Kaki Kucing Pincang Tapi Tidak Ada Luka Apa Sebabnya ?

Sangat menyenangkan melihat kucing kesayangan kita dalam keadaan sehat sebab dalam kondisinya ini kucing akan tampak riang dan aktif beraktifitas. Mereka akan senang bermain, memburu hewan kecil, menjelajahi rumah ataupun lingkungan sekitar serta melakukan aktivitas lainnya.

 

Kaki Kucing Pincang Tapi Tidak Ada Luka Apa Sebabnya


Tak jarang juga mereka akan datang mengganggu kita atau datang menyapa kita sewaktu mereka dalam keadaan sehat. Memiliki kucing yang sehat serta bahagia tentu saja adalah apa yang di harapkan para pemilik kucing.

Namun dalam kehidupan ini apa yang kita harapkan tak selamanya kita dapatkan. Akan ada saat di mana kucing mengalami masalah dan jatuh sakit. Contohnya adalah sewaktu kucing kesayangan tiba-tiba menjadi pincang tetapi mereka tak memiliki luka sama sekali.

Bagi mereka para pemilik kucing yang mengalami hal ini tentunya akan penasaran mengapa kucingnya menjadi seperti ini. Nah untuk menjawab rasa penasaran kamu dan untuk mengetahui apa sebab kucing yang tak ada luka menjadi pincang maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Kaki Kucing Pincang Tapi Tidak Ada Luka Apa Sebabnya ?

Kucing adalah hewan yang anggun dan sangat lincah saat mereka bergerak. Ini akan berbeda saat kaki mereka memiliki masalah, kucing yang memiliki masalah kaki tentu akan payah berjalalan atau walaupun mereka dapat berjalan mereka akan berjalan pincang.

Bicara soal kucing pincang, ada kasus di mana kucing akan berjalan pincang namun ketika kakinya di periksa tidak di temukan satupun luka ringan ataupun luka berat di sana. Sebenarnya apa sih penyebab yang membuat kucing seperti ini ?

Setahu anggora ada beberapa penyebab yang membuat kucing menjadi seperti ini. Penyebabnya antara lain :

1. Ada Luka Dalam Pada Kaki Kucing

Penyebab pertama yang membuat kucing pincang tapi tak ada luka adalah karena kucing mengalami luka dalam. Luka dalam ini dapat berupa cidera internal akibat kerusakan saraf ataupun akibat patah tulang kaki.

Luka dalam pada kucing umumnya dapat terjadi akibat kucing mengalami kecelakaan saat bermain, kucing terluka saat berkelahi dengan kucing lainnya, kucing terjatuh dari tempat tinggi ataupun karena kaki kucing tanpa sengaja terlindas maupun di tabrak oleh kendaraan bermotor.

 

2. Kucing Memiliki Radang Sendi

Radang sendi atau yang biasa kita sebut dalam istilah medis sebagai arthritis juga bisa terjadi pada kucing loh. Kondisi ini kebanyakan terjadi pada kucing yang usia umurnya sudah cukup tua sehingga sendi rawan mengalami peradangan.

Kucing yang mengalami radang sendi atau arthritis akan merasa tak nyaman saat bergerak serta merasakan sakit pada kakinya yang menderita radang sendi. Untuk meminimalisir ketidaknyamanan ini dan agar kaki tak sakit saat bergerak umumnya kucing akan mengakalinya dengan mengangkat kaki yang sakit.

Ini akan membuat kucing penderita arthritis seolah mengalami pincang karena luka tertentu atau kucing seolah pincang tanpa sebab yang jelas.


3. Infeksi Internal Pada Bagian Kaki

Kucing yang mengalami infeksi internal dalam tubuhnya terutama infeksi ini ada di sekitar kaki kucing akan membuat kucing berjalan pincang. Saat ini terjadi pada kucing maka akan sulit untuk mengetahuinya.


