Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Murung ? Ini Caranya !

Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa kucing hanyalah hewan biasa yang tak memiliki emosi tertentu. Faktanya tak demikian. Sama seperti manusia kucing juga dapat merasakan yang namanya perasaan sedih atau murung.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Murung

 

Saat kucing murung, perilaku kucing akan mengalami perubahan sebagaimana manusia yang sedang murung. Contohnya kucing akan lebih banyak diam, tampak tak bersemangat, kucing lebih banyak tidur, kucing tak mau makan dan sebagainya.

Melihat hal ini sebaiknya sebagai pemilik tak membiarkankan kucing terus dalam kondisinya saat ini. Kita perlu bertindak dan melakukan beberapa hal untuk mengatasi kemurungan pada kucing agar ia kembali ceria.

Lalu bagaimana cara membuat kucing supaya tak lagi murung ? Ketahui bagaimana caranya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Murung ? Ini Caranya !

Saat kucing kamu murung ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk kucing kamu. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi perasaan murungnya sekaligus untuk membuat si kucing kembali ceria.

Apa saja itu ? Berikut ini beberapa caranya :

1. Pastikan Bahwa Kucing Memang Murung Dengan Mengamati Perubahan Perilakunya

Pertama amatilah kucing kamu dan pastikan bahwa si kucing kesayangan memang sedang murung. Kucing murung bisa di tandai dengan adanya sejumlah perubahan perilaku dan penurunan semangat yang terjadi pada kucing peliharaan.

Selain perubahan perilaku dan penurunan semangat, ada pertanda lainnya dari kucing yang murung yaitu kucing menjadi malas makan, sering menjilati tubuhnya dan selalu berusaha menjauh dari orang-orang yang berada di sekitarnya.

 

2. Cari Tahu Apakah Kucing Yang Murung Sedang Sakit Atau Tidak

Langkah selanjutnya yang penting untuk kamu lakukan adalah mencari tahu apakah kucing peliharaan kamu yang murung tersebut sedang sakit atau tidak. Penting untuk melakukan hal ini untuk mengatasi masalah kucing yang satu ini.

Sebab seberapa baik pun usaha kamu untuk mengatasi masalah kucing kamu namun jika ternyata kucing sedang sakit maka semua hal yang kamu lakukan tentulah akan berakhir dengan usaha yang sia-sia tanpa membuahkan hasil apapun.

Kamu bisa mengetahui apakah kucing sedang sakit atau tidak dengan melihat ciri-ciri yang di tunjukkan oleh kucing. Contohnya saat kucing tak mau makan dan kebanyakan minum serta kucing tampak lemas, kucing dengan ciri ini dapat di pastikan sedang mengalami masalah kesehatan tertentu.

Untuk mengatasi kucing murung karena menderita penyakit tertentu maka solusinya adalah dengan mengobati kucing dari penyakitnya. Saat kucing sudah sembuh biasanya kucing akan kembali riang seperti biasanya.

 

3. Ciptakan Lingkungan Yang Nyaman Bagi Kucing

Lingkungan juga dapat berpengaruh pada mood kucing. Karena itulah di saat kucing kamu sedang murung maka cobalah sebisa mungkin untuk memberikan kucing lingkungan yang nyaman baginya untuk berdiam diri di dalamnya.

Ruangan seperti ruangan yang tak terlalu berisik, tidak panas, bersih, tak ada manusia pengganggu maupun kucing pengganggu adalah beberapa contoh ruangan yang bagi kucing nyaman untuk di tempati saat ia sedang murung.

 

4. Selalu Berinteraksi Dengan Kucing Kamu Setiap Harinya

Sebisa mungkin usahakan untuk berinteraksi dengan kucing kamu setiap harinya meskipun kamu sedang sibuk. Tak perlu berinteraksi terlalu lama cukup 5 menitan saja di kala kamu tak punya waktu luang. Meskipun sederhana tindakan ini sangat berarti bagi kucing.

Dengan melakukan ini kucing tak akan merasa kesepian, merasa bahwa ia berharga dan merasa ia di cintai atau di sayangi sehingga bisa mencegah kucing murung serta mampu mengatasi rasa murungnya.

 

5. Adopsi Kucing Lainnya

Terkadang meskipun kita sudah banyak berinteraksi serta sering memberikan banyak perhatian pada kucing kesayangan kita tetap saja kucing akan merasa kesepian bila ia di tinggal sendirian dalam rumah ketika kita berada di luar rumah untuk bekerja.

Kesepian yang kucing rasakan ini bisa membuat ia murung. Untuk mengatasi masalah ini biasanya bisa di lakukan dengan memberikan kucing teman di rumah. Sebagai teman kucing, kamu bisa mengadopsi kucing lain sebagai peliharaan di rumah.

 

6. Murung Pada Kucing Juga Bisa Di Karenakan Kucing Stress

Tahu tidak bahwa kucing murung juga bisa di sebabkan stress yang di alami kucing. Stress pada kucing dapat terjadi karena beberapa penyebab tertentu seperti kucing merasakan sakit pada bagian tertentu, kucing tak boleh kawin, kucing di kurung terlalu lama di kandang dan sejenisnya.

Supaya kucing kembali aktif dan bersikap normal, cobalah menghilangkan stress pada kucing. Jika kamu mengetahui sebabnya biasanya kamu bisa mengatasi stress pada kucing secara mandiri di rumah.

Apabila kamu tak mampu mengatasi stress pada kucing di sarankan untuk meminta bantuan dokter hewan.

 

Kucing Murung Tidak Mau Makan Apa Solusinya ?

Bagaimana kalau kucing kita yang murung dan tak mau makan ? Apakah ada cara mengatasi kucing murung dan tidak mau makan? Tentu saja ada namun ini tak bisa di lakukan secara mendiri di rumah sebab biasanya ini erat kaitannya dengan gangguan kesehatan tertentu.

Untuk mengatasi hal ini, hanya dapat di lakukan dengan bantuan pengobatan dari dokter hewan. Cara ini cukup efektif di bandingkan berusaha mengobati kucing sendiri di rumah yang mana kemungkinan sembuh kucing cukup rendah karena kurangnya wawasan serta resiko kematian kucing yang cukup tinggi.

 

Itulah dia beberapa cara untuk mengatasi kucing yang sedang murung. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url