Kenapa Kucing Mangap Mangap Setelah Melahirkan ? Ternyata Ini Alasannya !

Bagi pemilik kucing, kejadian di mana kucing akan melahirkan seorang bayi kucing lucu dan menggemaskan adalah saat yang sangat di nanti-nanti. Ini juga merupakan momen yang besar yang bisa menjadi salah satu kenangan berharga bagi kita.

 

Kenapa Kucing Mangap Mangap Setelah Melahirkan


Saat kucing melahirkan ada beberapa hal yang akan membuat kita menjadi cemas seperti apakah kucing akan berhasil melahirkan anaknya dengan selamat, apakah ibu kucing selamat saat anaknya di lahirkan, apakah ada anak yang lahir cacat dan sejenisnya.

Semua kecemasan di atas akan sirna sesaat setelah sang induk berhasil melahirkan anaknya dengan selamat. Hanya saja setelahnya akan ada lagi satu hal yang bisa membuat kita cemas kembali yaitu perihal induk kucing yang mulutnya mangap-mangap dan seolah bernafas terengah-engah.

Sebenarnya kenapa kucing seperti ini saat usai melahirkan ? Apakah ini berbahaya untuk kucing ? Untuk mengetahui jawaban pertanyaan ini maka kamu wajib membaca penjelasan Anggora dalam tulisan ini.

 

Kenapa Kucing Mangap Mangap Setelah Melahirkan? 

Saat kucing selesai melahirkan kita akan melihat kucing mangap-mangap. Beberapa dari pemilik kucing yang melihat perilaku ini tentunya akan khawatir dan takut kalau ini pertanda bahwa kucingnya akan mengalami sesuatu hal yang buruk.

Benarkah demikian? Jawabannya adalah tidak. Ini bukanlah pertanda buruk. Lalu apa yang sebenarnya terjadi pada kucing peliharaan kita yang baru saja melahirkan? Berikut ini beberapa alasan utama kenapa kucing mangap-mangap setelah melahirkan :

1. Induk Kucing Mangap Karena Kelelahan

Alasan utama kenapa kucing mangap-mangap atau tampak terengah-engah setelah melahirkan adalah karena kucing kelelahan. Melahirkan bukanlah perkara yang mudah, saat sedang dalam proses melahirkan induk kucing harus berusaha sekuat mungkin mendorong bayi agar keluar dari dalam perutnya. 

Saat proses ini, kucing akan butuh energi yang sangat banyak untuk di habiskan demi menggerakkan otot dalam tubuh dan juga proses ini tentunya akan banyak menghabiskan nafas kucing sang induk yang tengah melahirkan. 

Akibatnya setelah melahirkan induk kucing akan menjadi lelah dan nafasnya terengah-engah. Untuk mengurangi rasa letihnya maka biasanya kucing akan membuka mulutnya ( mangap gitu) dan menjulurkan lidahnya seperti yang anjing biasa lakukan. 


2. Induk Kucing Mangap Karena Kepanasan

Alasan yang kedua yang membuat kucing yang baru melahirkan mangap-mangap adalah karena ia kepanasan. Sewaktu kucing kepanasan bukanlah hal aneh jika kucing akan membuka mulutnya lalu menjulurkan lidahnya keluar seperti anjing.

Kepanasan pada kucing yang melahirkan bukan hanya karena suhu udara di sekitar tempat tinggal yang cukup panas namun ini bisa karena proses melahirkan itu sendiri. Proses melahirkan tidaklah mudah serta harus di lakukan sekuat tenaga.

Pergerakan otot dalam tubuh dengan cepat dan juga kuat tentu saja akan menghabiskan banyak energi. Pergerakan otot yang cepat juga kuat dan banyaknya energi yang habis dalam waktu singkat tentu saja akan menyebabkan tubuh kucing menjadi panas.

Kucing yang kepanasan akan membuka mulutnya sebagai respon alami dan juga sebagai salah satu cara bagi kucing dalam menstabilkan suhu tubuhnya agar suhu tubuh kembali normal. Oh iya kepanasan pada kucing yang melahirkan sangat mirip seperti apa yang manusia rasakan saat melahirkan. 


3. Induk Kucing Mangap Karena Kehausan

Kucing mangap setelah melahirkan mungkin hanya karena si kucing kehausan. Selain kepanasan, aktivitas melahirkan yang cukup menguras banyak energi juga dapat membuat si kucing peliharaan kesayangan kita merasa kehausan. 

Saat kamu melihat kucing kamu dalam kondisi ini maka besar kemungkinan kucing sedang kehausan. Cobalah untuk memberikan kucing air minum atau minimal letakkan air minum di dekat kucing agar kucing bisa meminumnya sendiri untuk untuk menghilangkan rasa hausnya. 


4. Induk Kucing Mangap Untuk Mengurangi Rasa Cemas Serta Stress

Mangapnya induk kucing juga bisa berarti bahwa sang induk sedang berusaha menenangkan dirinya dari rasa cemas dan juga rasa stress yang di akibatkan kucing baru saja melahirkan. Rasa cemas dan stress umum di alami induk kucing sesaat setelah melahirkan.

Dengan mangap, kucing bisa meregangkan otot-otot yang terdapat di wajahnya sekaligusnya melepaskan rasa tegang yang ia rasakan.


Apakah Hal Ini Berbahaya Bagi Kucing ?

Seperti yang Anggora jelaskan di atas bahwa hal ini bukan merupakan pertanda buruk bagi kucing dan hal ini cukup umum terjadi pada kucing yang baru saja melahirkan dengan catatan bahwa mangapnya kucing hanya terjadi untuk beberapa saat saja. 

Contohnya hanya terjadi sekitar satu atau dua jam saja setelah melahirkan. Jika terjadi lebih dari waktu tersebut seperti kucing mangap-mangap sampai seharian maka sebaiknya waspada dan segera berkonsultasilah dengan dokter hewan karena bisa jadi hal ini membahayakan kucing. 


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing mangap-mangap setelah melahirkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url