Bolehkah Induk Kucing Menyusui Dimandikan ? Ternyata Ini Jawabnya !

Memandikan kucing adalah sebuah kewajiban yang mesti kita lakukan. Kita wajib melakukannya minimal 2-3 kali dalam waktu sebulan. Tujuannya adalah untuk menjaga tubuh dan bulu kucing tetap bersih serta merawatnya agar tetap sehat.

 

Bolehkah Induk Kucing Menyusui Dimandikan


Ini akan menghindarkan kucing dari berbagai penyakit kulit yang ada serta mencegah kucing terjangkit penyakit tertentu seperti parvo. Kita tahu bahwa memandikan kucing yang dewasa adalah suatu hal yang wajib namun bagaimana dengan kucing yang sedang menyusui.

Apakah boleh memandikan kucing yang sedang dalam masa menyusui anaknya ? Dalam tulisan Anggora kali ini akan membahas sedikit mengenai hal ini.


Bolehkah Induk Kucing Menyusui Dimandikan ?

Saat kucing tengah hamil tua atau hamil besar maka sangat tidak di sarankan untuk memandikan kucing, alasannya karena ini bisa membahayakan calon bayi yang sedang dalam kandungan kucing peliharaan kesayangan kita.

Kucing yang tak di mandikan akan membuat tubuh kucing akan kotor dan bau. Di tambah lagi saat kucing baru saja melahirkan maka tubuh si kucing akan basah serta bau amis akibat terkena cairan ketuban yang keluar sewaktu kucing melahirkan anak-anaknya.

Kita yang melihat kondisi kucing yang seperti ini tentunya tak sedap memandang atau menciumnya dan ingin segera memandikannya. Namun karena kita tak tahu apakah kucing yang baru saja melahirkan dan menyusui boleh di mandikan maka kita mengurungkan niat kita kemudian mencari tahu apakah boleh memandikan kucing yang sedang menyusui.

Lalu apakah kucing yang menyusui boleh kita mandikan ? Menurut Anggora sendiri tak boleh di lakukan jika si anak kucing yang masih di susui belum cukup dewasa dan masih mengandalkan ASI ibu sebagai sumber makanan utamanya.

Selain itu ada beberapa alasan lainnya yang membuat induk kucing yang menyusui tak di sarankan untuk di mandikan. Beberapa alasan tersebut antara lain :

1. Anak Kucing Mengandalkan Suhu Induknya

Sewaktu anak kucing baru saja di lahirkan, tubuh mereka belum memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap suhu yang di sekitarnya. Mereka hanya akan mengandalkan suhu dari induknya untuk menghangatkan tubuh mereka saat suhu di sekitar mereka saat ini berada sangat dingin.

Nah saat suhu udara cukup panas maka mereka juga akan mengandalkan sang induknya. Sang induk akan membasahi tubuh anak mereka dengan air liurnya dengan cara menjilati tubuh anaknya yang akan membuat suhu tubuh anak menjadi stabil dan sang anak tak akan merasa kepanasan.

Itulah mengapa tak di sarankan memandikan kucing saat sang induk masih dalam tahapan menyusui anak-anaknya yang masih berusia sangat muda.


2. Anak Kucing Harus Minum Susu Induknya

Perlu kamu tahu bahwa anak kucing akan minum susu setiap 4-6 jam sekali. Ini membuat induk kucing harus selalu berjaga di sisi anaknya sehingga saat anak-anaknya kelaparan maka induk bisa langsung menyusui anaknya.

Kalau kita memandikan kucing maka ini dapat mempengaruhi hal ini dan membuat anak kucing kelaparan. Kenapa ? Ini karena kucing yang di mandikan lalu setelah selesai di mandikan, si kucing akan sibuk mengurusi tubuhnya dan sering kali abai terhadap anaknya.

Malahan beberapa induk kucing akan menjauhkan diri dari anaknya dan tidur di tempat yang berjauhan dari anaknya. Kucing tidur karena ia kelelahan saat baru di mandikan dan kucing merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya saat ini.

Untuk alasan kenapa kucing menjauhi anaknya setelah selesai di mandikan Anggora sendiri tak tahu alasan pastinya karena hal ini cuma di dasarkan oleh pengalaman Anggora saja.

 

3. Induk Kucing Mesti Harus Selalu Di Sisi Anaknya

Alasan lainnya kenapa kita tak di sarankan memandikan kucing yang menyusui adalah karena induk kucing harus selalu ada di dekat anaknya. Kucing harus selalu di disisi anaknya untuk menyusuinya, menstabilkan suhu anaknya, membersihkan tubuh anaknya, menjaga anaknya dari ancaman kucing atau hewan lainnya dan sejenisnya.


4. Perubahan Bau Tubuh Kucing

Pastinya kita tahu bahwa anak kucing yang masih kecil tak boleh sering di pegang oleh manusia soalnya bau anak kucing akan berubah kemudian sang induk tak akan menyusuinya lagi karena merasa bahwa anak ini bukanlah anaknya.

Hal yang serupa juga berlaku ketika induk kucing di mandikan. Anak kucing yang bersentuhan dengan sang induk yang tubuhnya sudah harum maka juga akan mengalami perubahan bau. Ini membuat kucing tak akan mau menyusui anak yang baunya ia rasa asing.

 

Beberapa alasan di atas adalah alasan yang memperkuat bahwa induk kucing yang anaknya masih menyusui dan belum bisa makanan padat tak di sarankan untuk di mandikan.

 

Lalu Bolehkah Induk Kucing Yang Anaknya Menyusui Namun Sudah Bisa Makan Makanan Padat Dimandikan ?

Jawabannya adalah boleh. Namun perlu di perhatikan bahwa kamu memandikan kucing setelah anak kucing selesai makan atau menyusui sehingga tak akan ada masalah yang terjadi tanpa adanya kehadiran sang induk ketika ibu mereka sedang di mandikan.

Untuk cara memandikan induk kucing yang menyusui, caranya tak berbeda dengan cara memandikan kucing yang biasanya kita lakukan.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah induk kucing yang masih menyusui anaknya di mandikan. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca Anggora sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url