Kenapa Kucing Suka Menggigit Tangan Dan Kaki Kita ? Ternyata Ini Alasannya !

Kucing adalah hewan yang menyenangkan untuk di pelihara. Ini bukan hanya karena kucing memiliki wajah yang lucu dan menggemaskan namun karena kucing memiliki banyak perilaku unik dan terkadang perilakunya ini terkesan random.

 

Kenapa Kucing Suka Menggigit Tangan Dan Kaki Kita


Salah satu perilaku tersebut adalah kucing selalu menggigit tangan dan kaki kita. Kucing akan melakukan hal ini setiap kali kita mengelusnya, sekedar menyentuhnya ataupun kucing akan menggigit tangan dan kaki kita di saat kita berada di dekatnya.

Melihat hal ini tentunya banyak dari kita yang mungkin terganggu atas apa yang dilakukan kucing, merasa khawatir dan sebagian lainnya akan berpikiran bahwa kucingnya nakal atau tak jinak sama sekali kepada pemiliknya sendiri.

 

4 Alasan Kenapa Kucing Selalu Menggigit Tangan Dan Kaki Kita

Seperti yang Anggora jelaskan di atas bahwa perilaku kucing suka gigit tangan dan kaki tuannya tentunya akan menimbulkan berbagai perasangka tersendiri bagi pemiliknya. Yang mana ini terkadang menimbulkan salah paham.

Nah agar pemilik tak salah paham dan tahu apa alasan sebenarnya kucing senang melakukan hal ini maka disini Anggora akan menjelaskan kenapa kucing senang menggigit tangan dan kaki orang di sekitarnya.

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa alasan kenapa kucing melakukan hal ini. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Kucing Merasa Terganggu

Apakah kamu baru saja mengelus atau menyentuh kucing kamu. Jika Iya maka kemungkinan besar kenapa kucing suka menggigit tangan kita atau kaki kita karena ia merasa terganggu akan sentuhan yang kamu lakukan. Saat kucing marah kucing biasa melakukan hal ini.

Ini merupakan pertanda dari kucing bahwa ia tak suka kita menyentuhnya dan kucing untuk saat ini tak ingin di ganggu serta ia ingin menghabiskan waktunya sendirian. Ketika kucing merasa terganggu maka tak peduli siapapun itu walau pemiliknya sekalipun, ia akan tetap menggigitnya.

 

2. Kucing Ingin Bermain

Kucing kamu mungkin menganggap bahwa kamu mengajak ia bermain. Ketika kucing mengira bahwa orang yang ia sayangi mengajak ia bermain maka kucing akan meresponnya dengan menangkap tangan kita, menggigitnya ataupun menendang-nendang tangan kita.

Oh iya sifat kucing yang senang bermain hanya ada ketika kucing berusia anak anak dan remaja. Sewaktu kucing sudah beranjak dewasa maka sifat ini akan hilang dan kucing akan cenderung cuek saat kita mengajak mereka bermain.

 

3. Sisa Dan Bau Makanan

Alasan ketiga kenapa kucing menggigit tangan dan kaki kita adalah karena di sana ada sisa atau bau makanan yang menempel. Ini membuat kucing akan menggigit kaki kita untuk mengambil makanan sehingga ia bisa memakannya.

Ini seringkali terjadi ketika kita lupa mencuci tangan kita sehabis kita makan atau ketika kita tak menyadari ada makanan yang jatuh di kaki kita yang membuat kita tak segera membersihkannya di saat makanan ini mengotori celana serta kaki kita.

 

4. Stress

Stress juga bisa menjadi salah satu penyebab yang membuat kucing suka menggigit. Stress pada kucing umumnya dapat terjadi karena beberapa penyebab seperti kucing tak bisa kawin, kucing memiliki penyakit, rasa gatal yang berlebihan dan sejenisnya.

Saat kucing mengalami stress, kucing cenderung akan menjadi lebih agresif. Kucing akan menyerang siapapun yang membuat ia terganggu. Di samping itu, kucing juga akan lebih senang menyendiri dan menghabiskan waktunya untuk tidur ataupun menjilati dirinya sendiri.

Stress pada kucing umumnya bisa sembuh dengan sendirinya jika kucing mampu mengatasinya. Meskipun begitu tak ada salahnya kita juga turut membantu kucing menyelesaikan penyebab stressnya dengan membawa kucing ke dokter hewan.


Kini kamu sudah tahu kan apa saja kenapa kucing suka gigit tangan tuannya ataupun kaki tuannya. Mungkin itu saja pembahasan mengenai topik kali ini, semoga tulisan Anggora ini bermanfaat buat kamu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url