Bagaimana Cara Membersihkan Mulut Kucing Yang Hitam ? Ini Caranya !

Pastinya kita semua setuju bahwa kucing adalah salah satu jenis hewan yang sangat amat lucu serta menggemaskan. Bukan hanya itu saja kucing juga terkenal dengan perilakunya yang penuh kejutan dan ramah dengan manusia.

 

Cara Membersihkan Mulut Kucing Yang Hitam


Bicara soal kucing,  pastinya hewan yang satu ini tak akan lepas dari yang namanya masalah kesehatan. Salah satu contohnya adalah masalah mulut hitam pada kucing. Ketika ini terjadi pada kucing akan ada beberapa ciri khas yang tampak pada kucing.

Mulut kucing akan berubah hitam, berlendir dan sering kali mulutnyaberbau busuk. Sebenarnya apa yang membuat mulut kucing menjadi seperti ini dan bagaimana cara membersihkan mulut si kucing yang hitam ? Yuk cari tahu dengan membaca tulisan Anggora ini.

 

Apa Yang Membuat Mulut Kucing Hitam ?

Bagi mereka yang baru kali menemukan kucing dengan masalah mulut hitam pastinya akan merasakan keheranan akan hal ini. Kamu tak perlu heran atau bingung akan hal ini sebenarnya ini terjadi karena kucing mengalami masalah tertentu dengan kesehatannya.

Karena masalah kesehatan ini kucing secara alami akan merespon dengan mengeluarkan air liur yang banyak di sekitar mulut bagian luar. Air liur ini lama kelamaan akan menumpuk dan mengental di mulut kucing kemudian berubah menjadi berwarna kehitaman.

Akibatnya bagian mulut yang tertutupi oleh liur kucing ini akan turut menghitam juga karena terlapisi oleh liur yang mengendap dan bertransformasi tersebut. Ada beberapa jenis masalah kesehatan yang umumnya menjadi pemicu akan hal ini.

Beberapa penyebabnya antara lain adalah :

  • Sariawan yang terjadi pada mulut kucing

  • Sakit atau radang gusi pada kucing

  • Radang Tenggorokan

  • Kucing tersedak tulang ataupun diri ikan

  • Masalah pencernaan yang terjadi pada organ bagian dalam pencernaan kucing

  • Kucing keracunan

 

Selain beberapa penyebab di atas ada juga beberapa penyebab lain yang mungkin menjadi penyebab mulut kucing bisa berubah menjadi hitam. Namun penyebab ini tak ada kaitannya sama sekali dengan masalah kesehatan kucing.

Beberapa penyebabnya seperti :

  • Mulut kucing terkena cat

  • Mulut kucing terkena oli

  • Mulut kucing terkena bagian belakang panci

  • Mulut kucing terkena tinta

  • Dan penyebab lainnya yang sejenis

 

Bagaimana Cara Membersihkan Mulut Kucing Yang Hitam ?

Melihat mulut kucing peliharaan yang hitam biasa, hitam dan berbau, sebagai pemilik kita pasti ingin sekali membersihkannya. Kita ingin membersihkan mulut si kucing sampai mulutnya kembali bersih dan normal seperti kondisi sebelumnya.

Untuk membersihkan mulut kucing ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Caranya yaitu :

  • Siapkan air hangat

  • Siapkan kain bersih atau handuk

  • Basahkan  kain atau handuk yang telah kita siapkan tadi dengan air hangat

  • Gosok-gosok mulut kucing menggunakan kain atau handuk yang telah di basahi

  • Bersihkan mulut kucing secara perlahan-lahan dan lakukan gosokan secara lembut

  • Bersihkan mulut kucing sampai mulut kucing di rasa bersih

 

Setelah mulut kucing di rasa bersih, di sarankan untuk mengeringkan mulut kucing yang basah dengan mengelap menggunakan kain kering bersih atau di keringkan memakai hair dryer

 

Mulut Kucing Sudah Di Bersihkan Namun Mulutnya Tetap Saja Kembali Hitam Dan Berlendir, Apa Sebabnya ?

Setelah memakai cara di atas banyak dari kita yang mungkin menyadari bahwa cara di atas hanya sekedar membersihkan mulut kucing namun tak benar- benar bisa membuat mulut kucing tak lagi hitam serta tak mengeluarkan lendir berbau.

Sebenarnya mulut hitam dan berbau ini tak akan benar-benar bisa di singkirkan bila kita tak mengatasi penyebab utamanya yang berkaitan dengan masalah kesehatan. Mulut kucing akan kembali seperti kondisi sebelumnya kalau kita cuma sekedar membersihkannya saja tanpa mengatasi penyebabnya.

Karena itulah saat mulut kucing peliharaan hitam dan berbau sangat di sarankan untuk mencari tahu penyebab utamanya agar bisa 100 persen mengatasi masalah ini. Contohnya seperti kucing bermulut hitam dan mulutnya berliur bau karena ia menderita sariawan.

Nah agar mulut kucing kembali normal lagi maka kamu hanya perlu menyembuhkan sariawan pada kucing. Dengan kesembuhan penyakit sariawan kucing maka seiring berjalannya waktu kondisi mulut kucing akan kembali normal seperti sedia kala.

Perlu di perhatikan bahwa untuk mengatasi penyebab mulut kucing bermasalah, kamu wajib tahu apa penyebab utamanya. Bila kamu tak tahu apa penyebab utama dan kamu memiliki keraguan atas hal ini, kamu bisa meminta bantuan dokter hewan untuk memeriksanya.

Sekaligus minta juga dokter untuk meresepkan obat yang sesuai untuk kucing jika ternyata si kucing sedang dalam keadaan sakit.

 

Itulah dia cara membersihkan mulut kucing yang hitam dan berbau. Dengan cara ini kamu bisa membersihkan mulut kucing kamu serta menyingkirkan bau busuk yang tak enak di cium yang keluar dari mulut kucing yang hitam dan kotor.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url