Apakah Kucing Persia Boleh Makan Ikan Rebus ? Ini Jawabannya !

Kucing persia adalah jenis kucing yang terkenal dengan wajahnya yang imut serta bulunya yang lebat, panjang dan juga indah. Berbeda dengan kucing lainnya, perawatan kucing Persia tergolong lebih spesial di bandingkan kucing biasa.

 

Apakah Kucing Persia Boleh Makan Ikan Rebus

 

Ini karena kucing Persia merupakan kucing ras, sehingga perawatannya tak boleh asal-asalan agar tak mempengaruhi kesehatan juga mempengaruhi penampilan si kucing kesayangan. Saat merawat kucing Persia banyak hal yang perlu perhatian khusus kita.

Salah satunya adalah makanan kucing. Makanan kucing Persia haruslah makanan yang sehat dan bernutrisi agar tubuh kucing bisa berkembang dengan baik serta sehat. Oh iya bicara soal makanan kucing pastinya kita tahu bahwa kucing Persia suka sekali makan ikan.

Terutama jenis ikan yang di masak dengan cara di rebus, kucing tak akan bisa menolak jika kita berikan ini padanya. Namun apakah makanan ini boleh di berikan ke kucing Persia, apakah ikan rebus aman untuk kucing Persia kesayangan kita? Yuk cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggota ini.

 

Apakah Kucing Persia Boleh Makan Ikan Rebus?

Ikan merupakan makanan yang umum kita makan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ikan untuk kita makan biasanya akan di sajikan dalam keadaan di goreng maupun di rebus dengan berbagai bumbu tambahan yang menambah kenikmatannya.

Bagi manusia ikan rebus merupakan makanan yang menyehatkan dan mengenyangkan namun bagaimana dengan kucing Persia. Apakah ikan boleh di makan oleh kucing Persia terutama ikan yang di masak dengan cara di rebus ?

Jawabannya adalah iya, ikan rebus boleh di berikan pada kucing Persia sebagai makanan dengan catatan :

1. Ikan Di Rebus Matang

Sebelum memberikan kucing ikan, pastikan ikan di rebus dengan matang. Ini perlu kita lakukan untuk membersihkan bakteri sekaligus membuat parasit berbahaya dalam daging ikan mati sehingga nantinya ikan aman untuk di makan kucing.

Jangan memberikan ikan rebus dalam keadaan setengah matang sebab ini bisa membuat kesehatan kucing terganggu karena dapat menyebabkan penyakit cacingan, masalah pencernaan dan beberapa jenis penyakit lainnya.

 

2. Ikan Rebus Tak Di Beri Bumbu

Kamu boleh memberikan kucing Persia ikan rebus selama ikan ini tak di beri bumbu tambahan lainnya seperti cabe, bawang merah, bawang putih dan bumbu-bumbu tambahan lainnya. Selama ikan rebus tak berbumbu maka ini aman untuk di makan kucing Persia kita.

Kenapa tak boleh memberikan ikan rebus yang di bumbui ke kucing Persia peliharaan kita ? Alasannya sederhana, karena bumbu yang aman bagi manusia bisa sangat beracun bagi kucing serta bisa membuat kucing mengalami masalah pencernaan.

Contohnya seperti bawang merah dan bawang putih yang kandungan zat kimia ( sulfoksida dan disulfida ) di dalamnya dapat menghancurkan sel darah merah kucing sehingga membuat kucing mengalami Anemia. Sementara cabe bisa membuat kucing menderita diare.

 

3. Ikan Yang Di Rebus Bukanlah Ikan Yang Busuk

Pastikan bahwa ikan yang kamu rebus dan berikan pada kucing adalah ikan yang masih segar dan tidak dalam keadaan busuk. Selama ikan dalam keadaan baik maka tak masalah memberikan sebagai makanan untuk kucing kamu.

 

4. Ikan Yang Di Rebus Adalah Bagian Yang Aman Di Konsumsi Oleh Kucing

Sebelum merebus ikan pastikan untuk membuang bagian yang berbahaya untuk di makan oleh kucing. Seperti tulang ikan, duri ikan, kotoran ikan, empedu ikan dan juga usus ikan. Pisahkan bagian ini lalu buang ke tempat yang tak dapat di jangkau oleh kucing.

Kenapa bagian ini perlu di buang ? Ini karena meskipun di rebus bagian ini tetap saja dapat membahayakan kucing yang memakannya. Seperti duri atau tulang yang dapat membuat kucing tersedak, menciderai leher dan juga organ pencernaan kucing.

Sementara empedu ikan dapat membuat kucing keracunan dan muntah-muntah bila ia memakannya dan usus ikan mengandung parasit yang bisa mengganggu kesehatan kucing. Selama bagian yang berbahaya di buang, maka kucing Persia akan aman memakan ikan rebus yang kita beri padanya.

 

5. Ikan Rebus Tak Di Jadikan Makanan Utama

Kucing boleh di beri makan ikan rebus namun sebaiknya jangan menjadikan makanan ini sebagai makanan utama kucing Persia kita. Kenapa ? Karena kandungan nutrisinya tidak cukup komplit bila di bandingkan dengan makanan khusus kucing.

Cukup jadikan ikan rebus sebagai makanan yang di berikan sesekali pada kucing Persia kesayangan kita atau bisa di jadikan makanan cemilan pada waktu tertentu untuk menyenangkan hati si kucing peliharaan.


Nah dengan beberapa catatan di atas maka bisa di pastikan bahwa pemberian ikan rebus ke kucing boleh di lakukan. Pemberian ini pun tak akan membuat kesehatan kucing bermasalah sehingga kamu bisa merasa aman sekaligus tenang saat kamu memberikannya ke kucing kamu.

Itulah pembahasan mengenai apakah Persia boleh makan ikan rebus atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora  yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url