Kenapa Kucing Loncat Loncat Sendiri ? Ternyata Ini Jawabnya !

Banyak dari kita yang mungkin memelihara kucing di rumah sebagai hewan peliharaan. Kamu mungkin adalah salah satu di antara mereka. Bagi mereka yang memelihara kucing, perilaku kucing yang menggemaskan sering kali membuat kita merasa senang.


Kenapa Kucing Loncat Loncat Sendiri

 

Namun terkadang perilaku ini juga membuat kita merasa keheranan dan ingin tahu apa sebenarnya maksud di balik tindakan kucing ini. Nah salah satu dari banyaknya perilaku kucing yang membuat kita keheranan adalah kucing yang terkadang suka loncat-loncat sendiri.

Ini membuat kita ingin tahu alasan kenapa kucing tak jarang melakukan hal ini. Sebenarnya mengapa kucing loncat-loncat sendiri ? Yuk cari tahu apa alasannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kenapa Kucing Loncat Loncat Sendiri ?

Bagi yang memelihara kucing maka pastinya akan sesekali melihat kucing meloncat-loncat sendirian saat tengah berada dalam rumah. Perlu kamu tahu bahwa perilaku kucing yang satu ini juga serupa dengan yang lainnya yaitu tindakan kucing ini memiliki alasan atau tujuan tersendiri.

Oh iya tindakan kucing ini juga tak ada kaitannya dengan masalah kesehatan pada kucing dan ini normal terjadi pada kucing jenis apapun. Jadi, ketika kucing kamu seperti ini maka kamu tak perlu khawatir lagi.

Pada saat kucing melakukan hal ini, setahu Anggora ada beberapa alasan atau tujuan kucing melakukannya. Beberapa alasan kenapa kucing melakukannya antara lain :

1. Kucing Loncat Loncat Karena Kucing Sedang Bermain

Alasan pertama yang membuat kucing loncat-loncat sendirian adalah karena kucing sedang bermain. Kucing bisa melakukan hal ini karena tengah bermain dengan kucing lainnya yang berada dalam rumah.

Beberapa kucing juga melakukan hal ini sendirian. Mereka melakukan loncatan di saat mereka tengah sibuk bermain dengan tali, bola kecil, karpet, kertas, plastik, tirai, sendal atau sepatu dan beberapa benda lainnya.

Saat kucing tengah bermain dengan kucing lainnya ataupun dengan benda-benda, kucing tak jarang akan melakukan gerakan lompatan kecil ataupun lompatan jauh.


2. Kucing Loncat Loncat Karena Kucing Sedang Menunjukkan Emosinya

Kucing tak bisa berbicara bahasa manusia namun kita dapat memahami perasaan kucing dengan melihat perilaku kucing, salah satunya adalah loncatan kucing. Loncatan kucing bisa di anggap sebagai cara kucing menunjukkan emosinya atau perasaannya kepada kita para pemiliknya.

Saat kucing meloncat-loncat sendirian maka ini bisa di tandakan sebagai emosi positif yaitu emosi kegembiraaan pada kucing. Ini juga bisa menunjukkan bahwa si kucing sangat ceria yang menandakan bahwa kucing saat ini dalam kondisi prima.

 

3. Kucing Loncat Loncat Karena Kucing Tengah Mengajak Kita Bermain 

Coba perhatikan deh kucing kamu, apakah ia loncat-loncat sambil mengikuti kamu ataukah ia loncat-loncat sambil menggigit atau menangkap kaki kamu. Jika iya maka si kucing ingin mengajak kamu bermain dengannya.

Perilaku ini umum di lakukan oleh kucing. Oh iya selain untuk mengajak kita bermain, kucing juga terkadang melakukan hal ini karena ia gemas dengan kaki dan tangan kita.


4. Kucing Loncat Loncat Untuk Melatih Fisiknya

Seperti yang kita tahu bahwa kucing di alam liar adalah hewan karnivora. Ini membuat kucing secara alami memiliki insting liar bawaan dalam dirinya yang akan mendorongnya dalam melatih serta mempertahankan tubuh fisiknya.

Inilah salah satu alasan yang membuat kucing kadang kala melakukan loncatan ringan ataupun loncatan jauh. Ini kucing lakukan untuk melatih kakinya agar semakin kuat dan juga untuk mempertahankan otot-ototnya agar tetap dalam kondisi primanya.


5. Kucing Loncat Loncat Karena Kucing Merasa Bahaya

Sewaktu kita merasa dalam bahaya pastinya kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindarkan diri dari bahaya tersebut. Nah hal serupa juga berlaku pada hewan peliharaan seperti kucing.

Pada saat kucing merasa bahaya maka insting alaminya akan memperingatkan dirinya bahwa ia sedang terancam. Ini membuat tubuh kucing akan melakukan gerakan spontan seperti melompat lalu berlari untuk menghindari bahaya yang mendekatinya.

Oh iya kucing bukan cuma melakukan hal ini pada saat mereka merasa bahaya saja namun kucing juga terkadang melakukannnya di saat mereka merasakan takut.


6. Kucing Loncat Loncat Karena Terkejut

Kucing juga kadang kala melakukan hal ini di saat mereka terkejut. Kucing akan melompat dengan kaget saat terkejut. Berbeda dari kucing yang meloncat karena sedang dalam bahaya, kucing yang meloncat karena terkejut biasanya tak akan berlari langsung sesaat setelah ia terkejut.

Namun mengawasi terlebih dahulu apakah yang membuatnya terkejut atau tidak adalah sesuatu yang berbahaya. Jika ia merasa hal ini tak berbahaya maka kucing akan tetap diam di tempat atau melanjutkan aktivitas sebelumnya yang tertunda akibat ia merasa terkejut.


7. Kucing Loncat Loncat Untuk Menjelajah Lingkungan Sekitarnya

Kucing juga bisa melakukan beberapa gerakan meloncat berkali-kali dengan alasan untuk menjelajahi lingkungan sekitarnya. Umumnya kucing melakukan hal ini pada lingkungan yang terasa asing baginya atau lingkungan yang belum pernah ia jelajahi sama sekali.


8. Kucing Loncat Loncat Karena Kucing Sedang Berburu

Selain karena bermain, kucing pun bisa loncat-loncat sendirian karena ia sedang berburu dengan mangsanya. Umumnya kucing melakukan hal ini saat kucing tengah berusaha menangkap hewan yang ia buru.

Ketika kucing melakukan hal ini mungkin kita salah paham dan mengira bahwa kucing sedang loncat sendirian tanpa alasan yang jelas.


Itulah dia beberapa alasan kenapa kucing suka loncat sendirian. Kini kamu sudah tahu bukan apa saja alasannya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url