Apakah Kucing Buta Bisa Disembuhkan ? Ternyata Ini Jawabnya !

Sebagai pemilik kucing tentunya kita akan sangat menyayangi kucing kita. Kita akan sangat menjaga kucing dengan selalu menyediakan makanan yang baik baginya, merawatnya dengan baik dan selalu memberikan perhatian padanya.

 

Apakah Kucing Buta Bisa Disembuhkan


Namun mesikpun kita telah merawat kucing dengan baik terkadang kita tetap akan di hadapkan dengan kondisi di mana kucing akan mengalami masalah tertentu dengan anggota tubuhnya. Salah satu masalah dengan anggota tubuh yang terjadi adalah kebutaan.

Memang kebutaan pada kucing jarang terjadi namun ini bisa saja dialami oleh kucing kita. Kebutaan bisa terjadi karena kucing menderita suatu penyakit tertentu, kucing mengalami cedera yang seiring waktu membuatnya menjadi buta, kucing mengalami kecelakaan yang membuatnya buta dan ini pun bisa terjadi akibat cacat bawaan lahir.

 

Apakah Kucing Buta Bisa Disembuhkan ?

Seperti yang Anggora sebutkan di atas bahwa banyak hal yang mungkin menjadi penyebab utama mengapa kucing mengalami kebutaan. Apapun penyebabnya maka jika ini terjadi pada kucing kita hanya satu hal yang ada di pikiran kita.

Yaitu apakah kucing kita yang tengah mengalami setengah buta ataupun kebutaan dapat di sembuhkan ? Nah untuk menjawab pertanyaan ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini hingga selesai.

1. Penyebab Kebutaan Pada Kucing

Sebelum kita membahas apakah kucing dapat di sembuhkan ketika ia buta maka sebelumnya penting untuk tahu bahwa apa saja yang menjadi penyebab kebutaan pada kucing. Umumnya ada beberapa penyebab kucing mengalami kebutaan, yaitu :

  • Kelainan bawaan sejak lahir

  • Infeksi mata

  • Trauma fisik

  • Penyakit Degeneratif

  • Masalah mata akibat penuaan usia


Penyebab kebutaan pada kucing bisa memiliki penyebab yang berbeda-beda tergantung kondisi kucingnya. Karena itulah untuk mengetahui secara akurat penyebabnya maka pemeriksaan harus di lakukan oleh ahli seperti dokter hewan.

Oh iya pemeriksaan terkait penyebab mata kucing juga di butuhkan oleh dokter untuk menentukan langkah apa yang mesti di ambil selanjutnya untuk mengobati kucing.


2. Kebutaan Yang Dapat Di Sembuhkan

Dalam beberapa kasus kebutaan yang terjadi pada kucing, kebutaan bisa di sembuhkan dan kucing bisa mendapatkan penglihatannya kembali. Namun hal ini hanya terbatas pada kondisi kebutaan yang bisa di obati.

Contohnya adalah ketika kucing mengalami infeksi mata, trachoma, ulkus kornea, konjungtivitis. Jika beberapa penyakit ini di obati dengan baik maka kucing dapat melihat. Beberapa kondisi lainnya selain kondisi di hanya bisa di sembuhkan dengan melakukan pembedahan dan pengobatan contohnya glaukoma, katarak atau radang mata.


3. Kondisi Yang Tak Dapat Di Sembuhkan

Selain kasus kebutaan yang dapat di sembuhkan ada juga kasus di mana mata kucing tak dapat di sembuhkan sama sekali meskipun dengan menggunakan obat terbaik dan teknologi yang canggih yang ada saat ini.

Beberapa kondisi kebutaan pada kucing yang tak mungkin di sembuhkan adalah ketika mata kucing mengalami kebutaan karena kecacatan fisik sejak lahir atau kucing mengalami kecelakaan dan mengalami  cidera fatal pada matanya yang membuat mata kucing mengalami kerusakan total.

 

Lalu Apakah Mata Kucing Buta Bisa Sembuh ?

Berdasarkan apa yang Anggora baru saja jelaskan di atas maka bisa kita simpulkan bahwa jawabannya adalah bisa iya dan bisa tidak. Ini tergantung bagaimana kondisi mata kucing yng saat ini tengah mengalami kebutaan.

Bila kebutaan kucing saat ini adalah jenis kebutaan yang bisa di sembuhkan maka kucing mungkin bisa di sembuhkan serta melihat kembali namun sebaliknya jika kebutaan kucing adalah jenis kebutaan yang tak dapat di sembuhkan maka akan mustahil bagi kucing untuk sembuh.

 

Jika Ternyata Kucing Tak Bisa Sembuh Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Jika ternyata kucing tak bisa di sembuhkan maka janganlah bersedih hati atau menjadi kejam dengan membuang kucing yang telah mengalami kebutaan ke jalanan. Meskipun kucing tak bisa sembuh tetap rawatlah ia dan bantulah kucing untuk tetap hidup dengan nyaman dan berkualitas.

Rawatlah kucing dengan baik serta bantulah ia saat ia kesulitan dengan hal hal tertentu. Oh iya saat mata kucing mengalami kebutaan umumnya kucing akan menggunakan indera lainnya seperti pendengaran, penciuman dan sejenisnya untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Pada akhirnya meskipun kucing tak bisa melihat tetapi kucing masih mampu berinteraksi dengan baik dengan kita dan juga lingkungan sekitarnya. Jangan lupa juga untuk sesekali berkonsultasi dengan dokter hewan terkait kondisi kesehatan kucing, cara perawatan dan mengenai hal-hal lainnya yang ingin kamu tanyakan.


Peran Pemilik Kucing Untuk Kucing Yang Mengalami Kebutaan

Pada awal kebutaan, kita mungkin harus bersabar dan terus memberikan pengawasan ekstra terhadap kucing. Ini perlu kita lakukan untuk membantu kucing agar tak merasa sendirian dalam kegelapan dan membantunya ketika ia menemui masalah.

Mungkin butuh beberapa lama untuk kita melakukan hal ini. Ini perlu kita lakukan sampai kucing telah bisa beradaptasi dengan kondisi barunya. Saat kucing sudah terbiasa dengan kondisi barunya maka si kucing mungkin dapat melakukan beberapa hal secara mandiri.

Selain pengawasan dan kebutuhan kucing, perhatian juga merupakan hal yang perlu selalu kita berikan kepada kucing yang mengalami kebutaan. Perhatian ini akan membuat kucing tak akan pernah merasa sendiri dan semangat dalam menjalani kehidupan.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing buta dapat di sembuhkan atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url