Penyebab Induk Kucing Mati Saat Melahirkan Apa Sih ? Ini Penyebabnya !

Serupa dengan manusia, kucing juga bisa hamil dan melahirkan. Umumnya kucing akan hamil dalam waktu sekitar 8 mingguan lebih lalu setelahnya kucing akan melahirkan. Proses melahirkan pada kucing mirip dengan proses melahirkan yang terjadi pada manusia.


Penyebab Induk Kucing Mati Saat Melahirkan

 

Bicara soal melahirkan, proses melahirkan bagi kucing adalah sesuatu hal yang sangat di nanti oleh para pemilik kucing. Hal ini sangat mereka tunggu sebab dengan adanya peristiwa ini maka anggota keluarga baru yang imut dan lucu nantinya akan hadir dalam rumah.

Namun hal ini tak selalu seperti apa yang para pemilik harapkan. Kucing yang sedang melahirkan malah mati saat berjuang melahirkan anaknya. Bahkan bukan cuma induk kucing saja yang mati, sering kali anak kucing pun ikut mati bersama induknya.

Ketika ini terjadi pastinya banyak dari kita para pemilik kucing yang akan bertanya-tanya dalam hati apa sebenarnya yang membuat kucing mati saat melahirkan. Bagi kamu yang kebetulan mengalami peliharaan kucing yang mati saat melahirkan dan ingin tahu jawabnya maka kamu bisa menemukan jawabannya pada tulisan Anggora ini.


Penyebab Induk Kucing Mati Saat Melahirkan Apa Sih ?

Seperti apa yang Anggora baru saja sebutkan di atas bahwa proses melahirkan anak kucing tak akan selamanya berjalan mulus dan bahkan bisa menimbulkan kematian bagi sang induk yang sedang menjalani proses melahirkan.

Kematian ini tentu tak terjadi begitu saja tanpa adanya sebab yang jelas. Berdasakan sepengetahuan Anggora sendiri ada beberapa penyebab utama mengapa hal ini dapat terjadi pada kucing. Beberapa sebabnya antara lain :


1. Induk Kucing Mati Saat Melahirkan Akibat Distosia

Kondisi Distosia adalah salah satu penyebab kematian bagi induk kucing yang tengah melahirkan. Apa itu Distosia ? Distosia adalah kondisi di mana proses kelahiran yang terjadi pada kucing tersendat ataupun terhambat.

Biasanya ini terjadi akibat kucing melahirkan sungsang ( posisi kepala anak kucing yang di lahirkan terbalik ) atau bisa juga hal ini di sebabkan karena ukuran anak kucing yang terlalu besar yang membuat sulit keluar.

Kombinasi kedua faktor ini juga bisa menjadi penghambat yang lebih fatal bagi induk kucing yang tengah melahirkan. Kondisi Distosia bisa menyebabkan kucing kesulitan dalam melahirkan anak-anaknya  yang membuat kucing bisa menjadi kelelahan bahkan yang yang terburuk dapat merusak organ dalam.

 

2. Induk Kucing Mati Saat Melahirkan Akibat Eklampsi Atau Hipokalsemia

Tahukah kamu apa itu Eklampsi atau yang di kenal dengan hipokalsemia ? Tidak tahu ? Eklampsi atau Hipokalsemia adalah kondisi di mana sang induk kucing mengalami masalah penurunan kalsium dalam darahnya.

Penurunan ini sangat terlalu drastis sehingga ini bisa membuat induk kucing yang sedang melahirkan mengalami kejang, mengalami koma atau bahkan ini juga dapat menyebabkan kucing kehilangan nyawanya.


3. Induk Kucing Mati Saat Melahirkan Akibat Pendarahan

Beberapa kucing mungkin ada yang mengalami pendarahan yang cukup parah saat dalam proses persalinan ataupun sesaat setelah persalinan. Penyebab dari pendarahan pada induk kucing dapat bervariasi.

Penyebabnya bisa berupan :

  • Masalah Plasenta

  • Ataupun robekan internal


Pendarahan yang terjadi pada kucing jika terlalu parah dan tak terkendali maka ini bisa mengancam nyawa sang induk kucing.


4. Induk Kucing Mati Saat Melahirkan Akibat Preeklamsia

Preeklamsia yang di alami oleh kucing sangat mirip dengan Preeklamsia yang umumnya terjadi pada manusia. Kondisi biasanya terjadi karena di akibatkan tekanan darah tinggi. Ketika ini terjadi pada kucing, kerusakan organ yang serius mungkin terjadi pada kucing dan menyebabkan kematian.


5. Induk Kucing Mati Saat Melahirkan Akibat Infeksi

Kalau penyebab yang satu ini dapat terjadi saat kucing melahirkan ataupun beberapa saat setelah kucing selesai melahirkan. Infeksi rahim ( Pyometra ) atau infeksi saluran reproduksi dapat menyebabkan demam, lemas dan rasa sangat kurang nyaman bag induk kucing.

Jika kamu menemukan bahwa kucing kamu tengah mengalami infeksi rahim maka sebaiknya segera di obati. Jangan neremehka hal ini dan menunda-nuda pengobatannya karena jika kamu meremehkannya maka bisa jadi kucing yang akan mati.


Cara Mencegah Kematian Kucing Saat Melahirkan 

Agar tak terjadi kejadian serupa lagi pada kucing kamu lainnya yang saat ini akan melahirkan maka kamu perlu beberapa cara untuk meminimalisir kematian pada kucing yang melahirkan. Beberapa cara ini mungkin bisa kamu lakukan sebagai upaya mencegah kematian kucing :

  • Berikan kucing makanan dan minuman yang bernutrisi

  • Pastikan makanan kucing aman di konsumsi oleh kucing hamil

  • Lakukan pemeriksaan kondisi kucing dan pelayananprenatal

  • Lihatlah apa ada tanda-tanda aneh yang ada pada kucing kamu seperti kucing melemah, damam dan pendarahan

  • Jika ada hal aneh terjadi pada kucing, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan untuk berobat


Dengan melakukan beberapa cara di atas maka kamu dapat mencegah kematian pada induk kucing yang melahirkan.


Itu saja pembahasan mengenai penyebab induk kucing mati setelah melahirkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url