Kucing Suka Tidur Di Tempat Gelap Atau Terang ? Ini Penjelasannya !

Banyak dari kita yang mungkin beranggapan bahwa kucing adalah hewan yang suka tidur. Ini karena kita sering kali melihat kucing kita tidur seharian. Bukan cuma sekali atau dua kali saja tapi kita berkali-kali melihat kucing sedang asyik tidur. 

 

Kucing Suka Tidur Di Tempat Gelap Atau Terang


Di saat kucing sedang tidur maka tak jarang kucing akan tidur di tempat gelap ataupun tempat yang terang. Ketika melihat kucing sering tidur di kedua tempat tersebut tentunya akan ada pertanyaan yang muncul dalam pikiran kita seperti yang mana tempat yang paling kucing sukai tidur.

Apakah kucing suka tidur di tempat yang terang ataukah tempat yang gelap ? Bila kamu memiliki rasa ingin tahu atas jawaban ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora ini.


Kucing Suka Tidur Di Tempat Gelap Atau Terang ?

Kalau menurut Anggora sendiri kucing mungkin lebih suka tidur di tempat yang terang namun bukan tempat yang terlalu terang ataupun tempat terang yang cukup panas. Kucing lebih suka tidur di tempat seperti ini di bandingkan tidur di tempat yang gelap.

Bagi kucing tidur di tempat yang terang dapat membuatnya tidur lebih aman dan nyaman. Meskipun tempat di mana ia akan tidur ini memiliki penerangan cahaya yang minim, kucing mungkin akan menyukai tempat ini di bandingkan tempat yang sangat gelap.

Dengan adanya sedikit cahaya, kucing masih bisa mengawasi daerah di sekitarnya yang mana ini penting baginya meskipun kucing itu sendiri hanyalah hewan rumahan. Jika kucing rumahan bisa tetap waspada dengan sekitarnya maka kucing bisa menjaga dirinya sekaligus memantau mangsa kecil yang mungkin melewatinya saat tidur.

Di alam liar sendiri pemilihan tempat tidur yang di sinari rembulan dan memiliki ruangan sempit dan terbatas merupakan tempat yang sangat kucing sukai tidur. Tempat ini cenderung lebih aman dari pada tempat yang gelap dan membuat kucing bisa bertahan hidup di alam liar.

Rata-rata kucing sehat mungkin menyukai tempat tidur yang sedikit terang atau cukup terang namun berbeda dengan kucing sakit, kucing lebih menyukai tempat yang cukup gelap, sudut ruangan, tempat agak basah dan jarang di lewati manusia.

Ini karena mungkin kucing yang merasa sakit membuat kucing akan cenderung memilih tempat yang sepi, gelap serta cukup sepi agar ia bisa meredakan sedikit rasa sakitnya serta agar ia dapat beristirahat dengan tenang.


4 Faktor Pemilihan Tempat Tidur Kucing

Selain faktor gelap dan terang, ada beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi tempat favorit kucing untuk tidur. Beberapa faktor tersebut antara lain adalah :

1. Suhu Udara

Meskipun kucing cenderung suka tempat yang terang untuk tidur namun jika ada tempat gelap yang bisa membuatnya nyaman maka kucing akan lebih memilih untuk tidur di sana. Contohnya adalah ada ruangan gelap yang hangat di saat musim salju.

Kucing akan lebih memilih tidur di sana meskipun ruangan tersebut cukup gelap baginya. Asalkan ini bisa membuat ia nyaman maka kucing akan tetap tidur di sana.


2. Minimnya Gangguan

Kucing sangat tak suka ketika ia tidur di ganggu. Misalkan jika kita terus mengelus tubuhnya di saat ia tidur atau kita menyapa di saat ia cuma ingin tidur maka tak jarang kita akan melihat kucing akan pindah dari tempatnya ke tempat lain untuk tidur.

Inilah mengapa ketika ada tempat lain yang membuat ia bisa tidur nyenyak meskipun di sana gelap maka kucing akan lebih memilih untuk tidur di sana. Dengan catatan bahwa tempat tersebut masih berada dalam rumah.


3. Kebiasaan

Kebiasaan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tempat tidur kucing. Contohnya jika kucing sudah terbiasa tidur di lantai sedari kecil maka meskipun kita menyediakan tempat tidur khusus kucing maka kucing pada akhirnya tetap akan memilih  tidur di lantai.


4. Faktor Kesehatan

Seperti yang Anggora sebutkan di atas bahwa kucing yang sehat akan cenderung lebih suka tidur di tempat yang terang dan sebaliknya kucing yang sakit akan cenderung tidur di tempat gelap, basah, sepi atau di sudut ruangan.

 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kucing cenderung lebih suka tidur di tempat yang terang di bandingkan di tempat yang gelap. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url