Bagaimana Cara Menghangatkan Kucing Yang Kedinginan ? Ternyata Ini Caranya !

Kita semua tahu bahwa kucing adalah hewan yang memiliki bulu yang panjang dan lebat, terutama jenis kucing ras tertentu yang memiliki bulu yang panjang dan tebalnya mungkin 2 kali lipat dari pada kucing biasa.

 

Cara Menghangatkan Kucing Yang Kedinginan


Walaupun kucing memiliki bulu yang lebat tetap saja kucing bisa merasakan yang namanya kedinginan. Ini terjadi di saat bulu kucing tak mampu menjaga suhu tubuhnya tetap hangat dan membuat kucing merasa kedinginan.

Ketika kucing kedinginan sebaiknya jangan di biarkan sebab ini bisa membuat kucing jatuh sakit dan yang paling fatal adalah kucing bisa mati karena mengalami Hipotermia. Hangatkan kucing kamu jika kamu tak ingin ini terjadi pada kucing kesayangan yang kamu pelihara.

Lalu bagaimana cara menghangatkan kucing yang kedinginan ? Penasaran ? Lihat caranya pada tulisan Anggora berikut ini.

 

Bagaimana Cara Menghangatkan Kucing Yang Kedinginan ?

Seperti yang baru saja Anggora jelaskan di atas bahwa saat kucing gemetar kedinginan maka kita tak boleh membiarkan kucing begitu saja. Ini bisa membuat kucing menjadi tak nyaman serta membuat kucing mengalami masalah kesehatan yang serius bahkan kematian.

Wajib bagi kita untuk segera menghangatkan kucing dengan cara yang cepat dan aman agar suhu tubuh kucing kembali normal juga stabil. Lalu caranya bagaimana ? Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengatasi tubuh kucing yang kedinginan versi Anggora:

1. Tempatkan Kucing Yang Kedinginan Dalam Ruangan Yang Hangat 

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan sebelum menghangatkan kucing kamu secara total adalah dengan cara menempatkan kucing di dalam ruangan yang hangat. Ini perlu di lakukan untuk membuat suhu tubuh kucing tak turun drastis serta menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

Di samping itu, menempatkan kucing dalam ruangan yang hangat juga akan sangat membantu kita saat sedang menghangatkan kucing. Lebih baik lagi jika menempatkan kucing di dalam ruangan yang ada alat penghangatnya sehingga kita bisa mengatur suhu udara yang ada di dalamnya.

Untuk suhu ruangan pastikan suhu ruangan berada pada suhu 24-27 C atau bisa di naikkan sesuai dengan kebutuhan suhu hangat yang kita butuhkan saat ini.


2. Tutup Jendela Atau Pintu Agar Suhu Ruangan Tetap Stabil

Saat meletakkan kucing dalam ruangan, jangan lupa untuk menutup jendela atau pintu ruangan untuk menjaga suhu dalam ruangan tetap stabil sehingga kucing yang sedang kedinginan bisa merasa nyaman di dalamnya.


3. Keringkan Tubuh Kucing Yang Sedang Kedinginan

Setelah memindahkan kucing ke ruangan yang hangat. Coba perhatikan dulu kucing kamu, lihatlah apakah kucing dalam keadaan basah atau tidak. Jika kucing dalam keadaan basah maka sebaiknya keringkan dulu tubuh kucing kamu.

Untuk mengeringkan tubuh kucing di sarankan memakai hair dryer agar pengeringan aman di lakukan, kucing tak kedinginan dan tubuh kucing dapat di keringkan dengan cepat. Jika kamu tak punya hair dryer maka kamu bisa menggunakan handuk atau kain kering untuk mengeringkan tubuh kucing.

Oh ia sangat tidak di sarankan mengeringkan tubuh kucing yang basah dengan memakai kipas angin. Alat ini memang bisa mengeringkan tubuh kucing namun ini bisa membuat kucing menjadi semakin kedinginan dan membuat kondisi tubuhnya menjadi semakin buruk.


4. Tempatkan Kucing Yang Kedinginan Di Tempat Yang Hangat

Kalau tubuh kucing tak basah maka kamu dapat menempatkan kucing di tempat yang hangat agar ia bisa beristirahat. Contohnya adalah tempat tidur khusus kucing yang berlapiskan kain tebal, kotak kardus yang sudah di atur menyerupai tempat tidur, di atas sofa yang hangat dan lainnya.

Kamu juga bisa mengajak kucing kamu tidur bersama kamu di atas tempat tidur milik kamu. Saat kamu melakukan ini pastikan kamu meletakkan litter box di dalam kamar agar kucing tak buang air besar ataupun kecil di atas kasur milikmu.


5. Selimuti Tubuh Kucing Dengan Kain Hangat

Selain menyediakan kucing yang sedang kedinginan tempat yang hangat untuk beristirahat, kamu juga bisa menambahkan selimut untuk membantu kucing dalam menghangatkan tubuhnya yang saat ini terasa dingin.

Letakkan selimut tepat di atas tubuh kucing dan pastikan selimut menutupi seluruh tubuh kucing kecuali bagian kepalanya agar kucing merasa nyaman dan tenang karena bisa bernafas dengan bebas.


6. Pakaikan Kucing Pakaian Khusus Kucing

Kebanyakan kucing mungkin tak suka bilamana mereka di pakaikan selimut. Untuk mengatasi hal ini sekaligus untuk membuat tubuh kucing kamu menjadi hangat maka kamu bisa memakaikan kucing kamu baju khusus kucing.

Baju khusus kucing ini bisa kamu beli di Pet Shop atau bisa kamu beli di toko online. Jika kamu kreatif, kamu juga bisa membuat baju ini dengan mengikuti referensi yang ada di internet. kamu juga bisa menjadikan pakaian bayi yang tak terpakai sebagai pakaian untuk kucing peliharaan kamu.


7. Beri Kucing Makanan Dan Minuman Hangat

Memberikan makanan dan minuman yang hangat juga bisa membantu kita untuk menghangatkan tubuh kucing terutama di saat tubuh kucing sedang merasa sangat kedinginan. Ada hal yang penting yang perlu kamu perhatikan saat memberi makanan atau minuman hangat untuk kucing.

Yaitu kamu perlu memastikan bahawa makanan atau minuman yang kamu berikan suhunya tak terlalu panas untuk kucing sebab kalau suhunya terlalu panas maka ini bisa melukai lidah kucing sehingga kucing menjadi enggan untuk memakannya.


Itulah dia beberapa cara mengatasi kucing kedinginan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sudah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url