Apakah Kucing Takut Sendirian ? Ini Jawabannya !

Kucing adalah hewan yang cukup imut dan menggemaskan. Karena tampilan ini banyak dari kita yang berpikir bahwa kucing adalah hewan yang lemah dan sifat protector kita muncul di saat kita bersama dengannya.

 

Apakah Kucing Takut Sendirian


Saat kita bersama dengan kucing, tak akan ada masalah yang perlu di khawatirkan terjadi pada kucing. Namun di saat kucing tak bersama dengan kita dan kita meninggalkan ia sendirian, tentu akan banyak hal yang menjadi kekhawatiran kita.

Seperti apakah kucing takut sendirian sewaktu ia terpaksa kita tinggalkan sendirian di dalam rumah karena kita harus pergi untuk bekerja. Lalu apakah kucing akan takut ketika ia sendirian berada dalam rumah ?

Nah cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora ini dengan perlahan dan baca hingga akhir.


Apakah Kucing Takut Sendirian ?

Banyak hal yang serupa dari kucing dengan manusia, seperti kucing dapat merasakan marah, senang dan juga rasa takut. Namun apakah kucing akan ketakutan ketika di tinggal sendirian seperti anak manusia yang takut ketika mereka di tinggal sendirian dalam rumah.

Untuk menjawab hal ini maka mesti kita lihat dahulu dari sifat si kucing. Berdasarkan apa yang Anggora ketahui ada 2 jenis sifat kucing yakni :

1. Kucing Pemberani

Kucing yang pemberani umumnya tak akan takut dengan segala suatu hal yang berada di sekitarnya selama hal ini bukanlah ancaman menurutnya. Mau itu manusia atau hewan lainnya, kucing akan bersikap santai dan cuek.

Kucing tak akan takut sama sekali bahkan yang ada kucing malah memarahi hewan atau manusia yang berada di dekatnya jika ia merasa mereka mengganggu dirinya yang sedang bersantai-santai dan menikmati kehidupan pribadinya.

Kucing dengan sifat seperti ini umumnya tak akan takut bilamana ia berada di lingkungan yang ramai atau tempat sepi. Meskipun ia sendirian di rumah, kucing malah hanya akan bersikap biasa dan melakukan aktivitas hariannya seperti yang sering ia lakukan setiap harinya.


2. Kucing Penakut

Berbanding terbalik 180 derajat dari kucing pemberani, kucing penakut sering kali waspada terhadap apa yang ada di sekitarnya. Ini membuat kucing akan berusaha melarikan diri secepat mungkin ketika ia merasa bahwa ada hal menakutkan berada di sekitarnya.

Kucing yang takut biasanya akan lari bersembunyi di tempat yang sempit atau gelap, bisa juga kucing akan lari kemudian mengawasi dari kejauhan. Lalu apakah kucing dengan sifat ini bakal ketakutan di saat ia sendirian ?

Jawabanya adalah tidak, kucing tak akan takut di tinggalkan sendirian di rumah dengan catatan bahwa tak ada sesuatu yang membahayakan atau mengerikan berada di dalam rumah. Contohnya tak ada kucing liar masuk ke dalam rumah dan sejenisnya.


Bagaimana Dengan Anak Kucing Yang Di Tinggalkan Sendirian Di Rumah ?

Anak kucing yang sendirian di tinggalkan di rumah tak akan merasa ketakutan selama ia berada dekat atau di tinggalkan bersama dengan induknya. Lain cerita jikalau si anak kucing di tinggal tanpa induknya, anak kucing malah akan mengeong-ngeong histeris.

Anak kucing akan merasa ketakutan sekaligus merasa kehilangan induk yang ia sayangi. Ini mirip-mirip dengan anak manusia yang akan menangis sejadi-jadinya kalau ia di tinggal sendirian di suatu tempat.


Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Saat Meninggalkan Kucing Sendirian Di Rumah

Meninggalkan kucing sendirian di rumah tak boleh asal di lakukan, ada beberapa hal penting yang wajib kita perhatikan. Ini wajib di perhatikan untuk mencegah terjadinya hal yang tak kita inginkan terjadi pada kucing di saat kita sedang tak ada di rumah.

Beberapa hal penting yang wajib kita perhatikan adalah :

  • Pastikan bahwa tak ada yang membahayakan di dalam rumah saat kita pergi. Contohnya kompor masak sudah di matikan, lampu sudah di matikan dan lubang-lubang listrik aman dan tak terjangkau oleh kucing

  • Pastikan juga kamu menyimpan zat kimia berbahya di tempat yang tertutup rapat dan tak bisa di jangkau oleh kucing. Ini perlu kamu lakukan untuk menghindari resiko kucing keracunan saat kucing cuma sendiri di rumah

  • Pastikan suhu dalam ruangan normal untuk kucing, tidak terlalu dingin atau tak terlalu panas

  • Bila kamu akan pergi dari pagi sampai sore, jangan lupa untuk menyediakan makanan dan minuman yang cukup untuk kucing

  • Pastikan juga untuk membuat tempat pup kucing mudah ia jangkau sehingga kucing tak akan pup sembarangan di dalam rumah

  • Pastikan pintu dan jendela rumah tertutup rapat agar kucing tak bisa lari keluar rumah dan tak ada hewan liar yang dapat masuk ke dalam rumah untuk membahayakan kucing

  • Kamu bisa memilih untuk membebaskan kucing di dalam rumah atau mengurungnya dalam ruangan atau kandang tertentu. Pilihlah yang menurut kamu paling aman baginya dan bagi dirimu

  • Dan lainnya yang menurut kamu penting di lakukan


Oh iya bila saat kita meninggalkan kucing dan ada masalah yang terjadi pada kucing maka jangan ragu untuk segera memeriksakan kucing ke dokter hewan. Hal ini sangat perlu kamu lakukan untuk menolong kucing kamu.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apa kucing takut di tinggalkan sendirian. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url