Kenapa Kucing Mendekati Wajah Kita ? Ini Alasannya !

Saat memelihara kucing, interaksi antara manusia dan pemilik adalah sesuatu hal yang wajib untuk di lakukan. Ini kita lakukan untuk mempererat hubungan emosional ataupun ikatan antara kita dengan kucing peliharaan kita.

 

Kenapa Kucing Mendekati Wajah Kita


Tak hanya itu saja ini juga penting kita lakukan untuk mencegah kucing mengalami stress, mengawasi perubahan perilaku kucing yang terkait dengan kesehatannya serta hal ini juga baik bagi kebahagiaan juga kesehatan kucing.

Interaksi antara pemilik dan kucing sendiri tak hanya bisa di mulai dari pemilik kucing itu sendiri, terkadang interaksi ini juga bisa di mulai dari si kucing. Contohnya adalah sewaktu kucing mendekati wajah kita maka ini juga dapat di katakan sebagai salah satu interaksi antar pemilik dan kucing.

Namun ketika kucing melakukan hal ini, ini tak sekedar interaksi biasa antar kucing dan pemilik saja namun ada penyebab lain yang membuat kucing melakukannya. Lalu apa saja penyebab yang membuat kucing mendekati wajah manusia ? Cari tahu dengan membaca tulisan Anggora ini.


Kenapa Kucing Mendekati Wajah Kita ?

Bila kamu adalah orang yang memelihara kucing maka kamu pastinya tak asing dengan perilaku kucing yang mendekati wajah kita. Kucing terkadang senang melakukan hal ini pada saat-saat tertentu dan saat ini terjadi kita hanya gemas melihatnya dan bertanya-tanya mengapa kucing mendekati wajah kita.

Setahu Anggora ada beberapa penyebab pasti mengapa kucing melakukan hal ini. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Kucing Mendekati Wajah Kita Untuk Memberitahu Bahwa Ia Lapar

 Penyebab pertama yang membuat kucing mendekatkan wajahnya ke wajah kita adalah karena kucing ingin memberi tahu bahwa ia sedang lapar. Kucing biasanya akan sering melakukan ini sewaktu kita dalam posisi duduk atau tiduran.

Untuk memberi tahu bahwa ia sedang lapar, kucing umumnya akan mendekat ke wajah kita lalu mengeong-ngeong. Jika cara ini gagal maka selanjutnya si kucing kesayangan akan menggosok-gosokkan wajahnya ke wajah kita.

Kucing akan terus melakukan hal ini sampai kita memberinya makan atau kucing akan melakukannya sampai ia merasa lelah dan merasa bahwa tindakannya tak kamu pedulikan sama sekali.

 

2. Kucing Mendekati Wajah Kita Untuk Menunjukkan Rasa Sayangnya

Bukan cuma manusia saja yang bisa saling menunjukkan rasa sayang ke satu sama lain namun hewan seperti kucing pun dapat melakukannya. Hanya saja cara kucing menunjukkan rasa sayangnya cukup berbeda dengan apa yang manusia lakukan.

Salah satu caranya yakni dengan cara mendekati wajah kita lalu menggosokan wajahnya berkali kali atau bisa juga kucing mendekat ke wajah kita lalu kucing akan memegang wajah ataupun menjilati wajah kita atau wajah orang yang ia sayangi.

Tindakan kucing untuk menunjukkan rasa sayangnya bisa kucing lakukan karena keinginannya sendiri atau bisa jadi sebagai respon balik dari kita yang sebelumnya mengelus-ngelus dagu, kepala ataupun tubuhnya.

Oh iya ini bisa juga di karenakan hormon tertentu seperti karena kucing sedang dalam masa kehamilan atau masa birahi yang membuat kucing menjadi lebih penyayang ( hal ini hanya berlaku untuk kucing betina ).


3. Mendekat Ke Wajah Kita Untuk Menghibur Kita

Walaupun banyak dari kita yang menganggap bahwa kucing adalah hewan yang cukup cuek dan hanya mau mendekati kita saat ada maunya namun anggapan ini tak sepenuhnya benar. Faktanya kucing adalah hewan yang peduli pada tuannya.

Kucing dapat merasakan perubahan emosi pada pemiliknya terutama di saat sang pemilik sedang bersedih. Saat pemilik sedang bersedih sering kali kucing akan berusaha menghibur pemiliknya dengan berbagai cara.

Seperti kucing akan duduk di pangkuan pemiliknya saat pemiliknya bersedih, kucing akan menggosokkan tubuhnya terus menerus ke pemiliknya, kucing akan berguling-guling di hadapan kita, kucing akan tidur di dekat kita, kucing akan mendekat ke wajah dan menciumnya atau memegangnya dan beberapa tindakan lainnya.

Kejadian kucing menghibur pemilik saat bersedih merupakan hal yang sering terjadi dan banyak pemilik kucing yang membagikan kisah mereka di hibur kucing di sosial media.


4. Mendekat Ke Wajah Karena Kucing Melihat Hal Yang Menarik Di Sana

Beberapa kucing ada yang mendekat ke wajah hanya karena mereka melihat sesuatu yang menarik di wajah kita. Ini membuat kucing penasaran sehingga ia mendekati kita untuk mencari tahu hal ini sekaligus menghilangkan rasa penasarannya.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri beberapa hal yang menarik di wajah kita yang sering membuat kucing mendekat adalah, gerakan alis yang naik turun, hidung yang bergoyang, telinga yang bergerak ke kanan atau kiri, gerakan mulut saat berbicara ke kucing dan yang terakhir adalah rambut yang bergoyang-goyang di kepala kita.

Biasanya saat kucing mendekati wajah dan ingin menghilangkan rasa penasarannya akan sesuatu hal yang menarik perhatiannya tersebut maka kucing akan menangkap apa yang ia pikir menarik di wajah kita.

Contohnya kalau kucing tertarik dengan mulut kita yang bergerak maka kucing akan menangkap mulut dengan tangan mungil miliknya dan tak jarang hal ini akan melukai mulut karena kucing tak sengaja mengeluarkan cakar di tangannya.


5. Kucing Hanya Ingin Duduk Atau Tidur Di Dekat Wajah Kita

Apakah kucing mendekati wajah kamu saat kamu dalam posisi tidur lalu setelahnya kucing hanya duduk ataupun tidur di dekat wajah kita ? Jika iya maka alasan atau penyebab kucing melakukan hal ini cukup sederhana.

Yaitu kucing ya cuma hanya ingin duduk ataupun tidur di dekat wajah kamu saja. Ini karena kucing merasa aman serta nyaman di dekat kamu dan kucing biasanya hanya melakukan ini pada orang-orang yang cukup ia kenal dan sayangi.

 

Itulah dia beberapa alasan mengapa kucing mendekati wajah kita. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url