Kenapa Kucing Bersembunyi Ketika Sakit ? Ternyata Ini Jawabannya !

Sebagai pemilik yang baik tentunya kita akan merawat kucing sebaik mungkin. Perawatan kucing ini meliputi : makanan yang sehat, minuman yang baik, vitamin, perawatan tubuh kucing, kebersihan lingkungannya dan perawatan lainnya.

 

Kenapa Kucing Bersembunyi Ketika Sakit


Terkadang walaupun kita telah berusaha sebaik mungkin merawat kucing dan tak ada satupun yang terlewatkan mengenai perawatan kucing namun tetap saja akan ada masa di mana kucing akan jatuh sakit.

Pada saat kucing jatuh sakit biasanya kucing akan memiliki beberapa perilaku aneh yang tak umum kucing lakukan ketika kucing jatuh sakit. Perilaku aneh ini dapat berupa kucing suka tidur di tempat  basah, kucing suka mengasingkan diri serta menyendiri dan juga kucing suka bersembunyi saat sakit.

Pada tulisan kali ini Anggora tak akan membahas semua hal di atas, hanya membahas mengenai perilaku kucing yang senang sekali bersembunyi di tempat tertentu ketika mereka sedang sakit. Bagi kamu yang penasaran akan hal ini maka wajib membaca hingga akhir.


Kenapa Kucing Bersembunyi Ketika Sakit ?

Ketika kucing sakit pastinya ada saja beberapa perilakunya yang membuat kita pusing. Nah salah satu dari banyak perilaku yang membuat pusing ini adalah perilaku kucing yang senang sekali bersembunyi di suatu tempat tertentu ketika mereka sedang sakit.

Umumnya ada beberapa tempat yang sering kali kucing sakit jadikan sebagai tempat persembunyian. Beberapa tempat ini antara lain :

  • Tempat yang gelap

  • Sudut ruangan

  • Di balik pintu

  • Di kolong meja

  • Di dalam kamar mandi

  • Di dalam lemari

  • Di bawah mobil ataupun di dalam mesin mobil

  • Di belakang lemari

  • Di dalam ruangan kosong atau ruangan yang jarang kita masuki

  • Di dalam gudang penyimpanan barang dan gudang lain yang sejenisnya

  • Dan beberapa tempat lainnya

 

Beberapa tempat di atas adalah tempat yang sering kali kucing jadikan untuk dirinya bersembunyi. Anggora tahu beberapa tempat ini senang di jadikan tempat bersembunyi karena pengalaman Anggora sendiri yang sering merawat kucing sakit.

Sewaktu kucing suka bersembunyi di saat mereka sakit, kucing melakukan hal ini karena alasan tertentu. Lalu mengapa kucing bersembunyi ketika sakit ? Berikut ini adalah beberapa alasan utama kucing melakukan hal ini :

1. Kucing Ingin Beristirahat Dengan Tenang

Ketika manusia sakit, manusia pastinya ingin beristirahat dengan tenang sehingga tubuh mereka bisa merasa lebih baik. Hal serupa juga berlaku untuk kucing, kucing juga ingin beristirahat dengan tenang di saat mereka sakit.

Karena itulah kucing akan memutuskan untuk mencari-cari tempat tertentu yang cukup tersembunyi dan jauh dari keberadaan manusia. Dengan tidur di tempat ini kucing merasa bahwa mereka bisa tidur lebih mudah dari pada tidur di tempat lainnya.


2. Jauh Dari Gangguan

Seperti yang Anggora jelaskan di atas bahwa kucing ingin beristirahat dengan tenang ketika mereka sakit karena itulah mereka tidur di tempat yang cukup tersembunyi. Selain karena memudahkan mereka untuk tidur, tempat ini umumnya jauh dari gangguan.

Baik itu gangguan dari hewan sejenisnya, hewan lainnya maupun gangguan dari pada manusia. Karena itulah tempat tersembunyi merupakan tempat yang tepat bagi mereka untuk memulihkan diri mereka di saat sedang sakit.


3. Merasa Aman

Sewaktu kucing sakit maka kucing akan berada dalam kondisi terlemah mereka. Ini membuat kucing akan memilih tempat yang cukup tersembunyi di saat mereka sedang sakit agar mereka aman dari serangan hewan lainnya.

Loh bukannya kucing ada di dalam rumah, bukannya rumah adalah tempat yang sangat aman dari bahaya apapun ? Memang benar, hanya saja kucing adalah hewan yang cukup waspada karena pengaruh naluri alaminya yang membuat ia tetap akan bersembunyi meskipun ia berada di tempat teraman seperti di dalam rumah saat ia sedang sakit.

 

4. Menghindari Perhatian 

Kucing memiliki naluri alami yang membuat mereka tak boleh tampak lemah di hadapan makhluk lain yang memiliki potensi mengancam. Alasan inilah yang membuat kenapa setiap kali kucing sakit maka mereka akan memilih tempat tersembunyi untuk mereka berdiam diri dan beristirahat.


5. Pemulihan Diri Sendiri

Dalam beberapa kasus tertentu, kucing dapat menyembuhkan diri mereka sendiri secara alami. Kucing melakukan pemulihan dengan cara berdiam diri di tempat tersembunyi dan fokus pada pemulihan tubuh mereka.

Kucing memang dapat melakukan pemulihan dari penyakit secara mandiri namun ini hanya terjadi pada beberapa kucing saja sementara beberapa kucing lainnya yang melakukan pemulihan secara mandiri berakhir dengan penyakit yang semakin parah dan berujung kematian.

Di sarankan saat kucing sakit sebaiknya kamu membawa kucing kamu berobat ke dokter hewan agar penyakitnya bisa segera disembuhkan.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai alasan kenapa kucing selalu bersembunyi ketika mereka sakit. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url