Bagaimana Cara Memberi Makan Kucing Kampung ? Ini Caranya !

Di Indonesia kucing liar yang sering kita temui di lingkungan tempat kita tinggal sering kali di sebut dengan kucing kampung. Anggora sendiri tak tahu apa alasan yang membuat kucing ini di juluki kucing kampung.

 

Bagaimana Cara Memberi Makan Kucing Kampung


Mungkin karena kucing terlihat biasa dari segi penampilan dan sangat mudah di temukan di mana saja, inilah mengapa mungkin kucing mendapat sebutan kucing kampung. Meskipun bagi kebanyakan orang kucing kampung hanyalah kucing biasa, di mata beberapa orang kucing ini memiliki daya tariknya sendiri.

Inilah mengapa beberapa dari kita senang menjadikan kucing jenis ini sebagi hewan peliharaan dalam rumah ataupun hewan peliharaan di luar rumah. Oh iya bicara soal kucing kampung, kucing jenis ini juga wajib di berikan makanan.

Namun bagaimanakah cara yang benar untuk memberikan kucing kampung makanan ? Lihat caranya dalam tulisan Anggora ini.

 

Bagaimana Cara Memberi Makan Kucing Kampung ?

Bagi mereka yang baru saja memelihara kucing kampung tentunya akan kebingungan di saat hendak memberi makan kucing miliknya. Kebingungan tersebut seperti apakah makanan untuk kucing kampung, berapa kali kucing kampung harus di beri makan dan sebagainya.

Untuk mengatasi kebingungan ini dan agar kamu dapat memberi makan kucing kamu dengan baik maka kamu dapat melihat caranya di bawah ini. Caranya yaitu :

1. Tentukan Berapa Kali Kucing Makan Dalam Sehari

Tentukan berapa kali dalam sehari kamu harus memberi kucing kamu makan. Umumnya kucing kampung harus di beri makan 3 kali dalam sehari. Pemberian makan 3 kali sehari ini merupakan jadwal pemberian makanan yang paling baik untuk di terapkan pada kucing.

Baik untuk mengenyangkan perutnya, baik untuk pertumbuhan tubuhnya dan juga baik untuk kesehatannya. Namun ada pengecualian tertentu dengan memberikan kucing makan 2 kali dalam sehari jika kamu tak bisa memberikan kucing makan karena sibuk bekerja.

Hanya saja untuk makan 2 kali dalam sehari untuk kucing kampung, kamu perlu memberikan porsi makan dua kali lipat dari porsi makan yang normal bagi kucing.


2. Beri Makan Kucing Kampung Menggunakan Wadah Makanan Yang Baik

Menyiapkan wadah atau tempat makanan yang baik untuk kucing adalah salah satu aspek penting dalam memberi makan kucing. Meskipun sepele, tempat makan kucing juga dapat mempengaruhi kesehatan kucing.

Jika kamu sembarangan dalam meletakkan makanan kucing di lantai atau piring yang kotor lalu kucing memakan makanan tersebut maka ini bisa beresiko menjadi penyebab penyakit tertentu pada kucing.

Salah satu contohnya adalah permukaan lantai atau piring yang kotor bisa membuat kucing yang memakannya makanan di atasnya mengalami masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Bisa juga kucing tanpa sengaja memakan parasit atau bakteri yang membuatnya jatuh sakit.

 

3. Beri Makan Kucing Di Tempat Yang Aman

Ketika kita hendak memberikan makan kucing maka kita terlebih dahulu menentukan di mana kita akan memberikan kucing makan. Pastikan memberikan kucing makan di tempat yang aman dan jauh dari gangguan hewan lainnya.

Ini agar kucing dapat menikmati makanannya dengan nyaman dan agar makanannya tidak di makan oleh hewan lain yang berada di dekatnya. Oh iya pastikan juga tempat kamu memberi makan kucing tak terdapat benda tajam dan tak ada cairan kimia beracun yang berpotensi mengacam keselamatan kucing kamu di saat ia tengah asik makan.


4. Berikan Kucing Makanan Yang Baik

Kucing kampung mungkin dalam pikiran kebanyakan orang adalah hewan yang sering kali makan makanan sisa makanan manusia. Ini benar namun hal ini tak baik untuk kucing kampung kita ketika kita menjadikannya hewan peliharaan.

Karena itu berikanlah kucing makanan yang baik untuknya seperti makanan khusus kucing basah atau kering yang banyak di jual di pasaran. Kamu bisa juga membuat makanan kucing kampung kamu sendiri jika kamu punya waktu luang.

Bagaimana cara membuat makanan kucing kampung sendiri ? Caranya sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memasak ikan hingga matang dengan cara merebusnya lalu membuang duri dan tulangnya kemudian kamu dapat mencampurkannya dengan nasi dengan perbandingan ikan 80 % dan nasi 20 %.

Saat merebus ikan hingga matang, jangan campurkan apapun ke dalamnya sebab rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih yang mana baik untuk manusia bisa menjadi beracun bagi kucing yang memakannya.

Oh iya jika kamu ingin memberikan kucing kampung kamu makan ikan, kamu dapat melihat cara membuat makanan kucing kampung ikan pindang dengan mengklik di sini.


5. Jangan Berikan Kucing Kampung Sembarangan Makan

Pada saat kamu makan sesuatu makanan dan kucing kamu kelihatan tertarik dengan makanan tersebut dan merayu kamu untuk memberi ia makanan maka sebaiknya jangan gegabah. Jangan asal berikan makanan ke kucing kampung peliharaan kamu.

Periksalah dulu apakah makanan ini aman di berikan ke kucing dengan menanyakan orang-orang yang paham mengenai hal ini atau mencari informasinya dengan browsing di internet. Lakukan hal ini jika kamu ingin kucing kamu tetap sehat.

Perlu kamu tahu bahwa beberapa makanan yang aman bagi manusia bisa beracun bagi kucing contohnya adalah makanan yang terbuat dari coklat. Jika di konsumsi oleh kucing dapat menyebabkan keracunan.

 

6. Sediakan Air Minum Di Dekat Makanan Kucing

Air minum juga termasuk bagian penting dalam memberi makan kucing. Air dapat meredakan rasa haus kucing setelah ia makan dan membantu makanan agar mudah bergerak menuju saluran pencernaan kucing.

Di samping itu menyediakan air minum juga sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kucing dan mencegahnya terkena penyakit seperti ginjal atau mengalami dehidrasi. Karena itu selalu sediakan minum kucing di dekat makanan kucing.

Oh iya air yang kamu berikan untuk kucing wajib air yang sudah di masak matang agar aman untuk kucing minum.

 

Menurut Anggora itu saja sih cara-cara memberikan kucing kampung makan dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang sudah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url