Apakah Kucing Sedih Saat Dibuang ? Ternyata Begini Perasaannya !

Selain anjing, kucing adalah salah satu hewan yang telah menjadi kawan manusia sedari dulu. Pertemanan ini di mulai semenjak adanya kucing berabad-abad lamanya di Timur Dekat dam Mesir kuno dan hingga saat ini.

 

Apakah Kucing Sedih Saat Dibuang

 

Meskipun kucing adalah salah satu teman terbaik manusia, ada saatnya di mana pemilik di paksa untuk meninggalkan kucingnya Tak hanya itu ini juga terlihat bahwa pemilik telah menyerah untuk merawat kucingnya.

Selain alasan di atas ada juga kemungkinan pemilik tak ingin kucingnya di buang namun ada orang lain yang tanpa sepengetahuannya membuang kucing kesayangannya. Apapun alasan orang lain membuang kucingnya ataupun kucing milik orang lain, hal ini tak di benarkan.

Meskipun kucing hanyalah hewan tapi kucing juga memiliki emosi tersendiri, ini membuat kucing akan merasakan perasaan tertentu saat mereka di buang. Lalu bagaimana perasaan kucing saat dibuang ? Cari tahu dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.

 

Apakah Kucing Sedih Saat Dibuang ?

Seperti yang Anggora katakan di atas bahwa hewan seperti kucing punya emosinya sendiri. Karena itulah saat kucing di buang pastinya kucing akan menunjukkan emosinya, yang mana ini akan tampak jelas bila mana kita perhatikan dengan cermat.

Lalu perasaan kucing saat dibuang seperti apa ? Ketika kucing di buang umumnya ada beberapa perasaan yang akan kucing alami. Nah apa saja itu. berikut ini beberapa di antaranya :

1. Reaksi Awal Kucing Adalah Kebingungan

Ketika seseorang meninggalkan kucing di tempat umum atau tempat lainnya maka kucing akan merasa kebingungan. Kebingungan pada kucing bukanlah karena makanan namun di karenakan alasan lainnya.

Seperti perubahan lingkungan yang tiba-tiba yang membuat kucing merasa asing dengan tempat ia saat ini berada, keramaian orang-orang, banyaknya benda raksasa seperti mobil atau sepeda motor yang menakutkan, tindakan kejam dari orang-orang yang di temuinya dan beberapa hal lainnya.

Perasaan kucing ini sangat serupa dengan ketika ada orang tua yang menelantarkan anaknya yang masih kecil ( bukan bayi atau balita ) sendirian di pinggir jalan atau tempat lainnya. Penelantaran ini akan membuat sang anak kecil kebingungan sembari menangis.


2. Kucing Akan Paham Bahwa Ia Telah Di Buang

Setelah kucing melewati tahap kebingungan beberapa saat kemudian kucing akan paham bahwa ia telah di buang. Alasan sederhana kucing mengetahui bahwa ia telah di buang adalah karena kucing merupakan hewan yang sangat terikat dengan lingkungan sekitarnya dan pemiliknya.

Ketika kucing di buang ataupun di tinggalkan, akan terjadi perubahan besar dalam lingkungan ia berada dan ia tak akan bisa menemukan orang-orang yang ia sayangi seperti pemiliknya di tempat ia saat ini berada. Hal inilah yang membuat kucing sadar ia di buang.

 

3. Rasa Takut Dan Kesedihan

Awalnya kucing akan kebingungan lalu selanjutnya ia akan paham bahwa dirinya telah di telantarkan. Pada permulaannya, kedua hal ini taklah mengganggu namun seiring berjalannya waktu maka kucing akan merasa takut dan sedih.

Kucing akan sering kali merasa takut karena respon negatif dengan makhluk hidup di tempat saat ini ia berada. Seperti sering kali di usir dengan cara kejam seperti di siram air panas, di pukul, di tendang dan sejenisnya hanya karena kucing meminta makanan ( bukan mencuri ).

Apalagi kucing mencuri, bisa jadi ia akan di lukai dengan pukulan benda tumpul ataupun dengan benda tajam seperti pisau. Kesedihan juga timbul dari wajah si kucing yang di telantarkan, wajah kucing akan tampak sangat memelas, terutama ketika ia berjumpa dengan orang baik di jalanan

Wajahnya mungkin berterimakasih pada mereka yang sedikit membantunya untuk bertahana  hidup, namun masih jelas akan tampak rasa sedih pada wajahnya. Di tambah lagi kucing akan tetap waspada pada kita, meskipun kita sudah baik padanya.

