Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Agar Rambutnya Tetap Indah ?

Salah satu dari sekian banyaknya kucing yang terkenal di dunia adalah kucing Persia. Kucing ini memiliki ciri khasnya sendiri yaitu hidung kucing lebih pendek dari kucing lainnya atau bisa di bilang kucing memiliki hidung yang agak pesek.

 

Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Agar Rambutnya Tetap Indah


Kucing juga memiliki wajah yang terbilang berbentuk bulat. Bukan cuma itu saja kucing yang satu ini pun juga memiliki bulu panjang, lebat dan indah. Oh iya bicara soal bulu kucing Persia yang indah, ini tak bisa di dapatkan begitu saja secara cuma-cuma tanpa adanya treatment khusus.

Itulah mengapa setelah bulu kucing menjadi cantik dan indah maka di perlukan juga perawatan tertentu untuk menjaga penampilan kucing saat ini. Sebab jika tidak, bulu atau rambut kucing Persia akan menjadi tipis, mudah rontok, berukuran pendek.

Yang mana ini tentu saja membuat kucing kehilangan keindahannya dan membuat si kucing Persia tampak tak menarik lagi. Lalu bagaimana cara merawat bulu atau rambut kucing Persia agar tetap indah ? Yuk cari tahu caranya di sini.

 

Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia Agar Rambutnya Tetap Indah ?

Setelah kita bersusah payah untuk menjadikan bulu atau rambut kucing Persia kesayangan kita menjadi indah, tentunya kita harus merawat rambut indahnya setelahnya. Ini agar rambut tetap indah dan tak kembali lagi seperti sebelumnya.

Perawatan yang di lakukan untuk menjaga keindahan rambut kucing sebenarnya mudah di lakukan. Kamu cukup melakukan beberapa cara berikut ini :

1. Berikan Kucing Persia Makanan Yang Menyehatkan

Bukan hanya di perlukan oleh kucing untuk bertahan hidup tetapi makanan juga di perlukan oleh kucing untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan bulu-bulunya. Namun untuk mendapatkan kedua manfaat tersebut, makanan kucing mestilah makanan yang menyehatkan.

Makanan yang di maksud menyehatkan di sini adalah makanan yang tak cuma bisa menghilangkan rasa lapar, mengenyangkan kucing namun juga harus memiliki kandungan gizi yang di butuhkan oleh tubuh kucing serta memiliki manfaat yang baik.

Seperti makanan yang mengandung protein, vitamin E, omega 3 dan omega 6 sangat baik untuk kesehatan, perkembangan dan penjagaan keindahan rambut kucing. Agar kucing Persia memiliki rambut yang indah maka makanan yang menyehatkan sangat di sarankan untuk di berikan ke kucing.

 

2. Rajin Menyisir Bulu Kucing Persia Kamu

Meskipun sepele namun menyisir bulu kucing secara rutin setiap harinya mampu membuat keindahan bulu kucing Persia tetap terjaga. Ini juga dapat menyingkirkan bulu kucing yang telah rontok, merapikan bulunya sekaligus membuat penampilan kucing semakin menarik.

Selain beberapa manfaat di atas, menyisir bulu kucing dengan rutin setiap harinya akan menghindarkan kucing Persia kamu mengalami yang namanya masalah hairball. Masalah hairball ini umum terjadi pada kucing yang memiliki bulu panjang tak terawat.

Sewaktu kucing mengalami hair ball, kebanyakan kucing akan mengalami masalah pencernaan, muntah bulu dan yang terparah adalah kerusakan organ dalam atau bahkan kucing dapat mengalami kematian.

 

3. Rajin Memandikan Kucing Persia

Selain rutin menyisir bulu-bulu kucing, kamu juga wajib memandikan kucing Persia peliharaan untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing. Ini penting kita lakukan dalam upaya merawat rambut kucing agar tetap bersih, sehat dan juga menjaganya tetap indah.

Memandikan kucing tak perlu di lakukan setiap harinya sebab ini tak baik untuk kucing itu sendiri. Cukup memandikan kucing 1 kali seminggu atau 2 kali seminggu. Pada saat memandikan kucing selalu gunakan produk shampoo atau kondisioner khusus kucing.

Lakukan ini untuk mencegah kulit kucing mengalami iritasi, mencegah kucing keracunan, agar aman saat mengenai mata atau telinga bagian dalam kucing sehingga kucing akan merasa aman serta nyaman saat mereka di mandikan.

Selesai memandikan kucing Persia kesayangan, pastikan untuk mengeringkan tubuh kucing hingga benar-benar kering untuk mencegah bulu kucing kembali kotor, mencegah kucing mengalami iritasi kulit dan mencegah jamuran pada kucing.

 

4. Memberikan Kucing Persia Vitamin

Kamu juga bisa memberikan kucing Persia kamu vitamin sebagai upaya untuk menjaga bulu kucing tetap indah dan sehat. Beberapa vitamin yang mengandung protein tinggi serta vitamin E sangat baik di berikan untuk kucing dan bermanfaat untuk bulu-bulunya.

 

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal Kucing

Menjaga lingkungan kucing Persia tetap bersih juga merupakan bagian dalam perawatan untuk menjaga bulu kucing kesayangan tetap sehat dan indah. Selalu bersihkan lingkungan tempat kucing Persia sering berada (  kandang dan rumah ) dari kotoran seperti debu, pasir, kerikil dan sejenisnya.

Lakukan pembersihan minimal sekali dalam sehari. Oh iya jangan lupa juga untuk selalu membersihkan dan mencuci tempat tidur kucing sewaktu tempat tidurnya di rasa cukup kotor.

 

6. Menjaga Kucing Persia Agar Tak Mengalami Stress

Stress ? Bukannya ini tak ada hubungannya sama sekali dengan kecantikan bulu kucing Persia ? Tentu saja ini jelas berhubungan. Perlu kamu tahu bahwa ketika kucing stres maka mereka akan cenderung melakukan beberapa hal yang menyimpang dan ini bisa merusak bulu kucing.

Perilaku menyimpang yang Anggora maksudkan di sini adalah perilaku kucing yang sering menjilati bulutnya dan menggaruk kulitnya sewaktu kucing mengalami stress. Perilaku kucing ini bisa membuat kulit kucing mengalami luka serta membuat bulu-bulunya rontok pada area tertentu.

Ketika ini terjadi maka kucing akan tampak jelek karena adanya kebotakan di beberapa bagian tertentu tubuh kucing. Itulah mengapa untuk menghindari hal ini terjadi penting bagi kita untuk menjaga kucing Persia kita agar tidak stress.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kucing stress.

 

7. Bawa Kucing Persia Berobat Ke Dokter Hewan

Ketika kucing Persia mengalami masalah dengan kulitnya seperti kucing menderita kutuan, penyakit jamur seperti scabies dan penyakit lainnya yang membuat kulit kucing bermasalah maka sebaiknya segera bawa kucing untuk berobat ke dokter hewan terdekat.

Lakukan ini untuk mempercepat proses kesembuhan kucing Persia dari penyakit kulitnya sekaligus mencegah rambut kucing yang indah mengalami kerontokan yang semakin parah akibat penyakit kulit yang kucing Persia saat ini derita.

 

Itulah dia pembahasan mengenai cara bagaimana merawat bulu atau rambut kucing Persia agar tetap indah. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url