Makanan Kucing Expired Masih Boleh Dimakan ? Ini Penjelasannya !

Salah satu faktor terpenting saat memelihara hewan adalah memenuhi kebutuhan makanan mereka. Memenuhi kebutuhan makanan hewan peliharaan wajib kita lakukan dan yang paling penting adalah makanan yang diberikan haruslah aman.

 

Makanan Kucing Expired Masih Boleh Dimakan

 

Kita harus memilah mana makanan yang baik bagi kucing dan mana yang buruk baginya. Bicara soal makanan kucing, salah satu pertanyaan yang mungkin sering di tanyakan pembaca adalah mengenai makanan expired atau kadaluarsa.

Banyak dari pembaca yang mungkin penasaran apakah makanan kucing kadaluarsa ataupun sudah expired masih boleh di berikan dan di makan oleh kucing. Kalau kamu juga penasaran mengenai hal ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Sedikit Pembahasan Mengenai Expired ( Tanggal Kadaluarsa )

Sebelum masuk ke pembahasan utama maka kita bahas dulu sedikit mengenai tanggal kadaluarsa. Apa itu tanggal kadaluarsa ? Tanggal kadaluarsa adalah sebuah tanggal yang menunjukkan sampai kapan makanan ini aman serta berkualitas untuk di konsumsi.

Makanan kucing secara keseluruhan wajib memiliki yang namanya tanggal kadaluarsa / expired. Tanggal kadaluarsa ini di tetapkan oleh produsen ( pembuat / pabrik makanan ). Tanggal kadaluarsa tidak asal begitu saja di tetapkan.

Hal ini di dasarkan oleh pengukuran makanan oleh ahli itu sendiri. Tanggal kadaluarsa memiliki pengaruhnya pada makanan. Ketika makanan telah melewati tanggal kadaluarsa akan ada beberapa perubahan yang terjadi pada makanan.

Beberapa perubahan tersebut meliputi :

  • Makanan akan mengalami perubahan tekstur

  • Makanan akan mengalami perubahan aroma

  • Makanan akan berubah warna

  • Kualitas makanan akan menurun

  • Komposisi makan berubah dengan sendirinya

  • Lama kelamaan makanan bisa kehilangan nilai gizi

  • Lama kelamaan makanan bisa menjadi beracun


Perubahan di atas satu persatu akan terjadi seiring berjalannya waktu. Karena itulah penting bagi kita untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa atau masa expired pada kemasan produk makanan dan tak boleh sama sekali mengganggapnya remeh.

 

Resiko Kucing Makan Makanan Kadaluarsa

Berdasarkan sepengetahuan Anggora sendiri ada beberapa resiko yang umum terjadi pada kucing yang di beri makan makanan kadaluarsa. Oh iya pemberian makanan ini bukannya karena pemilik sengaja memberikannya namun ini biasanya murni karena ketidaktahuan ataupun ketidaksengajaan para pemilik.

Beberapa resiko yang terjadi pada kucing yang di beri makan-makanan kadaluarsa antara lain :

  • Kucing akan mengalami muntah-muntah setelah memakan makanan ataupun beberapa menit setelah kucing memakan makanan kadaluarsa atau expired

  • Kucing akan terlihat tampak merasa tak nyaman dan gelisah

  • Kucing mengalami masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan sejenisnya

  • Beberapa kucing akan terlihat seperti mabuk

  • Kucing bisa mengalami infeksi yang serius

  • Kucing bisa beresiko mengalami keracunan

 

Oh iya beberapa reaksi diatas bisa di bilang akan valid ketika yang mengalaminya adalah kucing sehat. Bila yang mengalaminya adalah kucing yang sedang sakit maka reaksi ini akan meragukan bagi kita.

Ini karena reaksi yang terjadi bisa jadi di karenakan hal lainnya, contohnya seperti kucing menderita penyakit semacam hairball yang membuat kucing terkadang mengalami muntah makanan sesaat setelah kucing memakan makanan.


Lalu Makanan Kucing Expired Masih Boleh Dimakan ?

Melihat penjelasan Anggora di atas maka bisa kita simpulkan bahwasanya makanan ini tak boleh di makan atau di berikan ke kucing kesayangan kita mengingat resiko yang terbilang besar bagi kucing yang memakannya.  

Jika kamu masih sayang terhadap kucing kamu dan ingin agar si kucing tetap selalu sehat maka sebaiknya hindari pemberian makanan kucing yang sudah kadaluarsa atau expired. Lebih baik kamu segera membuang makanan ini jika kamu menemukannya.

Lalu gantilah dengan makanan kucing yang masih baru dan belum expired. Bila di rumah ternyata tak ada makanan instan yang tersedia dan kucing kamu sedang sangat kelaparan maka kamu bisa menggunakan makanan alternatif lainnya untuk di berikan secara sementara ke kucing.

Makanan ini bisa berupa ikan, daging ayam, daging sapi, kuning telur dan sejenisnya pada kucing. Ini lebih baik di berikan pada kucing di bandingkan memberikan kucing makanan kadaluarsa atau membiarkan kucing kelaparan.

 

Penanganan Bagi Kucing Yang Tanpa Sengaja telah Memakan Makanan Kadaluarsa

Pada saat kucing kamu tanpa sengaja telah memakan makanan expired maka penanganan yang tepat bagi kamu untuk kucing kamu adalah segera membawanya berobat ke mereka yang ahli yakni dokter hewan.

Dokter hewan mungkin akan membicarakan beberapa hal denganmu dan melakukan beberapa tindakan medis seperti penyuntikan, pemberian obat, pemberian vitamin, makanan kesehatan dan sejenisnya sesuai dengan masalah yang saat ini di derita oleh kucing.


Pencegahan Agar Kucing Tak Memakan Makanan Kadaluarsa

Agar kucing tak memakan makanan yang expired atau kadaluarsa, ada beberapa upaya pencegahan yang bisa kita lakukan. Upaya pencegahan tersebut yaitu :

  • Selalu memeriksa tanggal kadaluarsa sebelum membeli makanan kucing

  • Selalu memeriksa tanggal kadaluarsa sebelum memberi kucing makan

  • Simpan makanan kucing di tempat yang aman dan sulit di jangkau oleh kucing

  • Jangan sembarangan meletakkan makanan kucing

  • Pastikan selalu menutup dengan rapat makanan setelah di buka

  • Tempatkan makanan sesuai dengan yang di sarankan oleh produsen. Ini biasanya dapat kita lihat pada label kemasan makanan

 

Kini kamu sudah tahu apakah makanan kucing expired boleh atau tidak di berikan ke kucing. Mungkin itu saja pembahasan mengenai hal ini. Semoga apa yang Anggora tuliskan di atas bermanfaat buat para pembaca setia kenanganggora.com 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url