Bolehkah Kucing Makan Kepala Ayam Rebus ? Ini Jawabannya !

Sewaktu kita memasak ayam di rumah untuk di jadikan lauk makanan, tentunya kita akan memanfaatkan seluruh bagian tubuh ayam untuk di jadikan makanan. Mulai dari daging ayam yang dapat kita goreng memakai bumbu goreng.

 

Bolehkah Kucing Makan Kepala Ayam Rebus


Lalu tulang, kepala ataupun kaki ayam kita jadikan bahan tambahan dengan daging ayam dalam memasak sup sehingga sup semakin terasa nikmat. Beberapa dari kita mungkin ada yang tak menyukai kepala atau cakar ayam dan tak mau memakannya.

Entah kita tak menyukainya karena kesulitan memakannya ataupun karena kita jijik memakannya. Apapun alasannya ini tak jadi masalah. Bagi pemilik kucing, ketika mereka tak mau memakan kepala ayam pastinya terpikirkan di pikiran mereka untuk memberi kucing kaki ( ceker ) atau kepala ayam.

Memberikan kucing kepala ayam dan kaki ayam ( ceker ) lebih baik dari pada membuangnya. Mereka berpikir bahwa kucing bisa memakannya karena mereka merupakan hewan Karnivora. Tak ada yang salah dengan pemikiran ini namun apakah memang boleh memberikan kepala ayam kepada kucing untuk di makan ?

Untuk menjawab hal ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini sampai akhir.

 

Apakah Kepala Ayam Memilik Nutrisi ?

Perlu kamu tahu bahwa kepala ayam yang bagi sebagian dari kita mungkin menjijikkan dan tak bisa di makan sebenarnya memiliki nutrisi. Setahu Anggora kepala ayam mengandung nutrisi seperti :

  • Lemak

  • Protein

  • Vitamin B

 

Untuk kucing, protein hewani yang berasal dari hewan seperti ayam merupakan komponen yang cukup penting bagi tubuh mereka. Ini bisa memberikan manfaat pada otot, tulang maupun gigi mereka dan penting untuk pertumbuhan serta pemeliharaan sel jaringan tubuh.

 

Bolehkah Kucing Makan Kepala Ayam Rebus ?

Sebagai pemilik yang baik, sebelum memberikan kucing kepala ayam tentunya kita akan bertanya-tanya apakah kepala ayam boleh di beri untuk makanan kucing. Mau itu kepala ayam mentah, rebus, goreng dan sejenisnya tak boleh di berikan sembarangan pada kucing.

Kepala ayam sebenarnya boleh di berikan kepada kucing untuk makanan kucing selama makanan ini di masak matang dan tak di berikan bumbu, mau itu di goreng atau di rebus selama tak ada kandungan bumbu atau rempah maka boleh di berikan pada kucing.

Makanan ini sangat baik bagi kucing, ini karena makanan ini berasal langsung dari hewan yang memiliki manfaat yang terbilang banyak bagi kucing yang merupakan hewan Karnivora ( Pemakan Daging ).

Bagaimana dengan kepala ayam mentah ? Bolehkah kucing makan kepala ? Tidak boleh, kepala ayam mentah tak boleh di berikan kepada kucing karena kemungkinan besar masih mengandung bakteri berbahaya dan bisa membuat kucing mengalami gangguan saluran pencernaan seperti diare dan lainnya

 

Pemberian Kepala Ayam Rebus Pada Kucing

Perlu kamu tahu bahwa pemberian kepala ayam pada kucing tak boleh di berikan sembarangan karena memiliki resiko tersendiri.

Potensi Resiko

Ada beberapa kemungkinan resiko yang dapat terjadi bila mana kita asal memberi kucing kepala ayam rebus. Beberapa resiko tersebut antara lain :

  • Tulang di kepala ayam bisa nyangkut di leher atau tenggorokan kucing

  • Tulang bisa melukai gusi dan nyangkut di sela antara gigi

  • Tulang dapat melukai pencernaan kucing

  • Kepala ayam bisa menjadi beracun bagi kucing bila mana di berikan dalam keadaan di bumbui bawang merah, bawang putih dan rempah lainnya yang berbahaya bagi kucing namun tak berbahaya bagi manusia


Karena itulah sangat di sarankan untuk tidak memberikan kucing kepala dari ayam secara sembarangan. Pemberian mesti di lakukan secara aman. Nah untuk pemberiannya secara aman kamu dapat melihatnya di bawah ini.

 

Cara Pemberian Yang Aman

Agar kepala ayam yang kita berikan tak membahayakan kucing maka kamu dapat melakukan langkah berikut :

  • Rebus kepala ayam dahulu sampa matang

  • Tunggu kepala ayam dingin

  • Pastikan kepala ayam tak mengangdung tulang kecil atau tajam yang bisa membahayakan kucing

  • Pastikan kepala ayam tak mengandung bumbu atau rempah yang membahayakan kucing

  • Agar lebih aman lagi kamu dapat menghancurkan kepala ayam hingga halus menggunakan alat seperti blender


Menggunakan cara ini dapat membuat kucing aman saat memakan kepala dari ayam yang kita berikan untuk ia makan.

 

Bolehkah Kucing Makan Kepala Ayam Rebus Setiap Hari ?

Apakah boleh memberi kucing kepala ayam yang telah di rebus setiap hari ? Boleh di berikan asal makanan ini telah di rebus dahulu dan di pastikan bahwa makanan telah aman untuk kucing konsumsi dengan menggunakan cara yang baru Anggora sebutkan di atas.

Meskipun makanan ini boleh di berikan tiap hari, sebaiknya selingi dengan penggantian jenis makanan lainnya. Ini agar kucing tak jenuh dengan makanan yang itu-itu saja dan agar kebutuhan kucing atas nutrisi dari makanan lainnya bisa di dapatkan.

Sebagai alternatif dari daging, kepala atau kaki ayam, kamu dapat memberikan kucing makanan lain seperti makanan kucing 01instan yang tergolong lebih aman dan mengandung nutrisi komplit untuk kebutuhan nutrisi harian kucing.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bolehkah kucing makan kepala ayam yang sudah di rebus. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url