Apakah Kucing Takut Petir ? Ini Penjelasannya !

Indonesia adalah wilayah tropis yang mana ini terdiri dari musim kemarau dan hujan. 2 musim ini terus bergantian satu sama lainnya sepanjang tahun. Musim kemarau dan musim hujan punya kekurangannya masing masing.

 

Apakah Kucing Takut Petir


Contohnya musim kemarau akan sangat panas lalu membuat kita berkeringat sementara musim penghujan akan menurunkan hujan hampir setiap harinya dan membuat segala aktivitas harian kita menjadi terganggu.

Bicara soal hujan, ketika hujan turun dengan sangat amat lebat maka tidak jarang akan di sertai kilat, guntur dan petir. Kilat dan guntur mungkin bukan masalah bagi kita namun lain cerita kalau dengan petir.

Bagi kebanyakan orang petir mungkin sangat menakutkan. Anggora sendiri sangat takut dengan petir sampai-sampai Anggora akan mematikan hp dan seluruh perangkat elektronik milik Anggora di rumah agar tak menarik sambaran petir.

Lalu bagaimana dengan kucing ? Apakah kucing akan merasakan hal yang serupa yakni takut dengan petir ? Baca penjelasannya di tulisan ini.


Apakah Kucing Takut Petir ?

Petir merupakan salah satu fenomena alam yang akan sering terjadi ketika hujan turun dengan sangat lebat. Kemunculan petir tak akan mengenal waktu dan tempat. Mereka bisa muncul kapan dan di mana saja selama di sana hujan turun dengan deras.

Banyak dari kita yang mungkin takut dengan petir tapi apakah kucing juga takut petir seperti apa yang sebagian kita rasakan ? Ada beberapa respon alami kucing terhadap petir, beberapa di antaranya antara lain :

1. Keterkejutan

Bila kemunculan petir secara mendadak maka akan sangat mungkin bagi kucing mengalami keterkejutan. Keterkejutan kucing umumnya di tandai dengan kucing mendadak melompat, kucing langsung berlari sesaat setelah mendengar petir, kucing melihat kita dengan tatapan seolah ia terkejut dan sebagainya.

Keterkejutan kucing berbeda denga ketakutan, ini karena di saat kucing terkejurt maka kucing hanya terkejut untuk beberapa saat saja. Setelah kucing tak lagi terkejut umumnya mereka akan tetap melanjutkan aktivitasnya yang sebelumnya terhenti karena kejutan petir.


2. Kucing Merasa Ketakutan

Beberapa kucing ada yang punya rasa takut kepada petir. Kucing yang ketakutan dengan petir biasanya akan berlari bersembunyi ketika ada petir, datang mendekati kita dengan wajah ketakutan, bertingkah sangat waspada, gemetaran, mendirikan bulu-bulunya dan sejenisnya.

Sewaktu kucing merasa takut akan petir umumnya ini akan berlangsung lama, bisa sekitar 5-10 menitan atau bahkan bisa saja lebih lama. Kucing yang merasa ketakutan akan menghentikan seluruh aktivitas yang biasa ia lakukan sebelumnya sampai bisa mengatasi rasa takutnya.


3. Kucing Tak Peduli

Sewaktu ada petir yang menyambar maka reaksi normal kucing adalah terkejut dan juga takut namun beberapa kucing lainnya ada yang tak terkesan tak peduli sama sekali dengan petir. meskipun ada petir kucing malah bersikap seolah tak terjadi apa-apa.

Ini seolah kucing sudah terbiasa akan hal ini dan menganggap bahwa tak ada yang perlu di khawatirkan dari suara sambaran petir ataupun cahaya terang yang petir munculkan. Walaupun ada petir kucing tetap akan melanjutkan rutinitas hariannya dan tak akan mempengaruhinya sama sekali.

 

Apa Yang Kita Lakukan Sewaktu Kucing Takut Petir ?

Dari keterangan Anggora di atas dapat kita simpulkan bahwa kucing juga dapat merasakan rasa takut terhadap petir. Nah ketika kucing takut akan petir maka ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk si kucing agar rasa takutnya hilang.

Beberapa caranya yakni : 

  • Menutup jendela dan pintu untuk menurunkan kebisingan yang di hasilkan suara sambaran petir yang berturut-turut

  • Menutup jendela dengan tirai untuk menurunkan intensitas cahaya yang masuk dan menghilangkan efek terkejut akibat flash cahaya dari kilat untuk kucing

  • Menemani kucing untuk beberapa saat, ini bisa membantunya mengatasi rasa takutnya

  • Mengelus-ngelus si kucing saat ia merasa takut

  • Mengalihkan perhatian kucing dengan mengajaknya bermain dan melakukan interaksi lainnya

  • Dan lainnya

 

Ketika kucing merasa takut akan petir maka hal ini adalah hal yang normal bagi kucing dan kamu bisa membantunya mengatasi rasa takutnya dengan menerapkan beberapa cara di atas. Oh iya beberapa kucing ada yang bisa mengatasi rasa takut akan hal ini dengan sendirinya.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai rasa takut kucing akan petir. Mudah-mudah apa yang Anggora tuliskan ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url