Bagaimana Cara Agar Kucing Mau Tidur Di Kasurnya ? Ternyata Ini Caranya !

Bukan cuma bagi manusia saja, bagi kucing pun tidur merupakan suatu hal yang penting bagi perkembangan dan kesehatan tubuhnya. Oleh karena itulah kucing sering kali menghabiskan waktunya untuk tidur.

 

Bagaimana Cara Agar Kucing Mau Tidur Di Kasurnya


Namun ketika kucing tidur ada sesuatu hal dari perilakunya ini yang membuat pemilik kucing kesal yakni kucing selalu tidur di tempat yang ia inginkan, kucing tak pernah mau tidur di kasur atau tempat tidur yang telah kita sediakan.

Kucing akan tidur di mana saja yang ia mau seperti kucing akan tidur di atas lemari, di atas meja, di atas karpet, di atas perangkat elektronik dan beberapa tempat lainnya yang umumnya kucing biasa gunakan untuk tidur.

Melihat kucing yang berperilaku seperti ini tentunya kita sebagai pemilik harus memutar otak untuk membuat kucing mau tidur di kasur miliknya sendiri. Lalu bagaimana cara supaya kucing mau tidur di kasurmya ? Lihat caranya di sini.


Bagaimana Cara Agar Kucing Mau Tidur Di Kasurnya ?

Sebagai pemilik kucing, tentunya kita ingin agar kucing kesayangan tidur di tempat yang kita sediakan untuknya. Soalnya kita tak ingin kucing tidur di sembarang tempat yang mana ini bisa membuat tubuh kucing menjadi kotor ataupun basah.

Di samping itu kita pun tak ingin kucing membahayaan dirinya sendiri karena tidur di tempat-tempat yang berbahaya seperti tidur di atas atap, tidur atas  dinding, tidur di dekat perangkat elektronik yang menyala, tidur di atas kabel-kabel dan beberapa tempat berbahay lainnya.

Karena alasan inilah kita ingin agar kucing tidur di tempat tidur yang kita berikan untuknya. Namun untuk membuat kucing mau tidur di tempat tidurnya mungkin agak sulit di lakukan tetapi jangan khawatir akan hal ini.

Kamu cukup menggunakan cara milik Anggora ini untuk membuat membuat kucing mau tidur di kasurnya. Berikut ini beberapa caranya :

1. Pilih Kasur Yang Cocok Untuknya

Penyebab kucing tak mau tidur di kasur yang sudah kamu berikan padanya mungkin di karenakan kasurnya tak cocok untuknya. Mungkin saja kasur ini terlalu kecil, terlalu sempit ataupun teksturnya terlalu lembut atau terlalu kasar sehingga kucing tak mau tidur di sana.

Cobalah untuk memberikan kucing kasur yang cocok sehingga kucing suka untuk tidur di sana. Jika kucing merasa cocok dengan kasur tersebut maka akan bagi mudah untuk kita membuat kucing tidur di tempat yang kita inginkan.

 

2.  Letakkan Kasur Di Ruangan Yang Nyaman

Pemilihan ruangan untuk tempat kasur kucing juga merupakan hal yang penting untuk kita lakukan. Alasannya sih karena kalau kucing merasa ruangan tempat di mana ia di paksa tidur terlalu dingin atau panas maka kucing akan enggan berada di sana untuk tidur.

Pilihlah ruangan yang cocok bagi kucing. Contohnya adalah ruangan yang udaranya cukup stabil di setiap waktu seperti saat cuaca panas namun suhu ruangan tak panas dan juga sebaliknya saat suhu udara dingin namun ruangan tak terasa dingin.

Oh ya pastikan juga ruangan cukup nyaman, jauh dari keramaian dan tak ada suara kebisingan yang masuk ke dalam ruangan tempat kucing tidur agar kucing suka tidur di sana.


3. Pastikan Kasur Kucing Tak Berbau Aneh

Kucing adalah hewan dengan penciuman super tajam. Ini membuat kucing sensitif dengan bau benda-benda yang berada d sekitarnya. Itulah mengapa ketika kasur terasa bau bagi kucing maka kucing akan menjauhinya.

Beberapa bau yang di benci kucing adalah bau yang cukup busuk dan sangat menyengat ketika tercium oleh hidung. Contohnya seperti bau alkohol, bau mint, bau lavender, bau parfum dan benda sejenisnya.

Sebelum memberikan kasur untuk tempat tidur kucing, pastikan bahwa kasur tak berbau aneh atau berbau biasa. Dengan tak adanya bau aneh di sana maka akan meningkatkan kemungkinan kucing untuk tidur di sana.


4. Pindahkan Kucing Ketika Ia Tidur

Setiap kali kucing tidur di tempat lain, angkatlah tubuh kucing secara perlahan agar ia tak terbangun kemudian pindahkanlah ia ke kasur tidurnya. Lakukan hal ini setiap kali kamu menemukan kucing tidur di tempat lain.

Tujuannya untuk membiasakan kucing tidur di kasur barunya dan untuk membuat ia mengerti bahwa tempat itu memang di sediakan khusus untuknya tidur. Lalu bagaimana jikalau kucing terbangun saat sedang di pindahkan ?

Jika kucing terbangun saat di pindahkan maka lanjutkan saja proses pemindahannya karena biasanya saat kucing terbangun maka kucing masih dalam keadaan mengantuk. Nantinya ketika kucing di pindahkan ke kasurnya maka ia akan melanjutkan tidurnya di sana.

Setelah terbangun dan kucing suka tempat tidur barunya ini, seterusnya kucing akan tidur di sana di saat ia hendak tidur.


5. Berikan Kucing Hadiah

Berikanlah hadiah setiap kali kucing mau tidur di kasur yang kita sediakan untuknya. Hadiah ini dapat berupa makanan ataupun cemilan khusus kucing. Kamu juga dapat memberikan minuman seperti susu khusus kucing untuk hadiahnya.

Lakukan pemberian hadiah berulang-ulang setiap kucing tidur di kasur miliknya. Setelah kucing sudah terbiasa tidur di kasurnya maka kamu dapat menghentikan pemberian hadiah atau kamu bisa tetap melanjutkannya.

 

Dengan menggunakan beberapa cara agar kucing mau tidur di kasur yang ada pada tulisan di atas, kucing kamu akan mau tidur dengan sendirinya di kasur miliknya sendiri. Mungkin itu saja pembahasan mengenai hal ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url