Kenapa Kucing Garuk Garuk Kursi ? Ternyata Ini Alasannnya !

Sebagai orang yang hobi memelihara kucing, kita pecinta kucing pastinya tahu beberapa perilaku yang umum di lakukan oleh kucing. Beberapa perilaku yang umum kucing lakukan contohnya adalah kucing suka tidur, suka bermain, suka mengeong-negong, senang di beri makan dan suka menggaruk atau mencakar benda yang berada di sekitarnya.

 

Kenapa Kucing Garuk Garuk Kursi


Oh iya bicara soal kucing yang suka menggaruk benda di sekitarnya, benda yang sering kali menjadi sasaran garukan kucing adalah kursi. Mau itu kursi plastik, kursi kayu, kursi yang ada busanya, semuanya akan di garuk oleh kucing ketika ia ingin.

Melihat perilaku kucing yang satu ini pastinya kita akan melarang kucing melakukannya karena ia bisa merusak kursi kita jika ia terus melakukannya. Namun walaupun kita melarang kucing menggaruk kursi tetapi tetap saja si kucing tak peduli dan akan terus menggaruknya.

Hal ini tentu saja membuat kita bertanya-tanya kenapa kucing suka menggaruk kursi. Kenapa sih kucing suka menggaruk kursi ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora ini.


Kenapa Kucing Garuk Garuk Kursi ?

Kebanyakan kucing sangat suka mengggaruk kursi atau benda lainnya. Baik itu kucing ras ataupun kucing domestik dan kucing liar, semuanya pasti memiliki kebiasaan yang satu ini. Jika kita melihat secara sepintas, alasan kucing menggaruk kursi adalah untuk merusaknya.

Saat kucing menggaruk kursi, kucing memang bisa merusaknya namun alasan ini tak sepenuhnya tepat. Pastinya ada alasan lain mengapa kucing suka melakukan hal ini. Apa alasannya ? Berikut beberapa diantaranya :

1. Untuk Mengasah Kukunya

Alasan yang pertama adalah kucing melakukan kebiasaan ini hanya karena ia mengasah kukunya. Kucing ingin agar kukunya tetap tajam. Dengan menajamkan kukunya kucing merasa yakin bahwa ia akan mampu mempertahankan dirinya dari hewan lainnya yang mengancamnya.

Bukan cuma untuk melindunginya dari hewan lainnya, kuku tajam juga dapat membantu ia melindungi dirinya dari serangan hewan sejenisnya. Selain untuk melindungi dirinya sendiri dari ancaman hewan sejenis dan hewan lainnya, kuku yang tajam juga di butuhkan oleh kucing untuk menangkap mangsanya.

Mangsa itu dapat berupa lalat, nyamuk, cicak, tikus, kecoa dan sejenisnya. Dengan kuku yang tajam, kucing akan mudah menangkap mangsanya dan bisa meniadakannya hanya dengan beberapa cakaran saja.


2. Mengasah Fisknya

Selain untuk mengasah kukunya, kucing juga melakukan hal ini untuk mengasah fisiknya. Aktivitas ini dapat melatih tubuh dan otot-otot yang membuat mereka tetap bugar dan menjaga tubuh mereka dalam kondisi yang maksimal.

 

3. Simulasi Serangan

Mungkin ini bisa di bilang mirip dengan teknik shadow boxing di tinju. Karena kucing tak punya kemampuan untuk membuat musuh bayangan maka kucing akan menggunakan cara lain untuk mensimulasikan serangannya.

Untuk mensimulasikan serangannya pada musuh dan mangsanya maka kucing akan menggunakan benda lainnya seperti lemari, kursi dan sejenisnya. Kucing akan mencakar-cakar benda-benda ini seolah ia sedang menyerang musuh juga mangsanya.


4. Penandaan Wilayah

Tahu tidak bahwa kucing akan meninggalkan baunya untuk menandai suatu wilayah yang menjadi daerah kekuasaannya. Penandaan ini biasanya kucing lakukan dengan tiga cara setahu Anggora yaitu dengan meninggalkan kotoran serta urinnya atau dengan meninggalkan bau tubuhnya.

Untuk meninggalkan bau tubuhnya kucing umumnya akan menggosokkan tubuhnya ke lantai ataupun dinding di sekitarnya dan menggaruk-garuk benda-benda yang berada di sekitarnya.


5. Enak Untuk Digaruk

Beberapa permukaan kursi sangat enak untuk di garuk bagi kucing. Ini dapat meninggalkan kesan enak sekaligus menyenangkan bagi kucing ketika menggaruknya, Beberapa permukaan kursi yang enak untuk di garuk kucing adalah kursi kayu dan juga kursi yang ada busanya.

 

Bagaiman Cara Agar Kucing Tak Lagi Menggaruk-Garuk Kursi ?

Ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membuat kucing tak lagi menggaruk-garuk kursi dan merusaknya. Beberapa tindakan yang kamu bisa lakukan adalah dengan cara :

  • Menyediakan papan atau tiang khusus yang menarik bagi kucing untuk di garuk. Sehingga setiap kali kucing ingin menggaruk maka ia akan mendatangi tempat dimana papan atau kayu ini berada. Jika kamu malas membuat papan atau tiang ini maka kamu bisa membelinya langsung di petshop atau di toko online

  • Lapisi kursi kamu dengan lapisan tertentu yang membuat kucing kehilangan keinginnannya untuk menggaruk kursi kamu. Contohnya melapisi kursi dengan besi khusus dan sejenisnya.

  • Jika dua cara di atas tetap saja gagal maka langkah terakhirnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kucing mencakar kursimu adalah dengan memotong kuku kucing secara teratur

 

Dengan menggunakan beberapa cara di atas di jamin kucing akan berhenti menggaruk-garuk kursi kamu. Mungkin itu saja pembahasan mengenai alasan kucing suka mencakar kursi, semoga isi tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url