Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Mengeong Di Malam Hari ? Ini Caranya !

Mengeong merupakan salah satu bentuk komunikasi kucing dengan sesamanya ataupun dengan makhluk lainnya. Mengeong adalah bentuk komunikasi utama yang biasa kucing lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Mengeong Di Malam Hari


Ketika kucing berhenti mengeong maka bisa di katakan ada sesuatu masalah yang mungkin terjadi pada kucing peliharaan. Misalnya kucing mungkin saja sedang menderita penyakit tertentu. Lalu bagaimana dengan kucing yang sering mengeong terutama kucing yang mengeong di malam hari ?

Kucing mengeong di malam hari juga di sebabkan oleh sesuatu hal, lalu apakah yang membuat kucing sangat berisik di malam hari dan bagaimanakah cara kita untuk membuat kucing yang sering mengeong di malam hari agar berhenti mengeong di setiap malam ?

Penasaran ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora ini.

 

Apa Penyebab Kucing Mengeong Di Malam Hari ?

Nah seperti apa yang Anggora katakan di atas bahwa kucing mengeong di malam hari pasti ada sebabnya karena tak mungkin kucing melakukan hal ini karena iseng atau karena mereka kurang kerjaan. 

Ada beberapa penyebab pasti yang umumnya membuat kucing suka mengeong di malam hari, beberapa penyebab tersebut adalah : 

1. Rasa Lapar

Kucing yang merasa lapar di malam hari sering kali melakukan suatu tindakan untuk membuat kita terbangun. Beberapa tindakan tersebut bisa berupa kucing yang memijit-mijit tubuh, mencakar tubuh kita, menginjak tubuh atau muka kita, mengeong-ngeong keras dan lainnya.

Kucing biasanya akan melakukan hal ini terus-menerus sampai kita memberinya makan atau kucing akan berhenti di saat ia merasa di abakan dan kucing merasa kelelahan.

 

2. Kucing Ingin Keluar Rumah

Apakah kucing kamu yang mengeong di malam hari sering kali kamu temukan berada tepat di depan pintu yang menuju luar rumah. Jika iya maka sebab kucing mengeong-ngeong adalah karena si kucing ingin keluar rumah.

Untuk memastikan apakah kucing benar-benar ingin keluar rumah maka cobalah berpura-pura akan membuka pintu rumah. Jika kucing bergegas mendekati pintu rumah atau berdiri di depan pintu rumah maka kucing memang benar-benar ingin keluar rumah di malam hari.

 

3. Kucing Birahi

Saat kucing memasuki masa birahi mereka maka kucing juga akan sering mengeong terutama di malam hari. Tak peduli apakah jenis kelamin si kucing, mau jantan ataupun betina mereka tetap akan mengeong di saat mereka sedang dalam masa kawin ( masa birahi ).

Kebiasaan kucing mengeong dalam masa birahi ini sulit untuk di hentikan bila kucing tak memiliki pasangan. Cara untuk menghentikan ini hanyalah dengan mengawinkan kucing atau dengan cara melakukan sterilisasi pada kucing peliharaan.


4. Kucing Stress

Stress pada kucing juga dapat menjadi pemicu utama perilaku kucing sering mengeong di malam hari. Kucing yang sedang stress biasanya menjadi sering  menjilati dan menggigiti bulu-bulunya ataupun menjadi lebih sering mengeong-ngeong.


5. Perkelahian Sesama Kucing

Perkelahian antar sesama kucing pun dapat menjadi sebab kucing mengeong di malam hari. Perkelahian ini biasanya sering terjadi ketika kita memelihara 2 kucing dewasa yang memiliki jenis kelamin yang sama.

Contohnya memelihara 2 kucing dengan jenis kelamin jantan atau memelihara 2 kucing dengan jenis kelamin betina. Untuk menghindarkan perkelahian kucing saat malam hari maka sebaiknya kucing di pisahkan sebelum tidur dengan cara memasukkannya ke dalam kandang kucing.


Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Mengeong Di Malam Hari ?

Kucing yang mengeong dengan keras di malam hari sewaktu kita tidur tentunya akan mengganggu kita kemudian membuat kita terbangun di malam hari. Ini dapat membuat kita tak nyaman serta membuat kualitas tidur kita menurun.

Agar kucing tak lagi mengeong setiap malam dan kita dapat kembali tidur dengan nyaman setiap harinya maka kita perlu menghentikan kucing mengeong di malam hari. Bagaimana caranya ? Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu coba :

1. Pastikan Kucing Makan Dengan Cukup

Saat waktu makan utama kucing di malam hari pastikan kucing sudah makan dengan porsi yang cukup. Jika di perlukan, kamu boleh memberikan kucing makan sampai kekenyangan. Dengan melakukan ini, kucing tak akan kelaparan di malam hari hingga pagi hari.

Memberikan kucing makan dengan sangat cukup juga dapat membuat kucing menjadi kurang aktif serta menimbulkan rasa ingin tidur yang kuat. Kucing dalam kondisi ini akan menghabiskan waktunya untuk tidur sehingga ia tak akan lagi mengganggu kamu saat tidur dengan meongannya saat ia lapar.

 

2. Matikan Lampu Ruangan Tempat Si Kucing Berada

Kucing sangat sulit membedakan apakah saat ini masih malam ataukah sudah pagi hari sebab karena penerangan lampu di rumah. Karena itulah beberapa kucing akan meminta keluar di malam hari karena ia masih mengira saat ini sudah pagi atau siang hari karena penerangan lampu.

Untuk mengatasi hal ini sekaligus menghentikan kucing mengeong meminta di keluarkan dari rumah maka caranya adalah dengan mematikan lampu di ruangan di tempat saat ini kucing berada. Dengan melakukan ini maka mata kucing tak akan mendapatkan cukup cahaya.

Ini akan membuat kucing kesulitan melihat dan membuat kucing berpikir bahwa ini sudah malam hari sehingga kucing akan memutuskan untuk berdiam ataupun tidur di dalam ruangan tersebut.


3. Kawinkan Atau Sterilkan Kucing

Kalau kamu merasa bahwa alasan kucing kamu sering mengeong di malam hari adalah karena kucing sedang birahi maka satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mensterilkan kucing kamu atau mengawinkannya dengan kucing lainnya.

Setelah di kawinkan atau di sterilkan, kucing yang sedang dalam masa birahi akan tenang serta jarang mengeong di malam hari.


4. Atasi Stress Kucing

Apakah kucing kamu sedang stress, jika iya maka cobalah cari tahu apa sebabnya kemudian atasilah. Dengan mengatasi stress kucing, kucing kamu akan normal seperti biasanya dan tak akan lagi membuat keributan dengan meongannya di malam hari.

Oh iya jika kamu kesulitan mengatasi sterss kucing kamu, cobalah meminta bantuan dari dokter hewan. Dengan senang hati mereka akan membantu kucing kamu.


5. Kandangkan Atau Kurung Kucing Dalam Ruangan

Untuk menghindari keributan yang di buat kucing di malam hari, entah itu karena bermain, memburu mangsanya ataupun karena kucing saling berkelahi satu sama lain maka sebaiknya kandangkan atau kurung kucing di malam hari.

Ini akan membuat kucing lebih tenang sehingga di malam hari mereka tak akan lagi mengeong dan mengganggu kamu.


Itulah dia pembahasan mengenai apa sebab kucing mengeong malam hari dan apa cara mengatasi kucing mengeong di malam hari. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url