Kucing Mandi Air Hangat, Bolehkah ?

Walaupun kucing bisa mandi sendiri dengan cara menjilati tubuhnya tetap saja kucing butuh kita mandikan. Ini karena ada beberapa bagian dari tubuh kucing yang mungkin sulit di bersihkan oleh kucing.


Kucing Mandi Air Hangat

 

Selain itu memandikan kucing juga perlu kita lakukan untuk membersihkan bulu kucing dari bakteri, kutu, jamur dan mikroorganisme lainnya yang mana mungkin menempel pada bulu-bulunya ataupun pada kulit tubuhnya.

Oh ya bicara soal memandikan kucing, kebanyakan dari kita mungkin memandikan kucing dengan air biasa. Ini hal yang umum di lakukan terutama untuk negara yang suhu udaranya rata-rata adalah bersuhu biasa atau panas.

Contohnya adalah negara kita Indonesia yang memiliki suhu udara yang tak dingin serta terbilang hangat. Namun meskipun suhu udara negara kita seperti ini namun apakah boleh kita memandikan kucing dengan memakai air hangat ?

Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.


Kucing Mandi Air Hangat, Bolehkah ?

Banyak dari kita pemilik kucing yang sering memandikan kucing dengan air dingin alasannya adalah karena ketika kita memandikan kucing, pada saat itu suhu udara di mana kita tinggal terbilang cukup panas.

Namun bagaimana jika saat kita hendak memandikan kucing suhu udara cukup dingin dan tubuh kucing tak bisa menunggu untuk di mandikan sebab tubuhnya sudah sangat kotor dan bau ? Bolehkah kucing kita mandikan dengan air hangat ?

Jawabannya adalah boleh. Kita sangat di bolehkan untuk memandikan kucing memakai air hangat di saat suhu udara cukup dingin. Bahkan walaupun suhu udara di sekitar kita tidak dingin atau agak hangat kita pun di perbolehkan memandikan kucing dengan memakai air hangat.

Malah ini sangat di sarankan untuk di lakukan pada kucing. Karena apa ? Sebab memandikan kucing dengan memakai air hangat dapat membuat kucing tak merasa kedinginan saat di mandikan, membuat kucing merasa rileks dan agar kucing tak terlalu stress ketika di mandikan.

Oh iya memandikan kucing dengan air hangat juga dapat memudahkan melepaskan minyak, kotoran, bulu mati pada tubuh kucing. Memang di perbolehkan memandikan kucing memakai air hangat namun ada syarat tertentu yang mesti di penuhi, yaitu :

  • Gunakan air hangat bersih tanpa campuran apapun,. Campuran shampo kucing dan produk khusus kucing lainnya di perbolehkan. Selain itu tak di perbolehkan

  • Air bukanlah air panas melainkan air hangat

  • Meskipun air sudah di rasa hangat namun pastikan bahwa air ini tak terlalu panas utuk kucing agar tak melukai kulit kucing

  • Walau kita memandikan kucing dengan air hangat tetapi tetap saja wajib bagi kita mengeringkan tubuh kucing sesaat setelah kucing selesai dimandikan

  • Saat suhu udara sangat panas sebaiknya jangan menggunakan air hangat, ini untuk menjaga suhu tubuh kucing stabil dan membuat kucing merasa dingin serta nyaman saat di mandikan


Dengan beberapa persyaratan di atas maka kamu boleh memandikan kucing kamu memakai air hangat tanpa mengkhawatirkan apapun.


Berapa Suhu Air Hangat Yang Baik Untuk Kucing ?

Memandikan kucing boleh memakai air hangat namun berapakah suhu yang ideal untuk kucing mandi ? Berdasarkan saran para ahli, suhu ideal air hangat untuk kucing mandi adalah sekitar 38-39 derajat Celcius.

Kalau Anggora sendiri untuk mandi kucing akan memakai air hangat dengan suhu berkisar antara 25-30 Celcius. Untuk memastikan apakah suhunya tepat atau tidak kamu dapat menggunakan termometer agar pengukuran suhu akurat.

 

Lalu Bagaimana Cara Memandikan Kucing Dengan Air Hangat ?

Untuk cara memandikan kucing dengan air hangat, tak ada perbedaan dengan cara biasa kita memandikan kucing dengan air yang biasa. Yang membedakan cuma air yang di gunakan, di sini kita menggunakan air hangat untuk merendam kucing dan juga untuk membilas tubuhnya.

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan seluruh peralatan mandi yang di butuhkan seperti ember, spon, sikat, handuk ember, sabun mandi atau shampoo kucing dan peralatan sejenisnya yang di butuhkan untuk mandi kucing

  • Siapkan air hangat untuk kucing, pastikan airnya tak panas dan cukup baik untuk kucing

  • Sebelum memandikan kucing, bilas dulu seluruh tubuh kucing dengan air hangat agar tubuhnya basah dan mudahkan kita untuk memandikan kucing

  • Bersihkan tubuh kucing secara merata dan lakukan secara perlahan dan lembut. Bersihakn tubuh kucing hingga merata

  • Saat membersihkan tubuh kucing pastikan air atau sabun tak mengenai area vital seperti mata, hidung, masuk ke dalam mulut dan dalam telinga

  • Bilas tubuh kucing dengan air sampai bersih dari sabun atau shampoo yang tersisa setelah kita selesai membersihkan tubuh kucing

  • Setelah kucing benar-benar telah selesai di mandikan, keringkan tubuh kucing dengan handuk kering atau dengan menggunakan peralatan seperti hair dryer ( alat pengering rambut )

 

Itulah dia beberapa cara memandikan kucing memakai air hangat. Mudah bukan dan pastinya ini aman di lakukan ke kucing kamu.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing mandi air hangat dan cara memandikan kucing dengan air hangat. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url