Bolehkah Kucing Makan Makanan Dingin ? Ternyata Ini Jawabannya !

Sama dengan hewan lainnya, kucing juga sensitif terhadap beberapa jenis makanan. Contohnya kucing sensitif terhadap makanan yang asin seperti ikan asin. Bila kucing memakan makanan ini secara berlebihan maka kucing akan menderita gatal-gatal.

 

Bolehkah Kucing Makan Makanan Dingin


Ini juga akan menyebabkan kulit kucing mengalami iritasi dan bulu mengalami kerontokan. Lalu bagaimana dengan makanan dingin ? Apakah makanan dingin juga akan memberikan dampak negatif seperti yang terjadi pada makanan asin ?

Untuk mengetahuinya maka kamu wajib membaca penjelasannya pada tulisan di bawah ini.


Bolehkah Kucing Makan Makanan Dingin ?

Bagi kebanyakan orang makanan dingin dapat mengacu pada dua jenis makanan. Jenis pertama yaitu makanan dingin yang tak hangat sama sekali dan memiliki standar suhu sesuai dengan mulut manusia. Yang mana ini takkan menyebabkan rasa dingin ataupun ngilu dalam mulut ketika di makan.

Jenis kedua yakni makanan dingin yang dapat membuat kita merasakan sensasi dingin di dalam mulut dan bisa menyebabkan sensasi ngilu ketika makanan mengenai gigi. Makanan jenis ini contohnya adalah es krim, agar-agar dingin, minuman es cair dan sejenisnya.

Bila makanan yang kita maksud adalah jenis pertama yang di berikan pada kucing yakni makanan hangat yang telah dingin maka ini tak masalah di berikan pada kucing setiap harinya selama makanan yang kita berikan tak berlebihan dan bukanlah termasuk jenis makanan yang bisa membahayakan tubuh kucing.

Lalu bagaimana dengan jenis makanan yang kedua ? Makanan jenis kedua ini sebaiknya di hindari dan jangan di berikan pada kucing. Soalnya jika di berikan maka ini dapat menyebabkan masalah tertentu pada kucing nantinya seperti :

  • Penurunan imunitas tubuh kucing bila mana diberikan di suhu lingkungan yang dingin

  • Dapat menjadi penyebab kucing mengalami demam

  • Risiko gigi sensitif. Beberapa kucing memiliki gigi sensitif yang membuat kucing akan merasakan ketidaknyaman atau rasa sakit pada gigi setiap kali kucing memakan makanan yang dingin.

  • Makanan yang dingin dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan kucing di saat suhu udara berubah drastis

 

Oleh karena itulah di saat kita hendak memberikan makanan lebih baik memberikan makanan dengan suhu yang stabil, tidak panas namun tak dingin seperti jenis makanan dingin kedua seperti yang Anggora sebutkan di atas. Lakukan ini demi menghindari terjadinya masalah kesehatan pada kucing.


Lalu Bagaimana Dengan Makanan Basah Khusus Kucing Yang Di Simpan Di Dalam Lemari Es ?

Bagaimana dengan makanan khusus kucing yang di simpan di dalam lemari es ? Apakah kita tak boleh memberikan makanan ini lagi pada kucing karena ia telah memiliki suhu dingin dan dapat menyebabkan resiko sensitifitas gigi dan masalah kesehatan tertentu lainnya pada kucing ?

Makanan ini boleh saja kita kasih ke kucing dengan catatan makanan harus terlebih dahulu di hangatkan sebelum di berikan. Kamu dapat menghangatkan makanan dengan menggunakan mikrowave ataupun menggunakan kompor.

Saat memanaskan makanan pastikan bahwa wadah makanan yang menampung makanan atau yang kamu gunakan adalah wadah tahan panas dan aman untuk makanan. Setelah makanan di hangatkan, di sarankan menunggu makanan dingin dahulu sebelum di berikan ke kucing peliharaan.


Rekomendasi Pemberian Makanan Untuk Kucing

Pemberian makanan kucing tak boleh di lakukan asal-asalan demi menjaga kesehatan kucing. Ada beberapa rekomendasi pemberian makanan yang di sarankan untuk kucing. Beberapa rekomendasi tersebut antara lain :

  • Pemberian makanan sehat dan khusus untuk kucing

  • Pastikan makanan yang di berikan adalah makanan matang

  • Pemberian makanan di atas suhu kulkas untuk meminimalkan resiko masalah sensitifitas gigi pada kucing dan agar makanan lebih menarik perhatian serta nafsu makan kucing

  • Gunakan wadah yang aman sewaktu memanaskan makanan kucing atau wadah yang di buat khusus kucing

  • Berikan makanan dalam porsi yang sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan untuk menghindari resiko obesitas pada kucing

  • Selalu awasi kucing kamu setelah memakan makanan, bila terjadi masalah sebaiknya segera obati kucing ke dokter hewan


Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing boleh memakan makanan yang dingin. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat Anggora yang membacanya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url