Kenapa Kucing Rewel Di Kandang ? Ini Penyebabnya !

Seperti yang kita tahu bahwa kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak di pelihara di berbagai negara dunia. Ini karena kucing di anggap hewan yang berparas lucu, memiliki tingkah menggemaskan, jinak serta mudah di pelihara.

 

Kenapa Kucing Rewel Di Kandang


Tiap orang memiliki caranya tersendiri dalam memelihara kucing. Ada yang memelihara kucing dengan cara membiarkan kucing hanya berkeliaran bebas di dalam rumah. Ada yang membiarkan kucing bebas keluar masuk rumah.

Ada juga yang memelihara kucing di dalam kandang dan sesekali mengeluarkannya ketika berinteraksi dengan kucing ataupun saat kandang kucing sedang di bersihkan. Terlepas dari bagaimana cara memelihara kucing selama kucing di rawat dengan baik maka ini tak masalah.

Bicara soal memelihara kucing dalam kandang, akan ada saat kita menemukan masalah dengan kucing kita. Salah satu contohnya adalah kucing rewel dalam kandang. Ketika ini terjadi tentulah kita sebagai pemilik akan di buat bingung dan kesusahan.

Sebenarnya apa sih yang membuat kucing seperti ini ? Yuk cari tahu dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kenapa Kucing Rewel Di Kandang ?

Saat kucing rewel dalam kandang pastinya ini akan membuat kita susah dan kebingungan. Melihat kucing yang berperilaku seperti ini sebaiknya kita sebagai pemiliki wajib mencari tahu apa yang membuat kucing menjadi sangat rewel saat di dalam kandang.

Mengetahui penyebab kucing rewel dalam kandang bertujuan untuk mencari tahu sebab pastinya dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi hal. Lalu apa sebab kucing rewel di dalam kandang ? Setahu Anggora berikut ini adalah beberapa sebab utamanya :

1. Kucing Rewel Karena Ia Kelaparan

Penyebab pertama yang sangat sering membuat kucing rewel di dalam kandang adalah kucing kelaparan. Ketika kucing kelaparan dalam kandang, kucing pastinya akan sangat rewel. Tak peduli apapun jenisnya saat mereka lapar mereka tak akan tenang.

Kucing akan bergerak ke sana ke mari, mencakar-cakar kandang,  membuat keributan, tak berhenti mengeong dan melakukan hal lainnya yang mereka inginkan agar bisa memberi tahu kita bahwa mereka sedang lapar.

Untuk memastikan bahwa kucing kamu rewel karena ia ingin makan.  Cobalah untuk memberi kucing makanan dan lihatlah respon si kucing. Jikalau setelah ia di beri makan maka si kucing menjadi kembali tenang, dapat di pastikan bahwa kucing kamu tak anteng karena ia kelaparan.

 

2. Kucing Tak Tenang Karena Kehausan

Selain karena kelaparan, kehausan juga salah satu sebab utama yang membuat kucing menjadi ribut di dalam kandang dan tak mau berdiam diri. Umumnya saat kucing kehausan, kucing akan menunjukkan bahwa ia sedang kehausan dengan cara mengeluarkan lidahnya.

Karena itulah saat kamu melihat kucing seperti ini maka salah satu solusi yang paling tepat adalah dengan memberikan pada kucing air minum. Kamu tak perlu menyuapi kucing minum, biarkan saja ia minum sendiri. Saat kucing sudah minum biasanya kucing akan kembali tenang.

 

2. Kerewelan Kucing Akibat Kandang Kucing Kekecilan

Ketika kita punya rumah yang terlalu sempit maka kita mungkin akan menjadi cerewet dan terkadang suka mengeluh karena merasa tak nyaman. Hal ini juga berlaku pada kucing saat kucing di masukkan ke dalam kandang yang kekecilan dan terlalu sempit.

Kucing yang berada dalam kandang kecil dan sempit akan sangat rewel karena merasa tak nyaman berada di dalamnya. Jika ini di biarkan terlalu lama maka ini dapat membuat kucing yang berada dalam kandang akan mengalami stress.

Oleh sebab itulah saat kandang kekecilan sebaiknya ganti dengan kandang yang lebih besar untuk membuat kucing lebih tenang

 

3. Kucing Rewel Sebab Kandang Kucing Terlalu Panas

Kucing memang adalah hewan yang mampu mengatur suhu tubuhnya namun itu bukan berarti kucing tahan terhadap suhu panas terutama bila suhu udara di sekitarnya sangat amat panas. Kalau suhu terasa panas maka kucing tak akan tenang apalagi bila ia sedang berada dalam kandang.

