Berapa Lama Masa Nifas Kucing Setelah Melahirkan ? Ini Jawabnya !

Setelah kucing melahirkan tentunya ini adalah hal yang membahagiakan buat para pemiliknya. Bukan cuma karena pada akhirnya mereka mendapatkan anggota keluarga baru yang imut serta menggemaskan di dalam rumah namun ini juga karena sang induk selamat setelah melahirkan.

 

Berapa Lama Masa Nifas Kucing Setelah Melahirkan


Sang induk bisa melahirkan anak-anak yang sehat tanpa mengalami masalah sama sekali dan bahkan sang induk tidak kehilangan nyawanya setelah perjuangan yang cukup panjang dalam melahirkan anak-anaknya.

Bicara soal kucing yang melahirkan, beberapa dari kita mungkin memikirkan sesuatu seperti apa kucing punya nifas dan berapa lama kucing dalam masa nifasnya setelah si kucing melahirkan anak-anaknya.

Bagi kamu yang punya pertanyaan yang serupa dengan pertanyaan di atas dan ingin tahu jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora ini.

 

Apakah Kucing Punya Masa Nifas ?

Ya, sama seperti manusia, kucing juga punya masa nifasnya sendiri setelah ia melahirkan. Kucing dan manusia memang memiliki hal sama terkait ini namun yang membedakan adalah masa nifas kucing dengan masa nifas manusia.


Apa itu Masa Nifas Kucing?

Masa nifas kucing adalah masa yang terjadi di mulai dari saat kucing melahirkan anak-anaknya hingga saat di mana rahim kucing kembali seperti dalam keadaan sebelum ia melahirkan. Pada masa ini rahim kucing akan cenderung beradaptasi terus menerus dan kembali ke kondisi sebelum ia melahirkan.


Berapa Lama Masa Nifas Kucing Setelah Melahirkan ?

Walaupun serupa dengan manusia, sama-sama punya masa nifas namun masa nifas kucing sendiri berbeda dengan masa nifas manusia. Secara umum masa nifas manusia adalah sekitar 6 minggu hingga 8 minggu paska kelahiran.

Sementara masa nifas kucing tergolong lebih singkat dari pada masa nifas manusia yaitu sekitar 4 hingga 6 mingguan. Oh iya tiap kucing mungkin memiliki masa nifas yang berbeda berdasarkan kondisi tubuh masing-masing kucing.

 

Pertanda Nifas Pada Kucing

Sewaktu kucing dalam masa nifas, kucing umumnya akan menunjukkan beberapa pertanda tertentu bahwa dirinya sedang berada dalam masa nifasnya. Menurut Anggora sendiri beberapa pertanda tersebut adalah :

1. Kucing Akan Terlihat Kelelahan

Sesaat setelah kucing melahirkan kamu akan melihat bahwa kucing sangat kelelahan akibat proses persalinan yang baru saja ia jalani. Pada saat kucing kelelahan, kucing kamu mungkin akan kurang aktif serta lebih banyak tidur dalam beberapa hari sesudah persalinan.

 

2. Perubahan Hormonal Pada Kucing

Perubahan hormonal juga terjadi pada kucing yang mengalami masa nifas. Perubahan hormonal yang di alami oleh kucing mungkin akan membuat perubahan pada perilakunya namun perubahan perilaku ini hanya bersifat sementara.


3. Pembengkakan Payudara Kucing

Payudara kucing akan membengkak pada saat masa menyusui kucing dengan anaknya. Pembengkakan ini terjadi karena produksi susu yang meningkat dalam payudara. Hal ini juga bisa merupakan pertanda kucing dalam masa nifas.


4. Kucing Mengalami Keputihan

Selama beberapa minggu paska kelahiran anak-anaknya, kucing betina juga akan mengalami yang namanya keputihan. Keputihan ini juga merupakan pertanda bahwa kucing sedang dalam masa nifasnya.

Selain tanda kucing sedang dalam masa nifas, keputihan yang terjadi pada kucing juga merupakan pertanda bahwa tubuh kucing sedang dalam masa penyembuhan dan adaptasi terhadap kondisi kucing saat ini.


5. Kucing Sering Menjilati Daerah Kemaluannya

Apakah kucing kamu sering menjilati kemaluannya setelah ia melahirkan ? Jika iya maka ini merupakan tanda kucing sedang ada dalam masa nifasnya. Kucing menjilati kemaluannya bukan sekedar membersihkannya dari kotoran.

Kucing melakukan ini untuk membersihkan darah yang keluar dari kemaluan yang umum terjadi saat masa nifas dan juga kucing menjilati kemaluan untuk membersihkan cairan putih yang keluar dari tubuhnya.


Bagaimana Cara Merawat Kucing Yang Sedang Dalam Masa Nifas ?

Untuk merawat kucing yang sedang dalam masa nifas sebenarnya tidaklah begitu sulit. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk merawat si kucing :

  • Berikan kucing makanan yang sehat dan bergizi

  • Berikan kucing minuman yang sehat dan pastikan minuman berada di dekatnya agar kucing tak kesulitan menjangkaunya

  • Berikan kucing vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya

  • Buat kucing merasa nyaman dan biarkan ia sendiri dalam merawat anak-anaknya

  • Jangan menggangu kucing terlalu banyak, biarkan kucing fokus mengurus anaknya

  • Pastikan induk kucing dan anaknya berada di tempat yang aman serta nyaman

  • Selalu perhatikan kondisi kucing, jika ada hal yang aneh terjadi padanya maka segera bawa kucing ke dokter hewan untuk di periksa dan di tangani.

 

Itulah dia beberapa hal yang terkait dengan pembahasan mengenai masa nifas kucing dan berapa lama masa nifas kucing setelah melahirkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora yang sudah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url