Apa Penyebab Bulu Kucing Persia Rontok ? Ini Dia Penyebabnya !

Kucing Persia adalah kucing ras yang sering di jadikan hewan peliharaan di rumah. Hewan yang satu ini memiliki wajah yang menggemaskan dan juga berbulu indah. Berbeda dengan kucing kampung, kucing Persia memiliki perawatan yang khusus.

 

Apa Penyebab Bulu Kucing Persia Rontok


Mulai dari makananan, minuman, perawatan bulu dan sejenisnya tak boleh diberikan ataupun di lakukan sembarangan sebab ini dapat mempengaruhi kesehatan kucing dan juga mempengaruhi tubuh juga bulu-bulu indahnya.

Contohnya jika kita asal melakukan perawatan pada kucing Persia kesayangan kita maka ini dapat membuat bulu kucing rontok. Oh ya bicara soal bulu kucing yang rontok selain perawatan yang asal di lakukan ada beberapa penyebab lainnya yang membuat bulu kucing rontok.

Lalu apa saja penyebab lainnya ? Yuk cari tahu jawabannya di sini.

 

Apa Penyebab Bulu Kucing Persia Rontok ?

Ada banyak hal yang mungkin menjadi penyebab rontoknya bulu kucing Persia. Berdasarkan sepengetahuan Anggora beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Rontoknya Bulu Kucing Persia Karena Asal Memberi Makanan

Ingat-ingat dulu deh apakah kamu pernah sembarangan memberi kucing Persia kamu makanan. Entah itu makanan untuk di jadikan cemilan ataupun makanan yang di berikan sebagai makanan utama untuk kucing peliharaan kamu.

Jika iya maka mungkin inilah penyebab yang membuat kucing kamu bulu-bulunya menjadi rontok. Kerontokan mungkin akan terjadi bukan saat kamu memberi kucing kamu makanan tetapi beberapa hari ataupun beberapa minggu setelah pemberian makanan ke kucing.

Karena itulah saat memberi kucing makanan sebaiknya jangan memberikan kucing sembarangan makanan. Berikan makanan yang benar-benar sehat demi menghindari kerontokan pada bulu kucing Persia.

 

2. Kerontokan Akibat Jarang Memandikan Kucing

Kerontokan pada bulu kucing juga dapat terjadi karena kita jarang memandikan kucing. Akibatnya bulu kucing menjadi tak terawat dan mudah rontok. Bukan cuma itu saja kerontokan juga dapat terjadi akibat kucing mencakar kulitnya karena banyaknya kutu atau jamur di sana akibat jarang memandikan kucing.

 

3. Kerontokan Bulu Persia Akibat Penyakit Kulit

Penyakit kulit pada kucing juga menjadi salah satu penyebab utama yang membuat bulu kucing Persia mengalami kerontokan. Penyakit seperti kulit jamuran, scabies dan sejenisnya sering menjadi penyebab utama kerontokan pada kucing Persia.

Untuk menghindari hal ini terjadi pada kucing, kamu mesti rajin merawat kucing dengan cara rutin memandikan kucing, memperhatikan makanan yang di berikan ke kucing, menjaga kebersihan kandang ataupun lingkungan sekitar tempat kucing tinggal.

 

4. Kerontokan Akibat Makanan Yang Tak Cocok

Dalam beberapa kasus, pemilik kucing sering menemukan bahwa kucing Persia mereka mengalami kerontokan bulu akibat makanan instan khusus kucing yang tak cocok dengan kucing Persia. Akibatnya bulu kucing Persia menjadi rontok.

Hal ini sering kali terjadi akibat pemilik yang sering menggonta-ganti makanan kering kucing. Kucing yang makanannya sering di ganti, entah itu karena tak cocoknya makanan dengan kucing, makanan ini membuat kucing diare serta banyak kucing mengalami bulu rontok.

 

5. Stress Pada Kucing

Bukan cuma akibat makanan saja, stress pada kucing juga dapat menjadi sebab rontoknya bulu kucing Persia kamu. Ini karena kucing yang stress cenderung akan banyak menghabiskan waktunya untuk menjilati bulu-bulu.

Yang mana ini akan berakhir dengan rontoknya bulu kucing di area sekitar kucing Persia sering menjilati tubuhnya. Stress pada kucing dapat terjadi akibat beberapa hal seperti :

  • Luka dalam

  • Kucing selalu di kurung dalam kandang

  • Kucing tak bisa kawin

  • Trauma masa lalu

  • Dan sejenisnya


Biasanya stress pada kucing Persia dapat sembuh dengan sendirinya jika kucing bisa mengatasi sendiri penyebab stressnya. Namun ini bukan berarti kita membiarkan kucing begitu saja, sangat di sarankan untuk ikut campur dalam hal ini untuk membantu kucing agar lebih cepat sembuh dari stressnya.

 

6. Efek Samping Obat

Selain beberapa penyebab di atas, ada satu lagi penyebab kerontokan pada bulu kucing Persia yaitu efek samping obat. Obat tertentu yang kucing minum di saat ia sakit mungkin bisa memiliki efek samping ini.

Ini bukannya karena obatnya buruk hanya saja tingkat kecocokan obat dengan tubuh kucing kurang baik atau obat ini memang memiliki efek samping tersebut akibat dosisnya yang tinggi yang mesti di berikan ke kucing.

Sejujurnya obat ini hanya memiliki efek samping ini saja namun untuk proses penyembuhan obat bekerja dengan baik. Hanya saja jikalau kamu ragu akan hal ini sebaiknya konsultasikan ini ke dokter hewan terdekat di kota kamu.

Ia nantinya akan memeriksa apakah obat aman dan apakah obat perlu di ganti dengan obat lainnya. Oh iya perlu kamu tahu juga bahwa kerontokan ini hanya bersifat sementara saja selama obat ini di konsumsi.

Setelah pengkonsumsian obat di hentikan, kerontokan akan berhenti serta bulu kucing akan mulai tumbuh kembali dengan sendirinya.


Itulah dia beberapa penyebab kerontokan pada bulu kucing Persia. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url