Kenapa Kucing Menggerakkan Ekor Saat Tidur ? Ini Jawabannya !

Sewaktu kucing tidur, kucing memiliki beberapa perilaku yang tak biasa. Beberapa perilaku tersebut antara lain seperti kucing tidur dalam posisi melingkar, kucing tidur telentang, kucing tidur sembari melakukan gerakan mengunyah dan beberapa perilaku unik lainnya.

 

Kenapa Kucing Menggerakkan Ekor Saat Tidur


Selain beberapa perilaku di atas ada satu lagi perilaku kucing yang cukup tak biasa yakni kucing akan menggerak-gerakkan ekornya di saat ia sedang tertidur. Kucing terkadang melakukan hal ini sesekali saat mereka sedang tidur.

Perilaku kucing yang menggerakkan ekornya saat tidur tentunya akan menarik perhatian kita dan juga menimbulkan rasa penasaran akan hal ini. Sebenarnya kenapa sih kucing kadang-kadang suka menggerakkan ekornya ketika ia tidur ?

Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini hingga akhir. 


Kenapa Kucing Menggerakkan Ekor Saat Tidur ?

Apakah kamu pernah melihat kucing kamu saat tidur menggoyang-goyangkan ekornya ke kanan dan ke kiri secara perlahan ?  Pastinya kamu pernah melihat kucing kamu melakukan hal ini. Hal ini memang agak sedikit tak biasa namun kucing menggerakkan ekornya saat tidur adalah hal yang umum di lakukan kucing.

Saat kucing sedang melakukan ini sebenarnya hal ini mengandung beberapa alasan tertentu. Nah apa saja alasan kucing melakukkannya ? Berikut ini beberapa di antaranya : 

1. Kucing Tengah Melamun

Coba deh perhatikan kucing kamu. Jika kucing kamu baru saja hendak tidur dan menutup matanya kemudian menggoyang-goyangkan ekornya maka ini berarti kucing kamu belum memasuki alam tidurnya.

Kucing mungkin sedang asik melamun dan memikirkan hal-hal lainnya pada saat ini. Cara melamun kucing dan cara berpikir kucing mungkin berbeda dengan apa yang manusia lakukan sehingga kita tak bisa menebak apa yang saat ini sedang ia bayangkan.

Biasanya ketika kita mengganggu kucing yang sedang tidur dalam kondisi ini, kucing biasanya akan jengkel dan mereka akan memutuskan untuk pindah ke tempat lainnya untuk tidur.


2. Kucing Tengah Bermimpi

Meskipun belum ada bukti yang valid mengenai kucing yang bisa bermimpi. Namun berdasarkan beberapa penelitian yang di lakukan para ahli, dari berbagai percobaan mereka menemukan bahwa kucing dapat bermimpi.

Pergerakan ekor adalah salah satu petunjuk bahwa kucing sedang bermimpi saat ia tidur. Biasanya ketika kucing menggerakkan ekornya saat bermimpi, ini bisa menjadi pertanda bahwa kucing tengah memimpikan sesuatu hal yang luar biasa menarik baginya.

Contohnya adalah memimpikan melihat hal yang menarik, memimpikan menemukan makanan yang lezat, bermimpi memburu hewan, bermimpi mengenai pengalaman yang menyenangkan, berjumpa sesuatu hal yang ia sukai dan sejenisnya.


3. Cara Kucing Untuk Melanjutkan Tidurnya

Sewaktu kucing tengah tertidur dan kucing tiba-tiba terbangun maka sering kali kita melihat kucing kembali tidur lalu menggerak-gerakkan ekornya. Perilaku kucing yang menggerakkan ekornya adalah pertanda bahwa kucing sedang ingin melanjutkan tidurnya.

Gerakan ini kucing lakukan agar ia mudah tidur, mirip seperti manusia yang menghitung domba di saat hendak tidur.


4. Kucing Sedang Terjaga

Ketika kucing kamu menggerakkan ekornya ada juga kemungkinan bahwa kucing kamu sedang terjaga dari tidurnya. Beberapa kucing terkadang terjaga dari tidurnya di saat ia merasa tak nyaman dan tak merasa aman dengan lingkungan di sekitarnya.

Ini merupakan salah satu akibat dari tingkat kewaspadaan kucing yang bisa di bilang cukup tinggi yang mana membuat kucing selalu waspada terhadap hal apapun yang terjadi pada lingkungan sekitarnya.

 

5. Gerak Refleks Kucing

Gerakan ekor yang bergoyang-goyang juga bisa karena gerak refleks dari ekor kucing. Gerakan ini terjadi tanpa sadar oleh tubuh kucing di saat ekor mengalami sentuhan ataupun gangguan tertentu dari luar tubuhnya.

Karena itulah ketika kucing menggerak-gerakkan ekornya di saat ia tidur bisa jadi ini karena gerakan refleks otot yang terjadi secara alami. Ini hal yang normal dan merupakan pertanda bahwa saraf kucing tetap aktif meskipun kucing sedang tidur.

 

Kini kamu sudah tahu apa saja alasan kenapa kucing menggerakkan ekor saat tidur. Semoga artikel yang kamu baru saja baca ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url