Kenapa Sih Kucing Garuk Garuk Lantai ? Ternyata Ini Alasannya !

Kucing merupakan salah satu hewan yang sering di jadikan hewan peliharaan kesayangan di rumah. Hal ini karena kucing memiliki wajah yang menggemaskan, tubuh yang imut dan perilaku yang tak terduga.

 

Kenapa Sih Kucing Garuk Garuk Lantai ?


Yang mana perilaku ini tak jarang membuat kita heran,kesal, sedih ataupun bahagia. Nah bicara soal perilaku kucing yang membuat heran, ada satu perilaku yang membuat banyak pemilik kucing akan keheranan.

Perilaku ini adalah kucing yang sangat suka menggaruk lantai. Padahal lantai bisa di bilang memiliki permukaan keras sehingga sulit untuk di garuk. Menggaruk lantai pun tak akan menimbulkan kesan apa-apa pada kucing.

Lalu kenapa sih sebagian kucing sangat suka menggaruk lantai ? Untuk mengetahui jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan ini.


Kenapa Sih Kucing Garuk Garuk Lantai ?

Sebenarnya tak semua kucing suka menggaruk-garuk lantai terutama lantai yang permukaannya keras dan licin. Hanya ada beberapa kucing saja yang suka melakukan hal ini. Ketika kucing suka melakukan hal ini tentunya ada hal mendasar yang membuat kucing melakukannya.

Beberapa alasan dasar atau utama mengapa kucing suka garuk atau mencakar lantai adalah sebagai berikut :

1. Mengasah Kuku

Bagi kucing, kuku merupakan senjata utama mereka untuk mempertahankan diri mereka dan juga senjata utama mereka untuk menyerang mangsanya karena itulah kucing akan selalu berusaha menjaga kuku-kukunya supaya tetap tajam.

Berburu apa dan bertahan dari apa ? Bukannya kucing peliharaan aman karena berada di dalam rumah dan sulit menmukan mangsanya saat mereka di rumah. Opini ini benar namun kucing akan tetap melakukan hal ini meskipun tak ada mangsa atau predator.

Ini karena dorongan insting alami dan kebiasaan yang telah mengakar dalam kehidupan kucing yang membuat kucing akan terus melakukannya saat ia ingin sampai akhir hayatnya.


2. Membersihkan Kukunya

Kucing adalah hewan yang senang kebersihan karena itulah kucing sangat sering menghabiskan waktunya untuk merawat tubuhnya. Kucing akan merawat kepalanya, tubuhnya, kakinya, ekornya dan kukunya.

Untuk kuku kucing, kucing akan membersihkannya dengan cara yang simpel yakni membersihkannya dengan menggaruk garuk kayu, plastik, karpet dan lantai yang ada di sekitarnya.


3. Menghilangkan Kuku

Seiring berjalannya waktu, kuku kucing akan mengalami pergantian. Kuku yang berganti ini akan mati serta mulai melepaskan diri dari lapisan kuku lainnya. Biasanya kuku yang mati ini berada pada lapisan luar kuku.

Terkadang ada beberapa kuku mati yang masih menempel di kuku kucing dan sulit di hilangkan. Dengan menggaruk-garuk lantai maka kucing bisa mengatasi masalah ini dan menghilangkan kuku yang tak ia inginkan.


4. Latihan Fisik

Jika kamu melihat kucing kamu bersemangat menggaruk-garuk lantai rumah kamu maka bisa jadi ini karena kucing sedang melakukan latihan fisik. Latihan fisik seperti ini sangat umum di lakukan oleh kucing.

Latihan fisik yang di lakukan kucing ini untuk melatih otot-otot tubunya sekaligus menjaganya agar ototnya tetap dalam kondisi terbaik dan sehat.


5. Kucing Ingin Buang Air

Apakah kucing kamu melakukan garukan ke lantai sembari menundukkan tubuhnya agak kebawah dan terkadang dan kucing juga melakukannya sambil memutar-mutar tubuhnya ke arah kanan dan ke arah kiri.

Jika iya maka sebaiknya kamu segera mengangkat kucing dan memindahkannya ke litter box atau ke dalam kamar mandi karena ketika kucing melakukan hal ini itu berarti kucing sedang mempersiapkan tempat baginya untuk buang air besar dan air kecil.


Itulah dia beberapa alasan kenapa kucing suka garuk-garuk lantai. Mudah-mudahan artikel ini bisa bemanfaat bagi para pembaca.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url