Kenapa Kucing Suka Menggaruk Karpet ? Ternyata Ini Alasannya !

Selain karena wajahnya yang menggemaskan, kucing pun terkenal dengan berbagai perilakunya yang unik. Salah satu dari sekian banyaknya perilakunya kucing yang unik ini adalah kucing suka menggaruk sesuatu benda.

 

Kenapa Kucing Suka Menggaruk Karpet


Benda yang suka sekali di garuk oleh kucing peliharaan kita umumnya adalah karpet. Anehnya kucing selalu menggaruk di tempat yang sama dan kucing akan melakukan hal ini setiap harinya di kala ia senggang.

Karena hal ini tak jarang karpet kita menjadi rusak. Melihat perilaku kucing yang satu ini tentunya kita akan bertanya tanya dalam hati kenapa kucing sangat suka mencakar karpet dan apakah ada tindakan yang bisa mencegah kucing melakukannya.

Bagi kamu yang memiliki pertanyaan serupa seperti apa yang baru Anggora tulisakan di atas maka untuk mengetahui jawabannya sobat Anggora wajib membaca tulisan ini sampai akhir.

 

Kenapa Kucing Suka Menggaruk Karpet ?

Bukannya iseng atau kucing berniat jahat tapi kucing melakukan hal ini karena beberapa alasan tertentu. Setahu Anggora ada beberapa alasan yang mendasari kucing melakukan hal ini. Lalu apa alasannya ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Merawat Kukunya

Alasan pertama kenapa kucing suka menggaruk karpet adalah karena kucing ingin merawat kukunya. Kucing melakukan hal ini dengan tujuan merawat kukunya agar kukunya tetap tajam dan bersih dari kotoran.

Bukan cuma itu saja, kucing juga melakukan hal ini untuk melepaskan lapisan luar kukunya yang telah mati. Lapisan kuku mati ini mesti di lepaskan karena tak lagi berguna serta membuat kucing merasa risih sebab mengganggu pergerakannya.

 

2. Merenggangkan Otot Tubuhnya

Pernahkah kamu melihat ada kucing yang mencakar-cakar karpet sembari melakukan tindakan untuk meregangkan tubuhnya ? Atau pernahkah kamu melihat kucing mencakar karpet kemudian ia diam dengan posisi kuku masih menancap di karpet sembari meregangkan tubuhnya.

Jika kamu pernah melihatnya maka kamu harus tahu bahwa ini adalah tindakan yang di lakukan kucing untuk meregangkan otot-otot tubuhnya agar otot kembali rileks. Oh iya selain untuk meregangkan otot tubunya kucing juga melakukan ini dengan tujuan melatih otot tubuhnya agar tetap sehat.


3. Penandaan Miliknya Dan Daerah Kekuasaanya

Selain karena 2 alasan di atas, kucing juga melakukan hal ini untuk menandakan suatu benda bahwa benda ini adalah miliknya. Penandaan ini adalah penandaan yang bisa di bilang sepihak dari kucing peliharaan.

Kucing menandai suatu benda dengan menggunakan kelenjar keringat di kaki mereka di saat ia sedang mencakar-cakar karpet. Bau ini akan memberi signal pada kucing lain bahwa benda itu adalah miliknya dan daerah ini merupakan daerah yang ia kuasai.


4. Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Walapun terlihat sepele dan membuat pemilik kesal dengan perilakunya tetapi ternyata kucing melakukan hal ini untuk menjaga kesehatan kandung kemihnya. Ketika kucing betina menggaruk karpet, kucing sedang melakukan gerakan khusus.

Gerakan khusus ini serupa dengan gerakan saat kucing menggali pasir di bak pasir yang mana gerakan ini sendiri dapat membantu merangsang fungsi kandung kemih dan mempermudah kucing dalam mengeluarkan urin.


5. Mengatasi Stress Dan Rasa Bosannya

Bagi kucing kucing tindakan menggaruk karpet bisa di gunakan sebagai tindakan hiburan di saat kucing tengah merasakan stress. Kucing yang jarang bergerak karena tak ada teman bermain ataupun tak ada hewan untuk di buru juga sering kali mencakar karpet atau kursi.

Ini kucing lakukan sebagai tindakan alternatif bagi mereka untuk melepaskan energi mereka sekaligus menghabiskan beberapa waktu mereka. Sekedar Info, menggaruk karpet bisa mengurangi rasa stress pada kucing dan memberikan rangsangan yang menyenangkan bagi mereka.

 

Apakah Perilaku Kucing Ini Bisa Di Cegah ?

Meskipun kelihatannya tindakan ini sulit di cegah namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa di bilang cukup efektif untuk mencegah kucing terus-terusan menggatuk karpet dan membuatnya menjadi rusak.

Beberapa cara yang efektif tersebut adalah :

  • Menyediakan tempat khusus untuk mencakar atau menggaruk yang terbuat dari kayu. Tempat khusus ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan melihat beberapa referensi yang ada di internet atau kamu bisa membelinya secara langsung di petshop ataupun di toko online

  • Melakukan pemotongan kuku dan pembersihan kuku kucing secara teratur. Lakukan pemotongan kuku dengan menggunakan alat potong kuku khusus kucing. Disarankan untuk melakukan pemotongan kuku kucing secara hati-hati agar tak melukai kaki kucing

  • Mengajak kucing bermain atau jalan-jalan agar kucing bisa melepaskan energinya secara maksimal dan tak lagi melampiaskannya pada karpet milik kamu


Cara di atas cukup efektif untuk mencegah kucing mencakar karpet kita bila mana di lakukan sekaligus dan di lakukan secara rutin.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai penyebab kucing suka menggaruk karpet dan tindakan pencegahannya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url