Oh iya perasaan sedih kucing bukan cuma timbul ketika kita telah membuang mereka, perasaan sedih ini juga timbul ketika kita bicara pada kucing bahwa kita akan membuangnya. Mendengar ucapan kita ini, anehnya beberapa kucing malah menjadi pemurung dan menjadi pendiam.

 

4. Kucing Merasa Stress

Selain merasa sedih dan ketakutan, kucing yang di buang pun juga akan merasakan yang namanya stress. Ini dapat membuat kucing mengalami penyimpangan perilaku atau bisa membuatnya menderita penyakit medis tertentu.

 

5. Kucing Akan Mulai Beradaptasi

Setelah beberapa minggu kemudian kucing yang kita buang dan bisa bertahan hidup akan mulai beradaptasi, sementara kucing yang di buang tak bisa bertahan hidup akan langsung mati. Beberapa lainnya mungkin mati karena kecelakan atau di bunuh oleh hewan atau manusia.

Kucing akan beradaptasi dengan lingkungan barunya, beradaptasi dengan cara ia memperoleh makanan, beradaptasi dengan hidupnya yang mulai menjadi waspada terhadap sekitarnya termasuk manusia yang dulu  pernah ia sayangi dan beradaptasi dengan hal-hal lainnya.

Lama kelamaan kucing akan menjadi liar, menjadi kurus dan kotor seperti ciri khas kucing jalanan yang sering kita temui di negara ini. Kalau di negara lain seperti turki, kucing jalanan mungkin akan tampak bersih meskipun tak ada yang merawatnya dan tubuhnya sehat dan lumayan gemuk.


Cara Mengetahui Kucing Adalah Kucing Buangan

Sebenarnya ketika kita membantu kucing maka kita tak wajib tahu bahwa kucing adalah kucing jalanan atau kucing buang. Kita harus membantunya tanpa peduli apa jenis kucingnya. Meskipun begitu tak ada salahnya kita tahu ciri atau tanda dari kucing buangan.

Kucing buangan setahu Anggora punya ciri seperti :

  • Kucing ini memiliki bulu lebat seperti kucing ras maka kamu bisa menyimpulkan bahwa kucing ini adalah kucing yang di buang pemiliknya. Itulah mengapa kucing cantik ini menjadi kucing jalanan

  • Kucing memiliki wajah yang di miliki oleh kucing ras

  • Tubuh kucing terlihat besar di bandingkan kucing lainnya meskipun ia bertubuh kurus. Tubuh jenis ini umumnya di miliki oleh kucing rumahan terutama kucing ras yang secara genetik tubuhnya lebih besar dari kucing domestik

  • Beberapa kucing buangan yang telah liar ada yang masih memiliki sifat ramah dan mudah bersahabat dengan manusia. Pertanda bahwa ia pernah menjadi hewan peliharaan.

  • Kucing mudah mengenali makanan instan khusus kucing dan kucing sangat mudah memakan-makanan ini terutama jenis makanan kering khusus kucing

 

Dengan meilhat beberapa ciri di atas kamu dapat mengetahui dengan cepat bahwa kucing liar yang kamu temui adalah mantan kucing rumahan.

 

Bantu Kucing Yang Telah Di Buang Pemiliknya

Ketika kamu melihat kucing yang di buang oleh pemiliknya maka tak ada salahnya membantunya. Kamu bisa membantunya dengan cara :

  • Beritahukan hal ini pada komunitas pecinta kucing, beberapa dari mereka mungkin akan bersedia mengadopsi si kucing yang di telantarkan

  • Jika kamu bisa merawat kucing maka kamu bisa mengadopsinya sendiri

  • Bila kamu tak bisa mengadopsinya dan tak ada orang lain yang mau mengadopsinya maka yang bisa kamu lakukan hanyalah memberi kucing sedikit makan dan minuman agar ia bisa tetap bertahan hidup untuk sementara

  • Selain makanan dan minuman, pastikan kamu juga memberkan kucing perhatian dengan mengelus-elusnya ataupun mengajaknya bermain untuk sebentar agar ia tetap semangat menjalani kehidupannya yang sulit.

 

Beberapa cara di atas bisa membuat kucing merasa terbantu meskipun apa yang kita berikan mungkin tak seberapa.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai apakah kucing sedih ketika dibuang, semoga apa yang Anggora tuliskan bisa menjawab pertanyaan kamu dan membuat kamu tak membuang kucing kamu ketika kamu ingin membuangnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url