Kenapa Kucing Selalu Menggigit Tangan Kita ? Ini Sebabnya !

Kucing merupakan hewan yang jinak dan juga ramah kepada manusia. Itulah mengapa hewan yang satu ini sangat populer di jadikan hewan peliharaan selain peliharaan seperti anjing dan juga burung. Meskipun kucing ramah dan jinak ada saat di mana kita merasa mereka tak seperti itu.


Kenapa Kucing Selalu Menggigit Tangan Kita


Contohnya sewaktu kucing selalu menggigit tangan kita setiap kali kita berinteraksi dengan mereka. Mereka akan terus menggigit tangan kita meskipun kita telah memerintahkan kucing untuk melepaskannya. Bahkan kucing malah akan menggigit semakin kuat.

Tak jarang ini akan membuat kita merasakan sakit di tangan dan membuat tangan kita terluka. Melihat kucing yang berprilaku seperti ini sebagai pemilik tentunya kita akan bertanya-tanya kenapa kucing menjadi seperti ini.

Apakah ini karena kucing menjadi liar ataukah karena hal lainnya. Sebenarnya apa yang membuat kucing selalu menggigit tangan setiap kali kita memegangnya? Yuk cari tahu jawabannya di sini.

 

Apakah Kucing Yang Selalu Menggigit Tangan Karena Ia Menjadi Liar Kembali ?

Beberapa dari mereka yang kucingnya suka menggigit tangan pemiliknya setiap kucing di dekatnya mungkin akan berpikir bahwa si kucing tak lagi jinak serta tak mengenal lagi pemiliknya. Mereka merasa bahwa si kucing telah kembali menjadi liar.

Apa yang di pikirkan pemilik ini adalah hal yang salah. Kucing selalu menggigit pemilik bukan karena ia kembali menjadi liar dan juga bukan karena ia tak lagi mengenai pemiliknya tapi di karenakan alasan atau penyebab tertentu. Jadi, saat kucing berperilaku seperti ini jangan salah paham dengannya dan berpikir kucing jadi liar.

 

Terus Kenapa Kucing Selalu Menggigit Tangan Kita ?

Kucing sering menggigit tangan bukan karena ia menjadi liar ataupun lupa akan pemiliknya namun di karenakan suatu alasan atau penyebab tertentu. Tentu saja kucing tak akan mau menggigit kita hanya karena ia bosan. Setahu Anggora ada beberapa penyebab dari tindakan kucing ini.

Penyebabnya antara lain :

1. Kucing Hanya Sedang Ingin Bermain

Kucing suka menggigit tangan kamu bukan karena ia benci kamu tetapi kucing cuma ingin mengajak kamu bermain dengannya. Mengajak bermain dengan menggigit tangan pemiliknya adalah hal umum yang biasa para kucing lakukan.

Oh iya tindakan mengajak pemilik kucing bermain dengan menggigit tangan cenderung di lakukan oleh kucing yang berusia muda seperti anak kucing dan kucing remaja. Untuk kucing dewasa sendiri mereka agak jarang melakukannya atau hanya melakukannya sesekali saja.

 

2. Kucing Merasa Geli

Apakah kucing kamu selalu menggigit tanganmu sewaktu kamu mengelus-elus bagian tertentu tubuhnya. Contohnya kucing menggigit tangan kamu saat kamu memegang ekornya atau menyentuh perut bagian bawah kucing.

Jika iya maka penyebab kucing menggigiti kamu tepat di tangan kamu karena ia merasa geli. Kucing yang merasa geli akan cenderung menggigit tangan atau menendang-nendang tangan orang yang menyentuh tubuhnya pada bagian sensitif.

Tindakan ini merupakan pertanda bahwa kucing merasa kegelian sekaligus isyarat untuk meminta kamu berhenti melakukan tindakan tersebut.

 

3. Kucing Stress

Kucing stress seringkali bertindak agresif. Mereka akan menyerang siapapun termasuk pemiliknya jika mereka merasa terganggu atas apa yang mereka lakukan. Untuk tahu apakah kucing yang menggigit kamu sedang stress atau tidak sangat sederhana.

Lihatlah apakah sebelum kucing menggigit, kucing terlebih dahulu mendesis atau mengeong marah pada kamu. Jika iya maka dapat di pastikan kucing yang menggigit tangan kamu sedang dalam keadaan stress. Kamu bisa menghilangkan kebiasaan kucing ini dengan mengatasi stressnya.

 

4. Kucing Melatih Giginya

Selain karena stress, kucing juga melakukan hal ini untuk melatih giginya. Gerakan seperti menggigit tangan, menggigit mangsanya ataupun menggigit benda-benda lainnya merupakan salah satu cara alami kucing dalam melatih giginya.

Dengan sering melakukan ini kucing bisa menjaga agar giginya tetap kuat sekaligus melatih dirinya sendiri untuk bisa mengontrol gigitannya pada mangsanya. Itulah mengapa terkadang gigitan kucing bisa sangat sakit ataupun tak sakit sama sekali.

 

5. Kucing Sedang Kelaparan

Penyebab terakhir kucing selalu menggigit tangan kita adalah karena kucing milikmu mungkin sedang kelaparan. Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri sering kali beberapa kucing akan berperilaku seperti ini. Mereka akan menggosok kepalanya ke tangan kita.

Lalu jika kita terus mengabaikan si kucing peliharaan kesayangan maka si kucing tak jarang akan menggigit tangan kita. Oh iya hal ini hanya terjadi pada beberapa kucing saja. Beberapa kucing lainnya saat kelaparan mungkin hanya akan menggosokkan kepalanya ke tangan kita tanpa melakukan gigitan.

 

Demikianlah tulisan mengenai kenapa kucing selalu menggigit tangan kita. semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url