Kenapa Mulut Kucing Terbuka Terus ? Ternyata Ini Alasannya !

Memiliki hewan peliharaan di rumah memanglah menyenangkan contohnya ketika kita memelihara kucing pastinya ada saja momen bahagia di mana kucing akan berperilaku mengejutkan lalu mengundang tawa bagi kita.

 

Kenapa Mulut Kucing Terbuka Terus


Selain bisa memberikan kita kebahagian, memelihara kucing pun juga dapat membuat kita kebingungan, keheranan sekaligus merasa cemas. Ini terjadi ketika kucing melakukan sesuatu hal yang tak biasa ia lakukan.

Contohnya adalah sewaktu kucing tiba-tiba saja terus menerus membiarkan mulutnya dalam keadaan terbuka. Sebenarnya kenapa kucing mulutnya terbuka terus ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.


Kenapa Mulut Kucing Terbuka Terus ? 

Apakah kamu menemukan bahwa kucing kamu sedang membuka mulutnya terus menerus ? Jika iya maka beberapa dari kamu mungkin panik melihat keadaan kucing saat ini karena takut bahwa ini adalah pertanda kucing sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja.

Tenangkan diri kamu dahulu dan jangan terlalu panik. Cobalah untuk mencari tahu apa sebenarnya sebab utama yang membuat kucing menjadi seperti ini karena bisa jadi ini cuma di akibatkan oleh hal sepele dan tak berbahaya buat si kucing.

Ada beberapa penyebab utama mengapa kucing terus membuka mulutnya. Penyebabnya mulai dari hal sederhana sampai dengan yang berkaitan dengan masalah kesehatan pada kucing. Beberapa penyebab tersebut antara lain :

1. Mulut Kucing Terus Terbuka Karena Kucing Kelelahan

Kucing kelelahan biasanya akan membuka mulut mereka terus menerus untuk beberapa saat sembari menjulurkan lidahnya. Ini hal yang umum kucing lakukan di saat mereka telalu banyak bergerak dan kehabisan staminanya.

Saat kucing terlalu banyak bergerak maka kucing akan bernafas terengah-engah yang membuat mereka secara alami akan membuka mulutnya untuk membantu menstabilkan nafasnya dan untuk tujuan lainnya.


2. Mulut Kucing Terus Terbuka Karena Kucing Kepanasan

Pernah tidak kamu melihat kucing peliharaan kesayangan kamu yang baru saja kembali dari luar rumah dan kucing mulutnya terbuka terus. Ini hal yang sering terjadi di saat suhu udara di lingkungan kita tinggal cukup panas.

Panasnya suhu udara terlalu panas buat kucing. Untuk membantu mestabilkan suhu tubuhnya maka biasanya kucing akan mencari tempat yang cukup dingin lalu membuka mulutnya sembari terlihat seolah-olah kucing sedang bernafas terengah-engah.

Sewaktu kucing melakukan hal ini karena kepanasan maka kamu tak perlu khawatir akan hal ini karena biasanya sesaat setelah kucing merasa bahwa ia tak lagi kepanasan maka ia akan menutup mulutnya dan kembali bertingkah seperti biasanya.


3. Mulut Kucing Terus Terbuka Karena Kucing Kehausan

Selain karena kepanasan, kucing pun juga bisa melakukan hal ini karena dirinya sedang sangat kehausan. Cobalah berikan kucing air untuk di minum kemudian lihatlah apa yang terjadi dengan kucig selanjutnya, lihat apakah ia berhenti membuka mulutnya atau tidak setelah ia minum.

Jika iya berhenti membuka mulutnya tepat setelah ia minum maka dapat di pastikan bahwa si kucing kesayangan melakukan ini karena ia cuma haus saja.


4. Mulut Kucing Terus Terbuka Karena Stress

Stress juga bisa loh menjadi penyebab kucing mulut terbuka terus. Bukan cuma membuka mulut saja, kucing yang stress juga cenderung akan suka menggigiti kulitnya dan terus menjilati tubuhnya sampai botak.


5. Mulut Kucing Terus Terbuka Karena Mulutnya Kena Duri Atau Tulang

Kalau kamu melihat kucing kamu membuka terus mulutnya kemudian ia mengeluarkan air liur maka kamu bisa curiga kalau hal ini di karenakan si kucing terkena duri atau tulang. Ketika ini terjadi pada kucing kamu maka cobalah periksa bagian dalam mulutnya.

Lihatlah di gusi atau mulut dalam bagian atas dan bawah apakah ada duri atau tulang. Jika ada maka segera singkirkan duri atau tulang ini. Bila penyebabnya adalah duri di dalam mulut maka biasanya setelah duri di singkirkan kucing akan kembali normal seperti biasanya.

Oh iya jika kamu tak menemukan ada duri atau tulang di dalam mulut kucing maka ada kemungkinan benda ini ada di dalam tenggorokan kucing. Duri atau tulang dalam tenggorakan kucing akan sulit kita atasi sendiri, untuk mengatasi maka kamu perlu meminta bantuan dari dokter.


6. Mulut Kucing Terus Terbuka Karena Masalah Pernafasan

Setelah mencari tahu apa sebab mulut kucing terbuka namun tak ada satupun dari 5 penyebab di atas yang kamu temukan pada kucing kamu maka penyebabnya mungkin adalah kucing mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan masalah pernafasan.

Masalah pernafasan ini bisa berupa batuk, filek dan yang paling mungkin adalah sesak nafas pada kucing. Untuk mengatasi hal ini satu-satunya cara adalah melakukan pengobatan secara medis ke dokter hewan terdekat yang ada di kota kamu.

 

Itulah dia beberapa penyebab kenapa mulut kucing terbuka terus-menerus. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url