Bagaimana Cara Memelihara Kucing Kampung ? Ini Caranya !

Kucing adalah hewan yang lucu dan juga menggemaskan. Karena itulah banyak dari kita yang ingin memelihara kucing. Namun tak semua orang bisa memelihara kucing ras. Sebagian dari kita mungkin hanya bisa memelihara kucing kampung.

 

Cara Memelihara Kucing Kampung


Kita memiliki alasan tersendiri mengapa kita memelihara kucing kampung. Ada yang karena tak mampu mengadopsi kucing ras, ada yang memang lebih menyukai jenis kucing kampung atau ada yang awalnya benci kucing lalu malah jatuh cinta pada kucing setelah mengadopsinya karena merasa kasihan melihat kucing terlantar di jalanan.

Apapun alasannya tak masalah yang terpenting adalah apakah kita merawat kucing kampung yang kita pelihara dengan baik. Nah untuk memelihara kucing kampung dengan baik tentunya kita mesti tahu bagaimana cara merawatnya.

Lalu bagaimana cara memelihara kucing kampung yang benar? Bagi kamu yang penasaran ingin tahu bagaimana caranya maka kamu bisa membaca tulisan ini hingga akhir untuk mengetahuinya.

 

Cara Memelihara Kucing Kampung

Memelihara kucing kampung memang terlihat mudah namun kenyataannya tak begitu. Ada beberapa hal yang penting yang perlu kita perhatikan saat merawat kucing jenis ini. Ini penting kita perhatikan agar si kucing bisa tumbuh dengan sehat.

Bagi kamu yang baru saja memelihara kucing kampung pastinya kebingungan tentang bagaimana cara memelihara kucing jenis ini. Kamu tak perlu bingung, cukup perhatikan beberapa hal berikut ini ketika merawat kucing :

1. Makanan Kucing Kampung

Hal penting pertama yang mesti kamu perhatikan adalah makanan kucing. Saat kamu memelihara kucing jangan beri kucing tulang atau duri dan sejenisnya. Memang kucing bisa memakan kedua benda ini namun tiada gunanya kucing memakannya.

Selain tak bermanfaat untuk kucing, makanan ini pun bisa membahayakan kucing yang memakannya. Kucing yang memakannya bisa beresiko mengalami radang mulut dan gusi, melukai tenggorokan, melukai organ pencernaan kucing, kucing bisa mengalami masalah pencernaan dan sejenisnya.

Lalu bagaimana dengan nasi di campur ikan? Makanan ini memang bisa di makan kucing kampung, bisa mengenyangkannya serta tak akan melukainya namun makanan ini tergolong kurang baik bagi kucing. Walaupun kucing boleh memakannya, makanan ini kurang di sarankan di berikan ke kucing.

Makanan yang terbaik untuk kucing makan adalah makanan khusus kucing. Makanan ini sangat di sukai kucing di tambah lagi sangat bernutrisi untuk tubuh kucing. Kamu bisa membeli makanan ini di toko hewan ataupun membelinya secara online.

Untuk makanan kucing kering, harga cukup murah kok hanya Sekitar 25-30 ribuan untuk 1 kg makanan kering kucing. Sementara makanan basah kucing juga memiliki harga yang bervariasi tergantung ukuran, merek serta kualitas makanan tersebut

Cara memberi kucing kampung makanan ini cukup mudah. Kamu hanya harus menempatkanya di mangkuk makan kucing dan kucing akan memakannya dengan sendirinya. Oh iya pemberian makanan kucing yang baik adalah di lakukan 3 kali dalam sehari ( Pagi, Siang dan Malam hari ).

 

2 . Minuman Kucing Kampung

Usahakan untuk selalu menyediakan minuman kucing. Ini penting untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh kucing. Letakkan air minum di wadah yang mudah di jangkau oleh kucing. Pastikan air yang kamu gunakan adalah air bersih dan telah di masak matang.

Kenapa mesti air matang ? Karena air matang bebas dari parasit dan bakteri bahaya. Ini membuat air lebih aman di konsumsi oleh kucing. Air ini tak akan membuat kucing mengalami masalah pencernaan seperti yang sering di alami oleh kucing yang meminum air mentah.

 

3. Memandikan Kucing Kampung

Selain makan dan minum, kamu juga perlu memandikan kucing kampung peliharaan kamu. Memandikan kucing kampung akan membersihkan tubuhnya dan beberapa bagian yang sulit untuk di jangkau oleh kucing ketika ia menjilati tubuhnya.

Selain itu ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan bulu dan juga kulitnya. Mandikan kucing sekali setiap dua minggu. Saat memandikan kucing, pakailah produk shampo khusus kucing agar memandikan kucing lebih aman serta sehat.

 

4. Memotong Kuku Kucing Kampung

Kucing kampung juga perlu di potong kukunya. Ini untuk menjaga agar kucing tak menjilati kuku yang kotor, tercemar oleh bakteri serta parasit dan juga mencegah kucing melukai kita terutama saat kita memandikan peliharaan kita.

Oh iya perlu di ingat bahwa kita tak boleh asal sembarangan memotong kuku kucing jika kita tak tahu caranya sebab ini berbahaya karena bisa melukai saraf yang ada di dekat kuku kucing. Saat kamu tak paham cara memotong kuku kucing yang benar, sebaiknya minta mereka yang ahli ( dokter hewan ) untuk melakukannya.

 

5. Membiarkan Kucing Kampung Makan Rumput

Saat kamu memergoki kucing kampung kamu makan rumput janganlah mengusirnya atau menghentikan aktivitasnya ini secara paksa karena meskipun terlihat tak baik, hal ini justru sebaliknya. Memakan rumput baik bagi kesehatan pencernaan kucing.

Karena itulah setiap kali kucing pergi keluar rumah lalu memakan rumput maka biarkan saja. Oh iya pastikan kucing kamu hanya memakan rumput di halaman rumah kamu. Dengan begini kamu bisa tahu pasti apakah rumput tersebut aman atau telah terkena racun.

 

6. Berkonsultasi Dengan Dokter Hewan.

Setiap kali menemukan hal yang aneh terjadi pada kucing kampung kamu yang mana ini bisa di kaitkan dengan masalah kesehatan maka bawa kucing ke dokter hewan. Konsultasilah kepada dokter hewan tentang masalah kucing dan mintalah dokter untuk mengobatinya.

Bukan cuma saat kucing sakit saja, saat kamu membutuhkan beberapa nasehat kesehatan untuk kucing kamu, kamu juga bisa menemui dokter hewan untuk berkonsultasi. Lakukan tindakan ini jika kamu ingin kucing kamu tetap riang dan sehat.

 

Itulah dia beberapa cara untuk memelihara kucing kampung dengan baik. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi untuk sobat Anggora yang telah membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url