Kucing Mandi Berapa Hari Sekali ? Ternyata Begini !

Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan yang suka membersihkan dan merawat tubuhnya sendiri. Pembersihan serta perawatan ini kucing lakukan dengan cara menjilati dan menggigiti bulu serta beberapa bagian tubuhnya.

 

Kucing Mandi Berapa Hari Sekali


Meskipun kucing bisa merawat dirinya sendiri tetapi tetap saja kucing sesekali perlu di mandikan dengan menggunakan sabun mandi layaknya manusia. Ini di lakukan untuk menjaga tubuh kucing bersih dari kotoran tertentu yang sulit di bersihkan oleh kucing.

Tak hanya itu saja ini juga penting untuk menjaga kucing dari serangan beberapa mikroorganisme pengganggu serta menimbulkan masalah kesehatan tertentu baginya seperti jamur, kutu, bakteri yang seringkali menempel di bulu atau tubuh kucing.

Bicara soal memandikan kucing ada beberapa pertanyaan terkait akan hal ini seperti beberapa hari sekali kucing sebaiknya di mandikan ?


Kucing Mandi Berapa Hari Sekali ?

Bagi mereka yang baru saja memelihara kucing tentunya akan kebingungan mengenai beberapa hari sekali kucing sebaiknya di mandikan. Perlu kamu tahu bahwa kucing sebaiknya di mandikan setiap 14 hari sekali atau 2 minggu sekali.

Berarti dalam sebulan kamu wajib memandikan kucing 2 kali dan maksimal memandikan kucing 3 kali dalam sebulan. Memandikan kucing tak boleh di lakukan terlalu sering sebab dapat menimbulkan masalah pada kucing.

Masalah tersebut seperti :

  • Bulu menipis

  • Kerontokan bulu

  • Kebotakan

  • Iritasi kulit

  • Stress pada kucing

  • Daya tahan tubuh menurun

  • Dan lainnya


Meskipun kucing tak boleh terlalu sering di mandikan tetapi ada beberapa pengecualian atas hal ini. Hanya saja pengecualian ini hanya di tujukan pada kucing dengan masalah tertentu yang berkaitan dengan masalah kesehatan dan seberapa urgentnya kondisi kucing saat ini.

Kamu boleh memandikan kucing lebih dari sekali dalam jarak beberapa hari jika :

1. Bulu Kucing Terlalu Kotor

Kamu boleh memandikan kucing jika kucing kamu tubuhnya sangat kotor atau sangat bau. Contohnya ketika kucing tak sengaja masuk ke dalam lumpur atau terkena percikan lumpur dari kendaraan yang melintas.

Atau ketika kucing kamu tak sengaja masuk parit yang berisikan air yang kotor dan membuat tubuh kucing kamu menjadi bau. Dengan kondisi seperti ini maka mau tak mau kamu wajib membersihkan tubuh kucing kamu agar ia kembali bersih dan harum.

Beberapa orang mungkin memberikan saran untuk membersihkan kucing yang badannya kotor menggunakan handuk basah lalu menyisir bulu sampai bersih namun menurut Anggora ini sangat menyusahkan untuk di lakukan serta memakan waktu yang cukup lama untuk membersihkannya.


2. Kucing Memiliki Alergi Tertentu

Jika kucing kamu memiliki alergi tertentu terhadap serbuk sari atau zat tertentu maka kamu dapat memandikan kucing untuk membersihkan bulunya dari alergen yang kemungkinan ada dan mengurangi gejala alerginya.


3. Kucing Memiliki Penyakit Kulit Tertentu

Kamu juga boleh memandikan kucing sering setiap harinya ketika kucing kamu mengalami masalah kulit tertentu. Contohnya adalah ketika kucing kamu mengalami penyakit kulit seperti scabies. Jika kucing menderita penyakit ini ada 2 opsi untuk penyembuhannya.

Yang pertama adalah dengan menyuntikkan obat scabies langsung ke tubuh kucing melalui bagian belakang leher kucing yang memiliki daging yang tebal atau mengobatinya dengan cara memandikan kucing dengan shampoo khusus yang mampu mengobati scabies.

Oh iya memandikan kucing untuk mengobati penyakit kulit kucing cuma berlaku bagi penyakit kulit akibat kutu, jamur, bakteri dan sejenisnya. Bila mana penyakit kulit terjadi akibat zat kimia dalam makanan, karena kucing stress yang menggigiti tubuhnya dan sejenisnya maka ini tak akan mengobati penyakit kulit kucing dan memandikan kucing tak di butuhkan untuk mengobatinya.

 

Tips Memandikan Kucing Dengan Aman

Untuk memandikan kucing dengan aman maka kamu dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut ini :

  • Gunakan ruangan tertutup agar kucing tak melarikan diri

  • Mandikan kucing dalam suhu yang cukup baik untuk mandi yakni tak terlalu dingin

  • Mandikan kucing dengan air hangat

  • Pakai shampoo khusus kucing sewaktu kamu memandikan kucing

  • Mandikan kucing dengan lembut dan sabar

  • Hindari shampo mengenai mata kucing

  • Setelah kucing selesai di mandikan maka wajib bagi kamu untuk mengeringkan tubuh kucing, kamu bisa mengeringkan tubuh kucing dengan menggunakan handuk kering atau alat pengering rambut

     

Gunakan cara di atas agar kucing kamu dapat di bersihkan dengan aman ketika kamu memandikan kucing kamu.


Kesimpulan

Kucing sebenarnya tak butuh mandi rutin, cukup memandikan kucing setiap 14 hari atau 2 minggu sekali. Meskipun kucing tak butuh mandi rutin namun terkadang kucing juga perlu di mandikan dalam kondisi tertentu tanpa harus menunggu sampai 2 mingguan.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing mandi berapa hari sekali. Semoga apa yang Anggora tuliskan dapat bermanfaat buat kamu yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url