Kenapa Kucing Menyusui Nafas Terengah-Terengah ? Ternyata Ini Sebabnya !

Setelah kucing melahirkan maka pada tahapan selanjutnya kucing akan menyusui anak-anaknya. Menyusui anaknya merupakan cara sang induk dalam memberi makanan pada anaknya sekaligus untuk memberinya minuman.


Kenapa Kucing Menyusui Nafas Terengah-Terengah

 

Selain sebagai sumber makanan utama bagi anak kucing, menyusui juga merupakan faktor yang sangat penting bagi pertumbuhan kucing. Ini di karenakan dalam ASI kucing terdapat berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh sang anak.

Oh iya bicara soal menyusui anak kucing, beberapa dari kita mungkin ada yang pernah menemukan kucing dalam kondisi nafas yang terengah sedang menyusui anaknya. Melihat ini hal ini tentunya kita akan panik dan bertanya-tanya mengapa kucing seperti ini.

Sebenarnya mengapa sih kucing seperti ini ? Dalam tulisan Anggora kali ini Anggora akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa kucing menyusui nafasnya terengah-engah.

 

Kenapa Kucing Menyusui Nafas Terengah-Terengah ?

Sewaktu kucing menyusui umumnya kucing akan bernafas dengan normal dan jarang sekali kucing bernafas secara terengah-engah. Itulah mengapa sewaktu kucing dalam kondisi ini pastinya ada sesuatu yang mungkin menjadi sebabnya.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa faktor penyebab yang membuat kucing bernapas terengah-engah. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Kucing Menyusui Terengah Karena Kelelahan

Alasan atau penyebab pertama mengapa kucing kamu yang sedang menyusui bernafas terengah engah hanyalah karena si kucing sedang kelelahan. Ada banyak hal yang mungkin menjadi penyebab kucing kelelahan.

Penyebabnya bisa jadi si kucing baru saja mengejar kucing lainnya dan mengusirnya agar tak memangsa anak-anaknya. Ini akan membuat kucing kelelahan secara instan sebab kucing akan sekuat tenaga mengejar kucing tersebut sampai kucing ini menjauh dari dirinya beserta anak-anaknya.

Penyebab lainnya mungkin adalah karena kucing kamu baru saja berkeliaran di luar rumah untuk beberapa saat dan membuatnya letih. Beberapa induk kucing terkadang melakukan hal ini meskipun ia masih memiliki anak yang masih kecil.

Alasannya sih menurut Anggora karena kucing masih pemula dan tak pandai merawat anaknya atau bisa jadi si kucing hendak pup atau pipis di luar rumah namun karena ada binatang yang menarik perhatiannya maka si kucing pergi memburunya dan untuk sesaat lupa bahwa ia masih memiliki anak.

Umumnya ketika kucing dalam kondisi ini karena kelelahan, jika kucing beristirahat dengan cukup, nafas yang tadinya terengah akan kembali normal seperti sedia kala.


2. Kucing Menyusui Terengah Karena Kehausan

 Kita tahu bahwa sewaktu kucing memiliki anak, terutama sewaktu anaknya masih sangat kecil maka si kucing akan sangat over protective terhadap anaknya. Akibatnya kucing akan selalu berada dekat dengan anaknya untuk menjaganya.

Ini terkadang membuat kucing tak sempat untuk minum. Akibatnya kucing akan menjadi sangat kehausan. Secara alamiah saat kucing merasa sangat kehausan maka kucing akan membuka mulutnya, menjulurkan lidahnya serta benafas terengah-engah seolah ia sedang sesak nafas.

Untuk mengatasi kucing dengan kondisi ini kamu cukup memberikan kucing air minum maka ia akan normal kembali. Tempatkan air minum dekat dengan tempat kucing menyusui sehingga ia bisa dengan mudah minum dan ia tak khawatir karena bisa terus mengawasi anaknya sambil minum.

 

3. Kucing Menyusui Terengah Karena Kepanasan

Selain karena kehausan kepanasan juga bisa menjadi sebab utama mengapa kucing bernafas terengah-engah sambil menyusui. Kondisi ini merupakan cara alami bagi kucing dalam menstabilkan suhu tubuhnya yang panas.

Karena kucing tak bisa mengeluarkan keringat dari badannya seperti manusia hanya dari beberapa bagian tertentu saja maka kucing akan membuka mulutnya, menjulurkan lidahnya keluar lalu bernafas terengah-engah.

Sewaktu kamu melihat kucing seperti ini dan merasa bahwa sang induk kucing yang tengah menyusui anaknya kepanasan, di sarankan untuk memindahkan kucing ke tempat yang bersuhu normal atau sedikit dingin.

Kamu juga bisa menggunakan alat pendingin ruangan seperti kipas angin atau Air Conditioner untuk membantu kucing mendinginkan tubuhnya. Jangan membiarkan kucing kepanasan karena ini dapat membuat kucing merasa tak nyaman dan kucing juga bisa terkena dehidrasi.

Mungkin beberapa orang merasa bahwa dehidarasi cukup sepele karena hanya bisa membuat demam namun faktanya kucing yang kekurangan air dan sering mengalami dehidrasi dapat membuat kucing rentan terkena penyakit ginjal.


4. Kucing Menyusui Terengah Karena Stress

Apakah kucing kamu yang menyusui terengah-engah tersebut adalah kucing yang baru saja selesai melahirkan ? Jika iya maka hal ini mungkin di sebabkan karena sang induk mengalami stress akibat melahirkan.

Tubuh kucing yang lelah, kurang bertenaga dan sakit adalah sebab dari kucing mengalami stress setelah melahirkan. Untuk mengatasi hal ini biasanya kucing akan terengah seperti yang biasa anjing lakukan.

Jangan khawatir akan hal ini, umumnya saat kucing merasa bahwa tubuhnya telah membaik maka ia akan berhenti sesak nafas. Umumnya hal ini akan berlanjut beberapa jam saja yakni sekitar 2-4 jam. Jika lebih dari itu mungkin kucing kamu bermasalah dan sebaiknya di bawa ke dokter hewan


5. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan seperti pilek, flu, infeksi pernafasan dan sesak napas juga bisa membuat kucing dalam kondisi ini. Selain itu penyakit jantung juga bisa membuat kucing mengalami keadaan seperti terengah-engah.

Karena itulah di saat kamu curiga bahwa si kucing sedang sakit, sebaiknya segera periksakan kucing ke dokter hewan. Jika benar kucing sakit maka kucing akan di beri pengobatan yang tepat oleh dokter hewan.

 

Itulah dia pembahasan mengenai kenapa kucing menyusui nafasnya terengah-engah dan bagaimana mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url