4. Otot Di Kaki-Kaki Kucing Mengalami Ketengangan

Selain radang sendi, otot tegang juga dapat terjadi pada kucing. Saat otot kucing mengalami tegang maka kaki kucing akan terasa keram. Ini akan membuat kucing penderita mengalami masalah saat berjalan.

Kucing penderita akan tampak berjalan pincang namun jangan khawatir akan hal ini sebab biasanya kucing akan kembali berjalan normal pada saat otot kakinya tak lagi terasa tegang.

 

5. Bawaan Lahir Kucing

Beberapa kucing ada yang berjalan pincang sebab mereka terlahir dalam keadaan fisik yang kurang sempurna. Inilah mengapa meskipun kita berulang-ulang memeriksa kaki kucing secara teliti maka kita tak akan menemukan penyakit atau luka sama sekali.

Kondisi ini memang dapat mengganggu kucing untuk berjalan normal tetapi umumnya ini tak akan menimbulkan masalah serius pada kucing ataupun tak akan mengganggu kesehatan kucing peliharaan kesayangan.

 

6. Gangguan Saraf

Bukan cuma luka dalam yang juga dapat membuat kaki kucing pincang namun tak ada luka tetapi gangguan saraf  juga dapat menjadi penyebab kucing pincang tanpa luka sama sekali. Secara umum ada beberapa penyakit gangguan saraf yang dapat mengganggu kucing berjalan.

Beberapa gangguan saraf tersebut antara lain :

  • Cedera Saraf

  • Neuropati Perifer

  • Radang Otak atau Sumsum Tulang Belakang

  • Sindrom Wobbly Kitten ( Kitten Wobbly Syndrome )

  • Hipotonia

  • Sindrom Cauda Equina

  • Tumor atau Pertumbuhan Abnormal

 

Beberapa gangguan saraf di atas adalah gangguan yang sering di temukan pada kucing. Ketika kucing mengalami gangguan di atas maka kucing kemungkinan sulit untuk di sembuhkan atau mungkin tak dapat di sembuhkan sama sekali.

Namun hal ini tak perlu di khawatirkan sama sekali sebab gangguan ini jarang terjadi pada kucing yang di rawat dengan baik.


7. Gangguan Sementara

Coba awasi kucing kamu lihatlah apakah ia berjalan pincang dalam waktu yang lama atau kucing kembali berjalan normal setelah beberapa waktu. Jika kucing kembali normal setelah beberapa saat maka ini mungkin hanya di karenakan gangguan sementara.

Mungkin ini karena kucing mengalami cidera ringan saat bermain, kaki kucing terasa tegang karena ia seharian berada di luar rumah, kaki kucing ada permen karet yang menempel, kaki kucing terkena cairan lengket yang menempel dan sejenisnya.

 

Tindakan Kita Saat Kaki Kucing Pincang

Sewaktu kucing kita kakinya pincang ada beberapa tindakan yang bisa kita lakukan. Beberapa tindakan tersebut antara lain :

  • Periksa kaki kucing jika ada luka maka obati

  • Jika tak ada luka sebaiknya awasi kucing kamu untuk sementara waktu lihatlah apakah kondisi ini hanya terjadi sesaat

  • Kalau kondisi ini hanya sesaat maka kamu bisa bernafas lega namun jika ini terus berlanjut sebaiknya periksakan dan obati kucing ke dokter hewan

  • Setelah kucing di periksa dan diobati oleh dokter hewan sebaiknya rawat kucing dengan baik dan berikan obat tepat waktu untuk mempercepat proses pemulihannya.

  • Awasi juga kucing kamu agar tak bertindak ceroboh untuk menghindari kaki kucing semakin parah

 

Dengan melakukan beberapa tindakan di atas maka kamu dapat mempercepat proses kesembuhan kucing sehingga kucing dapat kembali berjalan normal. 

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai hal ini. Kini kamu sudah tahu bukan apa saja sebab kaki kucing pincang tanpa adanya luka. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url