Karena itulah bila kamu menempatkan kucing di kandang luar rumah maka usahakan untuk selalu tempatkan kandang kucing di tempat yang yang jauh dari panas matahari. Hal serupa juga berlaku untuk kucing yang di tempatkan dalam kandang di dalam rumah.

Pastikan kandang di dalam rumah mendapat cukup paparan cahaya dan pastikan tempat ini tak panas pada waktu-waktu tertentu.

 

4. Kucing Rewel Akibat Kandang Kucing Terlalu Dingin

Selain karena panas, kandang kucing yang terlalu dingin juga dapat membuat kucing rewel namun ini tak separah kucing yang rewel karena kepanasan. Untuk mencegah kucing cerewet dan tak tenang karena hal ini maka pindahkan kucing ke tempat yang jauh lebih hangat.

 

5. Tak Ada Liter Box Dalam Kandang

Apa hubungannya liter box dengan kucing yang rewel ? Tentu saja ada. Kucing yang terbiasa buang air dalam liter box namun tak ada liter box sama sekali dalam kandang akan membuat kucing ribut dengan mengeong-mengeong dengan terus menerus.

Untuk mengatasi ini cukup sediakan litter box dalam kandang dan pastikan litter box rutin di bersihkan setiap harinya untuk menjaga agar kandang kucing tetap bersih dan menghindari kandang kucing menjadi bau.

 

6.Kucing Rewel Sebab Kandangnya Bau Busuk

Kucing memiliki hidung yang lebih tajam bila dibandingkan hidung manusia. Bahkan antara hidung anjing dan kucing, hidung kucing jauh lebih baik berkali-kali lipat dari hidung anjing dalam hal penciuman. Itulah mengapa saat kandangnya bau maka kucing akan merasa tak nyaman.

Agar kucing tak lagi rewel saat ia berada dalam kandangnya maka kamu cukup membersihkan kandang kucing dari segala kotoran yang berada di dalamnya dan lebih baik lagi jika kamu memberikan pengharum yang memiliki aroma yang di sukai kucing ke dalam kandangnya.

 

7. Kucing Rewel Karena Tak Terbiasa Dalam Kandang

Kerewelan kucing juga bisa terjadi akibat kucing tak biasa berada di dalam kandang. Kucing sudah terbiasa hidup bebas di dalam rumah ataupun di luar rumah tanpa pernah terkurung sekalipun dalam kandang. Akibatnya kucing akan terkejut saat kita masukkan ke dalam kandang.

Contohnya adalah sewaktu kita pindah rumah dan hendak membawa kucing pindah dengan kita menggunakan kandang mini maka si kucing akan panik di dalam kandang, merasa ketakutan lalu sering mengeong-ngeong berkali kali dengan jeda tertentu.

Untuk mengatasi hal ini kamu hanya perlu memberikan kucing obat anti mabuk khusus kucing yang memiliki efek penenang dan efek membuat kantuk sehingga dalam perjalanan kucing akan lebih tenang serta lebih sering pergi tidur.

 

8. Kucing Takut Dengan Kucing Lainnya Yang Berada Dalam Kandang

Kucing pun dapat menjadi sangat rewel sebab ia di masukkan ke dalam kandang yang sama dengan kucing lainnnya. Yang mana kucing yang tinggal sekandang dengannya adalah kucing yang ia takuti. Ini akan membuat kucing merasa tak tenang di dalam kandang dan sering berkelahi satu sama lain.

Solusi atas hal ini hanyalah memisahkan kucing dan memasukkannya ke dalam kandang yang berbeda. Ini perlu di lakukan untuk menghindari perkelahian antar kucing sekaligus untuk menghindari stress pada kucing terjadi akibat tekanan dari kucing lainnya.

 

9. Kerewelan Kucing Karena Ia Sedang Birahi

Banyak dari kita yang tahu bahwa birahi atau masa kawin pada kucing dapat mengubah perilaku kucing secara spontan. Saat kucing sedang birahi kucing cenderung tak bisa diam ataupun kucing akan lebih sering mengeong-ngeong berulang ulang kali.

Hal ini sebenarnya dapat di atasi dengan mudah yaitu cukup membiarkan kucing melewati masa birahinya ataupun dengan cara sesegera mungkin melakukan proses penyeterilan pada kucing.

 

Itulah dia beberapa penyebab kucing rewel dalam kandang beserta solusinya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat Anggora yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url