan kamu yang saat ini agresif adalah kucing hamil ? Jika iya maka penyebabnya adalah karena pengaruh kehamilannya. Kucing yang sedang hamil terutama saat ia hamil besar cenderung lebih teritorial.

Ini akan membuat kucing akan mudah marah terhadap kucing manapun yang mendekatinya. Bahkan kucing tak akan segan menghajar kucing yang abai terhadap peringatannya untuk segera menjauh darinya.

Kucing juga akan mudah marah, mencakar ataupun menggigit mereka yang menyentuhnya terutama di bagian vital seperti perut bagian sampingnya ataupun perut pada bagian bawahnya.


3. Kucing Agresif Akibat Stress

Bukan cuma manusia saja yang bisa mengalami stress, kucing juga bisa mengalaminya hanya saja kucing tak bisa mengungkapkannya dengan berbicara. Serupa dengan manusia, saat kucing stress maka kucing akan cenderung mudah emosi dan lebih suka menyendiri.

Kucing juga tak akan segan bertindak agresif jika ia ingin. Biasanya stress pada kucing dapat sembuh dengan sendirinya di saat ia mampu mengatasi penyebab stressnya.


4. Kucing Agresif Pengaruh Dari Pertengkaran Dengan Kucing Lainnya

Saat kucing kamu sedang berkelahi dengan kucing lainnya maka sebaiknya jangan memisahkan mereka dengan tangan kamu, apalagi memegang kucing dengan tanganmu karena akibatnya bisa fatal. Kucing peliharaan kamu bisa mencakar atau menggigit tangan kamu sampai berdarah.

Kucing peliharaan yang agresif dan menyerang manusia karena pengaruh perkelahian di akibatkan oleh kucing dalam keadaan marah dan salah mengira bahwa kamu adalah musuhnya. Ini membuat kucing secara mengejutkan akan langsung menyerang kamu yang berusaha memisahkannya dengan cara memegangnya.


5. Kucing Agresif Akibat Penyakit Yang Ia Derita

Selain dari beberapa penyebab di atas, penyakit juga merupakan salah satu penyebab utama yang paling sering mengubah perilaku kucing menjadi agresif. Namun keagresifan kucing ini hanya berlaku di daerah tertentu yang terdapat penyakit.

Contohnya jika di bagian perut kucing ada penyakit yang membuat terasa sakit ketika di sentuh maka kucing akan bereaksi secara spontan mencakar ataupun menggigit tangan kamu lalu pergi menjauh dari dekatmu.


Itulah dia beberapa alasan atau sebab yang membuat kucing peliharaan tiba-tiba agresif. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang sudah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url