Kucing Guling-Guling Dan Mengeong Apa Penyebabnya ? Ini Penyebabnya !

Mereka yang memelihara kucing banyak mengatakan bahwa kucing adalah hewan yang mempesona sekaligus misterius. Alasannya sih karena kucing memiliki wajah dan bentuk tubuh yang lucu dan juga karena perilakunya yang susah di tebak.

 

Kucing Guling-Guling Dan Mengeong Apa Penyebabnya


Perilaku kucing yang susah di tebak ini tak jarang akan membuat mereka yang berada di sekitarnya terkejut dan gemas atas tingkah lakunya. Salah satu contoh tingkah laku kucing yang sulit di tebak tersebut adalah kucing tiba-tiba berguling-guling lalu mengeong.

Kita yang melihat perilaku kucing yang seperti ini tentunya akan heran juga penasaran mengapa kucing melakukan ini. Sebenarnya apa penyebab utama yang membuat kucing guling-guling dan mengeong ?

Yuk cari tahu jawabannya di sini.


Kucing Guling-Guling Dan Mengeong Apa Penyebabnya ?

Pastinya kita yang memelihara kucing pernah melihat kucing kita berguling-guling di lantai ataupun tanah di sekitar rumah. Bukan cuma berguling saja, kucing juga terkadang melakukan hal ini sambil mengeong-ngeong.

Di mata kita apa yang kucing lakukan ini mungkin tampak menggemaskan namun tahukah kamu bahwa sebenarnya ada alasan ataupun sebab mengapa kucing melakukan gerakan ini. Lalu apa alasan atau penyebabnya ?

Setahu Anggora sendiri ada beberapa penyebab kucing berguling dan mengeong, penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut :

1. Merasakan Gatal Lalu Keenakan

Kebanyakan dari kita pasti tahu bahwa alasan kucing berguling-guling di lantai ataupun tanah adalah karena ia merasa gatal dan melakukan hal ini untuk menggaruk bagian tubuh yang tak terjangkau yang ia rasa gatal.

Bagian tersebut adalah bagaian punggung kucing, kepala bagian atas ataupun kepala bagian belakang, bagian belakang kucing dan lainnya. Kucing yang merasakan gatal biasanya akan berguling di permukaan tanah, lantai, pasir untuk menghilangkan rasa gatal ini.

Umumnya kucing tak akan melakukan hal ini sembari mengeong kecuali jika kucing merasa bahwa gerakan ini tepat sasaran dan membuat ia merasa bahwa tubuhnya menjadi enak.


2. Kucing Merasa Sangat Senang

Gerakan kucing yang berguling kemudian mengeong juga bisa merupakan pertanda bahwa kucing sedang merasa sangat senang. Ekspresi ini biasa kucing tunjukkan di saat ia tengah bermain bersama orang yang ia sayangi contohnya pemiliknya.

Ini juga bisa di tunjukkan oleh kucing kesayangan kita saat mereka asik bermain dengan induknya, saudaranya ataupun kucing lainnya. Oh iya selain dengan pemilik atau sesama kucing, kucing juga bisa melakukan ini saat ia tengah senang bermain dengan buruannya ataupun dengan lingkungan maupun dengan benda-benda yanga ada di sekelilingnya.


3. Kucing Melakukan Hal Ini Karena Perkelahian

Coba deh perhatikan kucing kamu baik-baik. Apakah kamu melihat kucing kamu tengah melakukan ini sewaktu ia menjumpai kucing asing yang ia tak kenal ataupun dengan kucing baru yang kamu adopsi di rumah dan kucing yang ia anggap musuh.

Jika iya maka kucing berguling-guling karena sedang berusaha melindungi dirinya dari mereka yang ia anggap musuhnya sembari mengeong untuk meminta musuh-musuhnyanya untuk segera menjauhinya.

Gerakan ini merupakan gerakan umum yang akan sering kita temui di saat sedang melihat kucing yang berkelahi. 


4. Kucing Sedang Merasa Ketakutan

Selain karena perkelahian, kucing kucing akan berguling dan mengeong-ngeong di saat mereka merasa ketakutan. Saat kucing sangat ketakutan namun ia tak lagi bisa melarikan diri maka kucing akan melakukan gerakan seperti ini.

Kucing akan dalam posisi berguling namun posisi kepalanya akan mengarah ke atas atau menuju arah sesuatu yang ia takuti. Dalam posisi ini mata kucing akan melotot sembari mendesis atau mengeong marah.

Kucing akan perlahan-lahan mundur kemudian ketika kucing merasa bahwa ada kesempatan untuk kabur maka dalam hitungan detik kucing akan lari menjauh dari objek yang ia takuti tersebut.


5. Kucing Dalam Masa Kawin

Apakah kucing jantan kamu saat ini senang mengejar-ngejar kucing betina atau kucing betina kamu sering menarik perhatian kucing jantan ? Jika iya maka kucing kamu saat ini tengah masuk masa kawin.

Saat kucing tengah dalam masa kawin, kucing akan sering melakukan hal-hal tertentu untuk menarik lawan jenisnya. Berguling dan mengeong adalah termasuk salah satu tindakan yang sering kucing jantan atau betina lakukan untuk menarik perhatian calon pasangannya.

Bagaimana cara kita tahu bahwa kucing melakukan ini untuk kawin. Caranya cukup mudah yakni cukup lihat apakah ada kucing lain yang memiliki jenis kelamin yang berlawanan di sekitar kucing kamu saat ia tengah melakukan hal ini.

Jika iya maka bisa di pastikan bahwa si kucing peliharaan kesayangan kamu melakukan ini untuk menarik perhatian pasangannya agar mau kawin dengannya.


Itulah dia beberapa alasan kenapa kucing guling-guling dan mengeong-ngeong di lantai, pasir, tanah ataupun kerikil. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang sudah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url