Kenapa Kucing Betina Jadi Galak ? Ini Alasannya !

Banyak dari kita yang mengenal kucing sebagai hewan yang menggemaskan sekaligus ramah terhadap manusia. Ini membuat kucing cocok di jadikan hewan peliharaan kesayangan di dalam rumah. Namun ada saat di mana kucing tak bersikap demikian.

 

Kenapa Kucing Betina Jadi Galak


Serupa dengan manusia akan ada saat di mana sifat kucing bakal berubah. Kucing yang tadinya ramah, jinak bahkan manja terhadap kita akan berubah menjadi sangat galak. Umumnya ini sering kali terjadi pada kucing betina.

Namun jangan khawatir akan perubahan sifat kucing ini, karena ini biasanya hanya bersifat sementara. Ketika sumber penyebab perubahan ini di ketahui dan dapat di atasi biasanya sifat kucing kita akan kembali normal seperti biasanya.

Lalu sebenarnya apa yang membuat kucing betina bisa berubah tiba-tiba menjadi galak? Penasaran? Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora yang satu ini.

 

Kenapa Kucing Betina Jadi Galak ?

Seperti yang Anggora barusan katakan di atas bahwa perubahan mendadak kucing menjadi galak umumnya di sebabkan oleh penyebab tertentu. Karena tak mungkin kucing tiba-tiba menjadi galak tanpa suatu penyebab yang tak jelas.

Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri ada beberapa penyebab yang umum membuat sifat kucing menjadi galak. Nah beberapa penyebab tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kucing Betina Galak Karena Faktor Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu penyebab utama yang sering membuat kucing betina menjadi mudah marah dan galak. Perubahan ini mungkin terjadi akibat pengaruh hormonal dan kondisi kucing yang tengah hamil yang membuat kucing menjadi sensitif.

Beberapa kondisi yang membuat kucing menjadi sensitif contohnya adalah sifat overprotective kucing terhadap dirinya sendiri yang besar, mudah letih karena hamil besar, mual akibat pengaruh kehamilan, sifat dominan dalam wilayah ia berada dan lainnya.

Sifat galak kucing betina akibat kehamilan hanya sementara saja. Kucing nantinya akan kembali ramah seperti biasanya ketika kucing selesai membesarkan anak-anaknya hingga berusia 2-3 bulan. Loh bukannya kucing akan kembali ramah saat selesai melahirkan.

Memang benar kucing akan kembali ramah selesai melahirkan namun kucing hanya ramah terhadap manusia saja sementara jika kucing berhadapan dengan kucing lain maka sifat kucing akan tetap galak bahkan kucing tak akan segan berkelahi dengan kucing lainnya tak peduli apapun jenis kelamin kucing itu.

 

2. Kucing Betina Galak Karena Kucing Stress

Tahu tidak bahwa bukan cuma manusia saja yang bisa stress namun kucing pun juga bisa mengalaminya. Saat manusia stress mereka cenderung mudah marah, hal serupa pun juga berlaku pada kucing. Mereka akan mudah marah saat mereka sedang stress.

Sewaktu kucing betina stress, kucing akan sangat galak terhadap kucing dan manusia. Mereka tak akan senang di ganggu dan lebih suka menyendiri. Jika kita bersikeras mengganggu mereka kucing tak jarang akan bersikap agresif.

Mereka bisa menggigit maupun mencakar kita yang mereka anggap sangat mengganggu. Serupa dengan perubahan sifat pada kucing betina yang hamil karena hormon atau pengaruh kehamilannya, sifat galak pada kucing betina stress pun bersifat sementara.

Di saat kucing sudah tak lagi stress biasanya kucing akan kembali ramah dan bersikap normal seperti biasanya. Oh iya banyak hal yang dapat menjadi penyebab stress kucing. Beberapa contohnya antara lain :

  • Kucing selalu di kurung dalam kandang

  • Kucing tak di perbolehkan kawin

  • Stress pada kelahiran kucing

  • Luka pada bagian tertentu di tubuh kucing

  • Dan lainnya

 

 

3. Kucing Betina Galak Karena Trauma Masa Lalu

Trauma masa lalu dapat menjadi salah satu alasan yang menyebabkan kucing betina menjadi galak. Kucing akan menjadi galak sewaktu ada suatu tindakan dari kita atau sesuatu hal di dekatnya yang memicu trauma masa lalunya.

Ini membuat kucing akan menjadi sangat waspada. Sewaktu trauma kucing terpicu kewaspadaan kucing meningkat tajam, membuat ia akan menatap dengan tatapan tajam, melakukan postur siaga dan bersiap mempertahankan dirinya.

Saat kucing dalam posisi ini jika mereka merasa terancam maka tak jarang mereka akan menggeram dan menyerang. Namun kucing trauma akan melakukan ini hanya di saat mereka benar-benar terpojok sebab kebanyakan dari mereka akan memilih kabur saat di hadapkan dengan sesuatu yang membuat mereka trauma.

 

4. Kucing Galak Karena Merasa Tak Mengenali Kamu

Apakah kucing betina kamu susah di dekati dan menjadi galak sewaktu ia berada di luar rumah namun saat ia kembali ke dalam rumah, si kucing malah bersikap manis manja dengan kamu. Jika iya maka ini karena kucing merasa tak mengenali kamu sewaktu di luar rumah.

Ini merupakan hal yang biasa terjadi pada kucing. Penyebabnya sederhana sih karena kucing sulit mengenali manusia dengan baik menggunakan matanya, mereka bisa mengenali manusia dengan baik hanya dengan aroma tubuh dan juga pita suara kita serta nama yang kita beri padanya.

Di tambah lagi dengan sifat waspada kucing saat berada di luar rumah, mereka akan menjadi sangat waspada, galak dan akan cenderung lari setiap kali mereka berhadapan dengan orang asing yang kucing rasa tak ia kenal.

 

5. Kucing Betina Galak Karena Anaknya Masih Kecil

Kegalakan kucing betina juga terjadi karena anaknya masih kecil. Sewaktu anak kucing masih sangat kecil yaitu di bawah usia 1 bulanan, kucing betina yang menjadi indukan akan sangat overprotective terhadap anak-anaknya yang membuat ia menjadi galak.

Kucing akan menjadi mudah marah dan suka menyerang kucing lainnya yang ia rasa bisa membahayakan anak-anaknya. Kucing tak akan pandang bulu terhadap kucing berjenis kelamin apapun, selama ia ingin menyerang ia akan menyerangnya.

Tapi galaknya kucing betina ini hanya berlaku untuk sesama kucing saja. Terhadap manusia, induk kucing akan bersifat baik seperti biasanya.

 

6. Kucing Betina Kamu Galak Karena Sedang Sakit

Penyakit dapat mempengaruhi emosi seseorang dan juga hewan seperti kucing. Sewaktu kucing menderita penyakit tertentu kucing bisa menjadi pendiam ataupun sangat galak. Contohnya ketika kaki kucing sakit maka saat kita sengaja ataupun tak sengaja menyentuh kakinya, si kucing akan mendesis marah pada kita.

Untuk mengatasi hal ini, mengobati kucing sampai benar-benar sembuh adalah solusi satu-satunya jika kamu ingin kucing kamu kembali ramah, manja dan bersikap baik seperti sebelumnya.

 

Itulah dia beberapa penyebab ataupun alasan utama mengapa kucing betina menjadi galak. Semoga apa yang Anggora tuliskan di atas dapat bermanfaat buat sobat Anggora.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url